Pengertian Pembangunan Berkelanjutan : Ciri, Tujuan, Syarat, Prinsip dan Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Posted on

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan – Apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi tentang pengertian pembangunan berkelanjutan, ciri, tujuan, syarat, prinsip dan contoh pembangunan berkelanjutan secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Pembangunan

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pengertian pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan yang sekarang tanpa harus mengurangi kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan generasi yang akan datang.

Definisi pembangunan berkesinambungan atau pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak, efisien dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi sekarang maupun generasi masa depan.

Proses pembangunan berkelanjutan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia juga iptek. Dengan menserasikan ketiga komponen ini sehingga bisa berkesinambungan.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental (1972)

Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental atau Deklarasi Stockholm adalah segala sumber daya alam di bumi, termasuk udara, air, tanah, flora dan fauna terutama contoh yang mewakili bagian ekosistem alam, harus dijaga supaya aman untuk kepentingan generasi sekarang dan masa depan melalui perencanaan atau manajemen yang sesuai dan hati-hati.

World Commission On Enviromental Development (1987)

Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam World Commission On Enviromental Development (WCED) adalah pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan hari ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.

Brutland Report

Pengertian pembangunan berkelanjutan atau sustainable development menurut Brutland Report dalam sidang PBB tahun 1987 adalah proses pembangunan yang berprinsip untuk memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi yang akan datang.

Baca Juga : Pengertian Pembangunan Nasional

Budiharjo dan Sudjarto

Pengertian pembangunan berkelanjutan menurut Budiharjo dan Sudjarto adalah kota yang dalam perkembangannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya masa kini, mampu berkompetisi dalam ekonomi global dengan mempertahankan keserasian lingkungan vitalitas sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanannya tanpa mengabaikan atau mengurangi kemampuan generasi mendatang dalam pemenuhan kebutuhan mereka.

Konferensi Tingkat Tinggi

Pengertian pembangunan berkelanjutan dalam Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Pembangunan Berkelanjutan di tahun 2002 adalah kondisi dimana masyarakat dapat menentukan dirinya sendiri yang disiapkan dalam perdagangan bebas multilateral dengan syarat terciptanya tata pemerintahan yang baik (good goverment).

Sudharta P. Hadi

Pengertian pembangunan berkelanjutan menurut Sudharta P. Hadi dalam bukunya yang berjudul “Opcit” tahun 2007 adalah konsep pembangunan yang menyelaraskan kepentingan pembangunan dengan pengelolaan lingkungan.

Ciri Ciri Pembangunan Berkelanjutan

Ciri atau karakteristik pembangunan berkelanjutan diantaranya yaitu:

  • Memberikan kemungkinan kelangsungan hidup dengan melestarikan fungsi dan kemampuan ekosistem yang mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi yang tidak merusak lingkungan.
  • Memberikan kesempatan kepada berbagai sektor dan kegiatan lain untuk berkembang bersama di tiap daerah baik dalam kurun waktu yang sama maupun berbeda secara berkesinambungan.
  • Melestarikan dan meningkatkan kemampuan dan fungsi ekosistem untuk memasok, melindungi dan mendukung sumber daya alam secara berkesinambungan.
  • Menggunakan prosedur dan cara yang memperhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem guna mendukung kehidupan baik untuk masa sekarang maupun masa depan.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan adanya pembangunan berkelanjutan diantaranya yaitu:

  • Mengatasi segala bentuk kemiskinan di semua tempat(baik desa, kota dan lain sebagainya)
  • Memastikan pendidikan yang layak, berkualitas dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang
  • Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan
  • Mengakhiri kelaparan dengan menggalakan pertanian berkelanjutan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi.
  • Menjamin akses air dan sanitasi bagi semua orang

Baca Juga : Pengertian Administrasi Pembangunan

  • Menggalakan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua umur
  • Memastikan akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern
  • Mengurangi kesenjangan baik dalam dan antar negara
  • Membangun infrastruktur yang kuat, mempromosikan industrial berkelanjutan dan mendorong inovasi.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif serta lapangan pekerjaan yang layak bagi semua orang.
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  • Menjadikan perkotaan inklusif, aman, kuat dan berkelanjutan
  • Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim beserta dampaknya
  • Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  • Melindungi dan menggunakan samudra, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan
  • Menghidupkan kemitraan global kembali guna pembangunan berkelanjutan
  • Mendorong masyarakat yang adil, damai dan inklusif.
  • Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, serta menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.

Syarat Pembangunan Berkelanjutan

Syarat pembangunan berkelanjutan diantaranya yaitu:

  • Menempatkan kegiatan dan proyek pembangunan pada wilayah dan perwilayahan yang benar secara ekologis.
  • Pemanfaatan sumber daya terbarukan yang tidak boleh melebihi kapasitas yang diberikan.
  • Pembuangan beragam limbah industri dan rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
  • Perubahan ekologis yang terjadi di dalam, sangatlah tidak diperbolehkan untuk melebihi kapasitas dari serangkaian daya dukung terhadap lingkungan.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Prinsip prinsip pembangunan berkelanjutan, diantaranya yaitu:

Equity (Pemerataan)

Pemerataan merupakan tujuan utama pembangunan berkelanjutan. Pemerataan ini dianggap dapat meminimalisir disparitas ekonomi dan sosial serya kesempatan yang sama bagi masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Identitas Nasional

Ekonomi

Pendekatan pembangunan aspek ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan menitikberatkan pada peningkatan keahliaan pekerja agar dapat meningkatkan daya saing dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, Mendorong kerja sama ekonomi strategis dan peningkatan peforma infrastruktur dasar seperti perumahan, air, jalan dan lain sebagainya hingga infrastruktur informasi.

Energi

Penerapan penghematan energi merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan. Contoh penerapannya yaitu mengoptimalkan pembangunan bangunan dengan pencahayaan alami sebanyak mungkin dan lain sebagainya.

Ekologi

Prinsip pelestarian ekologi dalam pembangunan berkelanjutan diterapkan melalui penggunaan lahan campuran semaksimal mungkin, memperhatikan keberadaan ruang terbuka hijau, sistem transportasi dan pembangunan saling terintegrasi dan membatasi pemekaran kota secara berlebihan.

Engagement (Peran Serta)

Pembangunan berkelanjutan ini dapat dilakukan melalui peningkatan dan pengoptimalan peran serta masyarakat didalamnya.

Menurut UNCED dalam KTT Pembangunan Berkelanjutan tahun 2002 di Johannesburg Afrika Selatan, prinsip pembangunan berkelanjutan diantaranya yaitu:

Keadilan Antar Generasi

Ini berarti setiap generasi di dunia memiliki hak untuk menerima dan menempati bumi bukan dalan kondisi yang buruk akibat generasi sebelumnya.

Keadilan Dalam Satu Generasi

Ini membahas mengenai keadilan dalam suatu generasi dimana beban permasalahan lingkungan harus ditanggung bersama.

Prinsip Pencegahan Dini

Ini berarti bahwa jika terjadi ancaman yang berarti yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang tidak bisa dipulihkan maka ketiadaan temuan atau pembuktian ilmiah yang konklusif dan pasti tidak bisa dijadikan alasan untuk menunda upaya untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Ini merupakan prasyarat dari hasil implementasi keadilan antar generasi. Perlindungan keanekaragaman hayati berarti juga mencegah kepunahan keanekagaragaman hayati tersebut.

Internalisasi Biaya Lingkungan

Baca Juga : Sumber Daya Ekonomi Dalam Pembangunan

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Dalam pembangunan terdapat 3 sektor yang menjadi tiang utama pembangunan yaitu sektor ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga sektor tersebut saling berkaitan, jika semakin sukses pembangunan pada sektor ekonomi maka sektor lain juga akan mengalami hal yang serupa. Namun tidak menutup kemungkinan peningkatan sektor ekonomi justru akan merusak sektor lingkungan yang akhirnya akan memicu kegagalan pembangunan. Untuk itu, pemanfaatan lingkungan secara bijak dan menjaganya harus diprioritaskan.

Demikian pembahasan materi tentang pengertian pembangunan berkelanjutan, ciri, tujuan, syarat, prinsip dan contoh pembangunan berkelanjutan secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.