Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tugas, Prinsip, Manfaat dan Contoh Humas Terlengkap

Posted on

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tugas, Prinsip, Manfaat dan Contoh Humas Terlengkap – Public Relations/Hubungan masyarakat atau disingkat Humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga bisa mempedalam kepercayaan publik terhadap individu atau organisasi.

Menurut IPRA (International Public Relations Association), Humas merupakan fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.

Selain pengertian humas diatas, pengertian humas adalah sebuah proses yang terus menerus dari usaha manajemen untuk mendapatkan kemauan baik dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan publik yang lebih luas. Dalam pekerjaannya, seorang humas membuat analisis dalam dan perbaikan diri, serta membuat pernyataan keluar.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman dan dukungan dari publiknya.

J.C.Seidel

Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

W. Emerson Reck

Menurut W. Emerson Reck, Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaabn, penentuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agara orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka. Kedua, pelaksanaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

Public Relation World Conference

Menurut Public Relation World Conference, Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.

Cutlip, Center dan Broom

Menurut Cutlip, Center dan Broom, Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.

The British Institute of Public Relation

Menurut The British Institute of Public Relation, Humas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.

Frank Jeffkins

Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.

Jeffkins & Daniel Yadin

Menurut Jeffkins & Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.

Tujuan Humas

Berikut ini adalah tujuan Hubungan Masyarakat (Humas), diantaranya:

  • Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik itu berupa tenaga, sarana prasarana ataupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
  • Merangsang dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  • Mengikutsertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  • Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait yakni publik internal dan publik eksternal.
  • Membuka kesempatan lebih luas pada para pengguna produk/lulusan dan pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.

Fungsi Humas

Menurut Edward L. Bernays, fungsi hubungan masyarakat atau humas adalah:

  • Memberikan penerangan pada publik.
  • Melakukan persuasi pada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik.
  • Upaya menyatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya.

Tugas Humas

Menurut Hadari Nawawi dan Martini Hadari (1994:193), tugas hubungan masyarakat atau humas yaitu:

  • Menyebarluaskan informasi tentang suatu gagasan, agar maksud atau tujuan dan manfaatnya diketahui oleh berbagai pihak di masyarakat.
  • Mempersiapkan bahan yang terkini tentang sesuatu yang akan dikomunikasikan pemimpin pada masyarakat atau pihak tertentu dalam pidato, wawancara, ceramah, pemasaran seminar dan lain sebagainya. Bahan tersebut bisa berbentuk konsep atau makalah yang sebelumnya telah dibaca dan diketahui isinya oleh pimpinan.
  • Memberikan kejelasan informasi yang sudah disampaikan administrator/pemimpin pada masyarakat atau pihak yang terkait.
  • Menyusun dan mengembangkan rencana yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang disampaikan pada administrator/pemimpin untuk mendapatkan persetujuan.

Prinsip Humas

Prinsip hubungan masyarakat (humas) diantaranya yaitu:

  • Hubungan masyarakat bekerja atas dasar fakta bukan fiksi.
  • Humas adalah sebuah pelayanan sosial, bukan pelayanan personal.
  • Humas harus mewujudkan program kegiatan untuk mencari dukungan masyarakat atas kebijaksanaan dan program lembaga yang diwakilinya.
  • Humas tidak boleh melakukan penipuan maupun membohongin media massa.
  • Humas harus menjadi komunikator yang efektif dalam arti sebenarnya.
  • Humas harus melandaskan kegiatannya pada penelitian ilmiah dibidang pendapat umum.
  • Harus bisa bekerja sama dengan para ahli dibidang lain.
  • Humas berkewajiban menjelaskan masalah tentang krisis yang dialami lembaga yang diwakilinya.

Manfaat Humas

Menurut Frank Jefkins (1998:333), manfaat hubungan masyarakat (humas) adalah:

Manajemen Krisis
Dalam beberapa dekade belakangan ini, hampir seluruh organisasi pernah mengalami krisis sehingga kalangan pimpinan dan pihak manajemen mulai menyadari bahwa mereka memerlukan persiapan dan kesiapan untuk mengatasi berbagai masalah mendesak terutama yang berhubungan dengan hubungan pers. Untuk itu, setiap organisasi perlu membentuk tim manajemen krisi yang permanen.

Penerbitan Desktop
System penerbutan desktop memang sangat bermanfaat, akan tetapi lebih memerlukan operator yang berdedikasi dan waktu editor daripada metode editing konvensional yang masih menggunakan pensil, tumpukan kertas, dan logam pembentuk huruf.

Identitas Perusahaan
Tugas menciptakan identitas perusahaan biasanya tanggung jawab satff humas karena jhal tersebut menyangkut sesua aspek organisasi secara keseluruhan dan menjadi bagian terpenting dari keseluruhan komunikasi yang dijalankan organisasi.

Hubungan Parlemen
Dalam hal ini, hubungan parlemen adalah hubungan antar berbagai organisasi baik langsung ataupun melalui perantara konsultan khusus dengan pemerintah, parlemen, dan birokrat dari berbafai departermen dan instansi pemertintah. Terdapat 2 unsur dalam hubungan parlemen diantaranya:

  • Upaya untuk mendorong para politisi dan pejabat menyadari serta mengetahui kepentingan dari organisasi atau perusahaan.
  • Upaya untuk mendapatkan berbagai informasi bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan agar mengetahui peraturan atau undang-undang baru yang sedikit banyak akan berdampak padanya.

Publik Relations Finansial
Sudah lama terdapat konsultan PUblik Relations yang mengkhususkan kegiatan dibidang keuangandan operasi bisnis perusahaan . Kegitan ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana perusahaan klien untuk memasuki bursa saham atau mendukung peluncuran laporan keuangan tahunan.

Contoh Humas

Berikut ini beberaoa contoh hubungan masyarakat, diantaranya:

Humas Media Cetak
Umumnya contoh humas media cetak terdiri atas proses dimana humas dilakukan dengan rilis press ke banyak surat kabar yang ada. Biasanya, humas bentuk ini mempromosikan jika ada perubahan dalam perusahaan, peluncuran produk ataupun layanan baru.

Humas Media Audio Visual
HUmas audio visual memiliki esensi yang hampir mirip dengan humas media cetak. Informasi yang dikirim ke program yang berkaitan dengan tema promosi. Radio dan televisi adalah contoh humas media audio visual.

Humas Media Online
Humas jenis ini semakin populer dan diterapkan dalam berbagai bentuk . sebuah nformasi di tulis dan optimalkan dengan kata kunci yang berkaitan dengan prooduk dan bisnis lalu informasi tersebut dimual dfalam blog atau website yang hasilnya akan dimuat dalam mesin pencari.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang”Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tugas, Prinsip, Manfaat dan Contoh Humas Terlengkap“. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.