Roman

Pengertian Roman Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Roman Lengkap

Posted on

Pengertian Roman Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Roman Lengkap Roman adalah salah satu jenis karya sastra dalam bentuk prosa atau gancaran yang isinya melukiskan perbuatan pelaku menurut watak dan isi jiwa masing-masing. Roman adalah sebuah karya sastra yang menceritakan kehidupan seorang atau kelompok tokoh mulai dari kelahiran, dewasa, hingga kematiannya. Selain itu, Roman didefinisikan sebagai karya sastra yang menampilkan urutan kejadian bersambung satu sama alain yang menggambarkan pengalaman-pengalaman tokoh yang ada dalah situasi kehidupan tertentu.

Pengertian Roman Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Roman adalah sebuah karangan yang melukiskan perbuatan pelaku menurut watak dan isi jiwa masing-masing.

Matzkowski (1998)

Matzkowski (1998) mengemukakan Roman berasal dari bahasa Perancis “Romanz” yang penggunaannya mengacu pada semua karya sastra dari golongan rakyat biasa, Istilah roman identik berasal dari ungkapan latin yaitu lingua romana yang berarti karya sastra dari golongan biasa.

Gothe

Gothe mengatakan bahwa roman adalah sebuah karya sastra yamg fiksi, roman adalah karya sastra yang menggambarkan peristiwa yang mungkin terjadi dengan kondisi yang tidak mungkin atau hampir tidak mungkin menjadi kenyataan, roman bersifat subjektif karena pengarang berusaha menggambarkan dunia menurut pendapatnya sendiri.

Jasin (1959)

Menurut Jasin, Roman adalah cerita yang melingkupi seluruh kehidupan tokoh, pelaku-pelaku digambarkan dari kehidupan di masa kecil hingga kematiannya.

Ciri-Ciri Roman

Berikut ini adalah ciri-ciri roman, antara lain:

  • Roman bercerita tentang seorang tokoh fiktif
  • Dalam roman tokoh diceritakan mulai dari kelahiran hingga kematiannya
  • Memiliki alur cerita yang kompleks
  • Karakkter tokoh diceritakan atau disajikan secara detail

Jenis-Jenis Roman

Berikut ini adalah jenis jenis roman menurut Ruttkowski dan reichman (1974) dan  Badudu (1977)

Menurut Ruttkowski dan Reichman (1974)

Berdasarkan Penggambaran Utama Dalam Cerita

Menurut Ruttkowski dan reichman (1974), berdasarkan penggambaran utama dalam cerita dijadikan menjadi 3 yaitu:

Figurenroman atau Roman Tokoh adalah jenis roman yang menitikberatkan pengganbaran seorang atau beberapa tokoh dalam cerita, atau dalam kata lain fokus utama tokoh yaitu pada tokoh yang ada didalamnya.

Raumroman atau Roman Dunia adalah jenis roman yang lebih mengutamakan penggambaran tentang sebuah dunia dalam cerita.

Handlungsroman atau Roman Tindakan adalah jenis roman yang mengisahkan pembentukan sebuah tingkah laku atau tindakan yang menarik atau dengan kata lain fokus utama dalam cerita yaitu pada kejadian atau tindakan.

Berdasarkan Penitikberatan Cerita

Roman Kriminal dan Detektif
Roman kriminal adalah roman yang dimana seorang penjahat yang menjadi fokus utama cerita, sedangkan roman detektif adalah roman yang menekankan cerita pada teka-teki atau kasus yang harus dipecahkan oleh detektif dengan kemampuan analisis dan melacaknya. Contoh roman jenis ini antara lain roman karya Suman Hasibuan seperti “Mencari Pencuri Anak Perawan”, “Percobaan Seria” dan “Kasih Tak terlerai” dan roman karya Adi Soma “Cincin Stempel”.

Roman Petualangan
Roman jenis ini memberikan gambaran riil tentaqng sebuagh kejadian lewat tingkah laku tokoh. Ciri roman ini antara lain yaitu tujuan perjalanan tkoh dalam cerita biasanya menyelamatkan seseotrang atau dunia sang tokoh, diceritakan dari sudut pandang tokoh utama, disusun menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan deskriptif, berupa cerita tunggal. Contoh roman ini antara lain roman karya Rivai Marlaut “Dr.Haslina” dan roman karya Abdul Muis “Surapati”.

Roman Psikologi
Roman jenis ini berfokus pada keadaan batin tokoh sehingga tingkah laku dan perbuatan tokoh hanya diulas sedikit. Contoh roman ini antara lain “Atheis” karya Achadiat Karta Mihaja dan “Katak Hendak Jadi Lembu” karya Nur Sutan Iskandar.

Roman Percintaan
Roman jenis ini mengangkat kisah percintaan pada zaman romantik. contoh roman jenis ini antara lain “Gadis Empat Zaman” karya Salkha dan “Medan di Waktu Malam” karya O.M. Taufiq.

Roman Hiburan
Roman jenis ini ditulis dengan tujuan memberi hiburan pada pembacanya. Akhir roman jenis ini biasanya berakhir bahagia.

Roman Anak dan Remaja
Roman jenis ini hanya ditujukan untuk pembaca anak-anak dan remaja. Contoh roman ini antara lain roman “Si Jamin dan Si Johan” karya Merari Siregar, Roman “Si Dul Anak Jakarta” karya Aman, “Pertemuan Jodoh” karya Abdul Muis dan “Asmara Jaya” karya Adinegoro.

Roman Pendidikan
jenis roman ini memfokuskan cerita pada perkembangan pendidikan. Contoh roman ini antara lain “Neraka Dunia” karya Nur Sutan Iskandar dan “Salah Asuh” karya Abdul Muis.

Menurut Badudu (1977)

Roman Bertenden
Roman jenis ini mengangkat kisah keganjilan atau kepincangan yang terjadi dalam masyarakat. Contoh roman jenis ini antara lain “Siti Nurbaya” karya Marah Rusli, “Layar Terkembang” karya Sutan Takdir A. dan “Andang Taruna” karya Januar Arifin.

Roman Sejarah
Roman sejarah adalah jenis roman yang menggambarkan kehidupan tokoh-tokoh cerita dalam asa sejarah. Contoh roman jenis ini antara lain “Hulubalang Raja” karya Nur Sutan Iskandar dan “Pahlawan Minahasa” karya Marius Ramis Dayoh.

Roman Psikologi
Jenis roman ini berfokus pada perkembangan kejiwaan tokoh yang ada dalam ceritanya. Contoh roman ini antara lain “Atheis” karya Achdiat karta Mihaja dan Katak Hendak jadi Lembu karya Nur Sutan Iskandar.

Roman Kemasyarakatan
Jenis roman ini disebut dengan roman masyarakat atau roman sosial. Contoh roman jenis ini antara lain “Tak Putus dirundung Malang” karya Sutan Takdir A. dan “Kehilangan Mestika” karya Hamidah.

Roman Detektif
roman jenis ini menceritakan tentang seseorang atau beberapa tokoh yang berperan layaknya detektif. Contoh jenis roman ini antara lain “Mencai pencuri Anak perawan” karya Suman Hasibuan dan “Cincin Stempel” karya Ardi Soma.

Berdasarkan Sumber Lain

Berdasarkan sumber lain, ada banyak jenis roman diantaranya:

  • Berdasarkan Materi antara lain roman petualangan (abenteuerroman), roman pahlawan (ritterroman), roman criminal (kriminalroman),dan roman perjalanan (reiseroman).
  • Berdasarkan Tema antara lain roman percintaan (liebesroman), roman pendidikan (erziehungsroman), dan roman sosial (gesellschraftsroman).
  • Berdasarkan Teknik Penceritaan antara lain roman orang pertama (ich-romane) dan roman orang kedua (er-romane).
  • Berdasarkan Tuntutan antara lain roman picisan (triviaroman) dan roman hiburan (unterhaltungsroman).
  • Berdasarkan Sasaran antara lain roman perempuan (freuenroman), roman remaja (jugendroman) dan roman anak anak (kinderroman).

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Roman Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Roman Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.