Pengertian Jaringan Komputer, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer Terlengkap

Posted on

Pembahasan Lengkap Pengertian Jaringan Komputer, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer 

Untuk kalian para pengguna komputer dan sering menggunakan internet dalam kegiatannya, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “jaringan komputer”. Istilah jaringan komputer sering diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jaringan komputer, berikut ini PelajaranSekolahOnline akan menjelaskan tentang pengertian, manfaat dan macam-macam dari jaringan komputer. Simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja sama untuk mencapai berbagai manfaat dan tujuan untuk dapat berkomunikasi, mengakses informasi,menerima maupun memberikan layanan informasi.

Dalam jaringan komputer terdapat bagian yang bertugas menerima layanan yang disebut dengan Client, sedangkan bagian yang memberikan layanan disebut dengan Server. Sistem jaringan komputer ini disebut dengan sistem Client-Server.

Manfaat Jaringan komputer

  1. Dengan menggunakan jaringan komputer dapat dengan mudah melakukan pertukaran data atau berbagi sumber daya.
  2. Dapat mempermudah komunikasi dan transaksi
  3. Membantu memberikan akses informasi secara cepat dan real time serta up to date
  4. Dengan jaringan komputer dapat mempermudah pekerjaan menjadi lebih cepat

Terdapat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari jaringan komputer tergantung dari segi penggunaan konsumennya.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Berdasarkan kategori, jaringan komputer dibedakan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Berdasarkan Jangkauannya

1. LAN
Local Area Network (LAN) merupakan sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti warnet, kantor maupun sekolah. Jarak jangkauan LAN memiliki jangkauan sekitar 2 KM saja. Jaringan LAN biasanya terdiri dari komputer, printer dan perangkat lainnya.

2. MAN
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan lebih luas dibanding dengan LAN. MAN mencakup jangkauan suatu kota sekitar 10-50 KM dengan dibekali kecepatan yang lebih tinggi. Dapat dikatakan pula bahwa MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.

3. WAN
Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup geografis yang luas, seperti sebuah negara ataupun benua. WAN digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada dilokasi yang berbeda.

Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

1. Jaringan Terpusat
Jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server. Komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

loading...

2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan terdistribusi merupakan jaringan hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer client dan server saling terhubung membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan Media Transmisi Data

1. Jaringan berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan komputer menggunakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain untuk dapat bertukar informasi data atau terhubung ke internet. Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan berkabel.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Berbeda dengan jaringan berkabel, pada jaringan Nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informsi atau data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Salah satu media transmisi nirkabel adalah Wireless Adapter.

Berdasarkan Perannya

1. Jaringan Client-Server
Jaringan client server terdiri dari satu atau lebih komputer server dan client. Biasanyan sistem jaringan ini terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan seumber daya data dan komputer client hanya dapat menerima dan menggunakan sumber daya tersebut.

2. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan Peer To Peer kedudukan antara komputer Client dan server memiliki kegunaan yang sama. Jadi dalam jarinagn ini, komputer client dapat menjadi komputer server dan sebaliknya.

Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi merupakan bentuk atau struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Macam-macam topologi jaringan yaitu.

1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier

Itulah penjelasan yang diberikan mengenai Pengertian, Macam-Macam Dan Manfaat Jaringan Komputer  , semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai literatur. Simak artikel lainnya