Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Bisnis Terlengkap

Posted on

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Bisnis Terlengkap – Secara Terminologis, Bisnis merupaka sebuah kegiatan atau usaha. Dalam arti luas, bisnis adalah suatu istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis dapat pula diartikan sebagai suatu sistem menyeluruh yang menggabungkan sub sistem yang lebih kecil yang disebut dengan industri.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Skiner (1992)

Menurut Skiner, Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat.

Boone dan Kurtz (2002)

Menurut Boone dan Kurtz, Bisnis adalah semua aktivitas yang bertujuan untuk mencari laba dan perusahaan yang menghasilkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh sebuah sistem ekonomi. Sebagian bisnis menghasilkan barang seperti mobil, chip komputer, sereal untuk makan pagi. Sebagian lainnya memproduksi jasa seperti asuransi, hotel, salon, penginapan, konser musik.

Huat, T Chwee, et. al (1990)

Menurut Huat, T Chwee, et. al, “Business is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society” (Bisnis adalah suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat).

Hunt & Urwick

Menurut Hunt & Urwick, Bisnis adalah perusahaan apapun yang membuat, endistribusikan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.

L.R Dicksee

Menurut L.R Dicksee, Bisnis adalah suatu bentuk dari aktivitas yang utamanya bertujuan dalam memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Owen

Menurut Owen, Bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual kepasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Plowman

Menurut Plowman, Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yangdilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.

Jenis-Jenis Bisnis

Adapun macam-macam jenis bisnis, diantaranya:

Bisnis Berdasarkan Jenis Kegiatannya

Bisnis Ekstraktif
Bisnis ini merupakan kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang pertambangan dengan menggali bahan-bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi. Misalnya seperti batu bara, emas, besi, intan, alumunium, tembaga, semen, bisnis minyak dan gas bumi.

Bisnis Agraris
Ini merupakan kegiatan bisnis yang bergerak di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

Bisnis Industri
Ini merupakan kegiatan bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalkan seperti industri pesawat terbang, rokok, garmen, tekstil, kapan, mebel, kertas, dan lain sebagainya.

Bisnis Jasa
Ini merupakan kegiatan bisnis yang bergerak di bidang jasa yang menghasilkan produk tidak terwujud seperti jasa asuransi, pendidikan, pariwisata, kesehatan, perbankan, kecantikan, dan sebagainya.

Bisnis Berdasarkan Kegunaan

Kegunaan bentuk (form utility)
Bisnis yang berusaha merubah suatu benda menjadi benda lain dengan bentuk yang berbeda sehingga lebih bermanfaat bagi manusia. Misalnya seperti bisnis meubel, genteng, roti, garment dan lain sebagainya.

Kegunaan Tempat (Place Utility)
Bisnis yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain yang lebih bermanfaat, bergerak di bidang transportasi, baik itu angkutan manusia, angkutan barang, darat, laut, dan udara.

Kegunaan waktu (time utility)
Bisnis yang menjalankan usaha penyimpanan dengan tujuan agar barang dari suatu waktu jika kurang bermanfaat maka disimpan terlebih dahulu, lalu disaat lain akan dikeluarkan jika barang itu sudah lebih bermanfaat. Misalnya seperti Bulog, pergudangan di pelabuhan-pelabuhan.

Kegunaan pemilikan (posssession utily)
Bisnis yang menjalankan usaha untuk menciptakan atau memenuhi kegunaan pemilikan terhadap suatu barang/jasa. Contohnya seperti pertokoan, perdagangan.

Fungsi Bisnis

Adapun fungsi bisnis yaitu:

  • Manajemen, yaitu cara bagaimana karyawan dan sumber lain seperti mesin digunakan perusahaan.
  • Pemasaran, yaitu cara bagaimana produk (jasa) dikembangkan, ditentukan harganya, disebarkan, dan dipromosikan pada pelanggan.
  • Keuangan, yaitu cara bagaimana perusahaan memperoleh dan menggunakan dana untuk menjalankan bisnisnya.
  • Akuntansi, yaitu ringkasan dan analisis kondisi keuangan perusahaan dan digunakan untuk membuat berbagai macam keputusan sistem informasi termasuk masyarakat, teknologi informasi, prosedur untuk memberi informasi yang sesuai untuk karyawan perusahaan sehingga bisa membuat keputusan bisnis.
  • Sistem informasi, yaitu perusahaan menggunakan sistem informasi untuk selalu memperbarui dan menganalisis sistem informasi tentang operasinya. Hasil informasi dapat digunakan manajer perusahaan untuk membuat keputusan bisnis.

Manfaat Bisnis

Adapun manfaat bisnis bagi orang yang memilikinya yaitu:

  • Bebas mengatur waktu
  • Menjadi bos
  • Mendapatkan pengakuan atau penghargaan
  • Menggaji diri sendiri
  • Masa depan akan lebih baik.

Tujuan Bisnis

Adapun tujuan utama bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Namun sebenarnua tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan yaitu:

  • Keuntungan atau Profit
  • Pengadaan barang atau jasa
  • Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  • Full employment, yaitu keadaan dimana seluruh faktor produksi telah digunakan secara efisien dan keadaan
  • perekonomian menuju kesejahteraan ditandai dengan tingkat pengangguran yang hanya ≤ 4%.
  • Keberadaan perusahaan dalam jangka panjang
  • Kemajuan atau pertumbuhan
  • Prestise dan prestasi

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai pemilik bisnis yaitu:

  • Memenuhi kebutuhannya
  • Mensejahterakan keluarganya
  • Ingin namanya dikenal banyak orang
  • Memanfaatkan waktu luang
  • Memperroleh simpati
  • Memiliki usaha sendiri
  • Mencoba hal baru

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Bisnis Terlengkap“, semoga bermanfaat.