27 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Pendapat Para Ahli

Posted on

Pendapat para Ahli Tentang Definisi Psikologi Sosial 

Psikologi sosial merupakan salah satu studi dalam ilmui psikologi yang mempelajari tentang hubungan manusia dan kelompok yang berpengaruh sosial terhadap perilaku manusia. Dalam ilmu psikologi sosial menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi Psikologi sosial, berikut ini PelajaranSekolahOnline.Com memberikan informasi tentang pendapat para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi Psikologi Sosial.

Pendapat Para Ahli

Menurut Gordon Allport (1985)
Psikologi sosial merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang yang dipengaruhi oleh kehadiran orang lian, baik secara nyata atau actual, dalam bayangan atau imajjinasi, dan dalam kehadiran yang tidak langsung (implied).

Menurut David O Sears (1994)
Psikologi sosial merupakan sebuah ilmu yang berusaha secara sistematis untuk memahami perilaku sosial yang mengenai bagaimana kita mengamati orang lain dan situasi sosial, bagaimana orang lain berreaksi terhadap kita dan bagaimana kita dipengaruhi oleh situasi social.

Menurut Sherif dan Musfer (1956)
Psikologi sosial merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku individu yang berkaitan dengan situasi stimulus social. Stimulus social diartikan bukanhanya manusia tetapi benda0benda dan hal-hal lain yang diberi makna sosial.

Menurut HUbert Bonner
HUbert Bonner mengatakan dalam bukunya yang berjudul “Social Psychology”, psikologi sosial adlah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Menurut A.M Chorus
Psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota suatu masyarakat.

Menurut Berhm dan Kassin
Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang memeprlajari cara individu berpikir, merasa dan bertingkah laku dalam setting sosial.

Menurut Sherif dan Sherif
Menurut mereka dalam bukunya yang berjudul “An Outline of Social Psychologi” adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia yang dalam kaitannya dengan situasi-situasi perangsang sosial. Dalam pengertian ini tingkah laku telah dihubungkan dengan situasi-situasi perangsang sosial.

Menurut Taylor, Peplau, dan Sears (2009)
Mendefinisikan psikologi sosial sebagai studi ilmiah tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi, dan berhubungan dengan orang lain.

Menurut Jones dan gerard
Menurut mereka pada tahun 1967 menyatakan bahwa psikologi sosial adalah sub disiplin dari ilmy psikologi yang fokus pada studi ilmiah tentang perilaku individu yang berfungsi sebagai perangsang sosial.

Menurut Michener dan Delamater
Menurut mereka yang diungkapkan pada tahun 1999, psikologi sosial adalah studi ilmiah tentang sebab-sebab dari perilaku manusia.

Menurut Hartley
Menurutnya, psikologi sosial yang diungkapkan pada tahun 1961 adalah cabang ilmu sosial yang ebrusaha memahami perilaku individu dalam konteks sosial.

Menurut Mc Grath
Psikologi sosial adalah pengkajian saintifik yang berkenaan dengan tingkah laku.

Menurut Shaw dan Costanzo
Menurut Shaw dan Costanzo yang diungkapkan pada tahun 1970, psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial.

Menurut Baron & Byrne
Menurut Baron & Byrne pada tahun 2006, mengatakan bahwa psikologi sosial adalah bidang ilmu sosial yang mencari pemahaman tentang asal mula dan penyebab terjadinya pikiran serta perilaku individu dalam situasi-situasi sosial. Dalam definisi ini lebih menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap asal mula dan penyebab terjadinya perilaku dan pikiran.

Menurut Mc. David dan Harrari
Menurut Mc. David dan Harrari yang diungkapkan pada tahun 1968, psikologi sosial adalah studi ilmiah yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku yang berkaitan dengan individu lain, kelompok dan budaya.

Menurut Krech, Crutchfield, dan Ballachey
Menurut mereka yang diungkapkaan pada tahun 1962, psikologi sosial dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang peristiwa perilaku interpersonal.

Menurut Myers
Myers mengatakan bahwa psikologi sosial yang diungkapkan pada tahun 1990 adalah pengetahuan tentang bagaimana orang brpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.

Menurut Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen
Menurut mereka, psikologi sosial merupakan salah satu disiplin ilmu yang merujuk kajian sistematik ke atas hubungan interaksi sesama manusia.

Menurut Boring, Langveld, dan Weld
Menurut mereka dalam bukunya yang berjudul “Foundations of Psychology”, mengatakan bahwa psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia dalam kelompoknya dan hubungan antara manusia dengan manusia.

Menurut Watson
Menurut Watson yang diungkapakan pada tahun 1966, psikologi sosial adalah ilmu tentang interaksi manusia.

Menurut Brigham
Menurut Brigham yang diungkapkan pada tahun 1956, psikologi sosial adalah studi tentang proses interaksi individu manusia.

Menurut Dewey dan Huber
Menurut mereka yang diungkapkan pada tahun 1916 mengatakan bahwa, psikologi sosial adalah studi tentang manusia individual, ketika berinteraksi, biasanya secara simbolis dengan lingkungannya, yaitu dengan lambang yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi.

Menurut Joseph E. Mc. Grath
Menurut mereka yang diungkapkan pada tahun 1965, mengatakan bahwa psikologi sosial adalah ilmu yang menyelidiki tingkah laku manusia sebgaimana dipengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, tindakan, dan lambang-lambang dari orang lain.

Menurut Secord dan Backman
Menurut mereka yang diungkapkan pada tahun 1974, psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari individu dalam konteks sosial.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Psikologi Sosial Menurut Pendapat Para Ahli semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..