Pengertian Inovasi, Ciri, Indikator, Sifat dan Jenis Inovasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Inovasi, Ciri, Indikator, Sifat dan Jenis Inovasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Inovasi adalah suatu ide atau gagasan baru yang belum pernah dilakukan atau diterbitkan sebelumnya. Biasanya inovasi muncul berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan inovator melalui berbagai aksi dan penelitian yang terencana. Orang yang melakukan inovasi disebut dengan inovator.

Pada umumnya, inovasi terjadi karena sengaja atau invention dan inovasi terjadi karena tidak sengaja atau discovery. Invention adalah proses munculnya sebuah hal baru yang terdiri dari kombinasi hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan, discovery ini dapat berubah menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.

Pengertian Inovasi Menurut Ahli

Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi adalah sebuah kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

Van de Ven, Andrew H.

Menurut Van de Ven, Andrew H., inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Evertt M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, inovasi adalah sebuah gagasan, ide, rencana, praktek atau benda yang diterima dan disadari sebagai sebuah hal yang baru dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi.

Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah sebuah gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk dan jasa.Dari pengertiannya tersebut Stephen Robbins mempunyai tiga hal yang di fokuskan yaitu gagasan, produk & jasa dan upaya perbaikan.

UU No. 18 tahun 2002

Menurut UU No. 18 tahun 2002, pengertian Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

West & Far (Ancok, 2012:34)

Menurut West & Far, Inovasi adalah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses,produk, dan prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya,yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi individu, kelompok, organisasi dan masyarakat luas.

Ciri-Ciri Inovasi

Adapun ciri-ciri inovasi, diantaranya yaitu:

  • Memiliki kekhasan atau khusus , artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
  • Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  • Dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang tidak tergesa-gesa, tapi inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  • Memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Indikator Inovasi

Menurut Stephen P. Robbins & Mary Coulter (2010), ada tiga rangkaian variabel yang merangsang inovasi yaitu struktur, budaya, dan praktik sumber daya manusia organisasi itu sendiri.

a. Penelitian terhadap dampak variabel struktur pada inovasi, diantaranya yaitu:

  • Ketersediaan sumber daya yang kaya memberikan pondasi utama bagi inovasi
  • Komunikasi yang sering antar unit membantu menghancurkan penghambat inovasi
  • Organisasi yang inovatif berupaya meminimalisasi ketekanan waktu yang minimal/ekstrem terhadap kegiatan kreatif
  • Kinerja kreatif seorang karyawan diperkaya saat suatu struktur organisasi secara eksplisit mendukung kreatifitas

b. Penelitian terhadap dampak variabel budaya pada inovasi, diantaranya yaitu:

  • Menerima ambiguitas
  • Menoleransi resiko
  • Menoleransi konflik
  • Berfokus pada hasil bukan cara
  • Berfokus pada sistem terbuka

c. Penelitian terhadap dampak variabel sumber daya pada inovasi, diantaranya yaitu:

  • Organisasi yang inovatif secara aktif memajukan pelatihan dan pengembangan anggota mereka agar pengetahuan mereka berkembang
  • Memberikan keamanan kerja yang tinggi kepada karyawan guna mengurangi kecemasan akan dipecat akibat melakukan kesalahan dan mendorong individu menjadi pejuang ide

Sifat Perubahan Inovasi

Ada 6 (enam) kelompok sifat perubahan dalam inovasi diantaranya, yaitu:

a. Penggantian (substitution)
Contoh Inovasi Penggantian (substitution), misalnya penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, dan lain sebagainya yang lama diganti dengan yang baru.

b. Perubahan (alternation)
Contoh Inovasi Perubahan (alternation) yaitu mengubah tugas guru yang tadinya hanya mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan/mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.

c. Penambahan (addition)
Contoh inovasi Penambahan (addition) yaitu adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara penilaian yang sudah ada.

d. Penyusunan kembali (restructturing)
Contoh Inovasi Penyusunan kembali (restructturing),k diantaranya seperti upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi, ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata pelajaran atau keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.

e. Penghapusan (elimination)
Contoh Inovasi Penghapusan (elimination) seperti upaya menghapus mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk selalu berpakaian seragam.

f. Penguatan (reinforcement)
Contoh Inovasi Penguatan (reinforcement) seperti upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi optimal dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.

Jenis-Jenis Inovasi

Jika dilihat dari kecepatan perubahan dalam proses inovasi, terdapat 2 macam inovasi yaitu:

a. Inovasi radikal, yaitu dilakukan dengan skala besar yang dilakukan oleh para ahli dibidangnya dan biasanya dikelola oleh suatu departemen penelitian dan pengembangan. Sering kali, inovasi radikal ini dilakukan di suatu bidang manufaktur dan lembaga jasa keuangan.

b. Inovasi inkremental, yaitu suatu proses penyesuaian dan mengimplementasikan perbaikan yang berskala kecil.

Berdasarkan fungsinya, ada 2 (dua) jenis inovasi yaitu:

a. Inovasi teknologi, ini dapat berupa suatu produk, pelayanan atau proses produksi dan inovasi administrasi dapat bersifat organisasional dan struktural.
b. Inovasi sosial

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Inovasi, Ciri, Indikator, Sifat dan Jenis Inovasi Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.