Pembangunan Nasional

Pengertian Dan Tujuan Pembangunan Nasional, Sasaran Serta Hakikat Pembangunan Nasional Lengkap

Posted on

Pengertian Dan Tujuan Pembangunan Nasional, Sasaran Serta Hakikat Pembangunan Nasional Lengkap – Kali ini kita akan membahas tentang tentang Pembangunan Nasional, mulai dari pengertian pembangunan nasional, tujuan pembangunan nasional, Sasaran Pembangunan Nasional serta hakikat pembangunan nasional secara lengkap.

Pengertian Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang termaksud dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Rencana pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dahulu dirumuskan dalam GBNH atau Garis-Garis Besae Haluan Negara. Namun dengan perkembangan sistem pemerintahan, istilah GBNH diganti dengan Propenas atau Program Pembangunan Nasional dengan landasan operasional tertuang dalam UU No.25 tahun 2000 serta landasan idiil yaitu pancasila dan landasan konstusional yaitu UUD 1945.

Tujuan Pembangunan Nasional

Dalam Propenas, tujuan pembangunan sendiri adalah Mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki etos kerja yang tinggi, dan berdisiplin.

Sasaran Pembangunan Nasional

Adapun beberapa prioritas sasaran pembangunan nasional secara umum yaitu :

  • Membangun sistem politik yang demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan.
  • Mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan yang berdasarkan sistem ekonomi kerakyatan.
  • Membangun kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan ketahanan budaya.
  • Mewujudkan supremasi hukum dan pemerintahan yang baik.
  • Melakukan pemerataan pembangunan serta mendorong pembangunan di daerah-daerah. Adanya menteri yang membidangi lingkungan hidup serta pembangunan daerah tertinggal adalah┬ásalah satu upaya untuk mewujudkannya.

Hakikat Pembangunan Nasional

Hakikat pembangunan nasional ialah pembangunan manusisa Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Dengan demikian, pelaksanaan pembangunan nasional adalah:

  • Adanya keselarasan, keserasian, keseimbangan, dak kebulatan yang utuh dalam seluruh kegiatan pembangunan
  • Pembangunan merata untuk seluruh masyarakat dan seluruh wilayah di tanah air.
  • Pembangunan dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah secara bersama-sama.
  • Subyek dan obyek Pembangunan adalah manusia dan masyarakat Indonesia.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Dan Tujuan Pembangunan Nasional, Sasaran Serta Hakikat Pembangunan Nasional Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..