Pengertian Pengembangan Usaha : Jenis, Unsur, Stategi dan Cara Mengembangkan Usaha

Posted on

Pengembangan Usaha – Agar usaha semakin maju, maka perlu dilakukan pengembangan usaha. Apa yang dimaksud dengan pengembangan usaha dan bagaimana cara mengembangkan usaha? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian pengembangan usaha menurut para ahli, jenis, unsur, tahapan, strategi dan cara mengembangkan usaha secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Persaingan Usaha

Pengertian Pengembangan Usaha

Pengertian pengembangan usaha ialah peran dan cara sistematis untuk mempersiapkan kemungkinan pertumbuhan yang potensial, bantuan dan juga pengawasan terhadap penerapan peluang pengembangan usaha namun tidak mencangkup keputusan mengenai strategi dan pelaksanaan kesempatan pengembangan usaha.

Pengembangan usaha yaitu semua usaha dalam membenahi implementasi kerja baik sekarang ataupun kemudian hari dengan cara menyampaikan informasi yang dapat mempengaruhi sikap juga kemampuan.

Pengembangan sebuah usaha merupakan tanggung jawab par pengusaha yang memerlukan pandangan yang maju, dukungan dan juga daya cipta. Umumnya, dalam mengembangkan usahanya para pengusaha dituntut untuk bisa melihat peluang yang orang lain tak bisa melihatnya, tak bisa mengambil peluang, mengawali dan menjalankan usahanya dengan baik.

Dengan melakukan pengembangan usaha maka seorang pelaku usaha akan mengerahkan seluruh pikiran dan juga tenaga untuk bisa memperbaiki kinerja mereka dengan cara melakukan perluasan dan meningkatkan mutu dan jumlah produksi.

Pengertian Pengembangan Usaha Menurut Para Ahli

Menurut Mahmud Mach Foedz

Perkembangan usaha didefinisikan sebagai pelaksanan perdagangan oleh sekelompok orang yang tersusun untuk memperoleh keuntungan dengan memproduksi dan menjual barang/jasa guna mencukupi kebutuhan konsumen.

Menurut Brown dan Petrello

Pengembangan Usaha diartikan sebagai lembaga penghasil barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan meningkat, maka lembaga usaha juga ikut meningkat dan berkembang guna mencukupi kebutuhan tersebut sembari mendapatkan keuntungan.

Menurut Steinford

Pengertian pengembangan Usaha ialah kegiatan penyediaan barang/jasa yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai badan usaha ataupun perorangan yang tak mempunyai badan hukum ataupun badan usaha seperti pedagang kaki lima.

Baca Juga : Pengertian Usaha Mikro

Menurut Hughes dan Kapoor

Definisi pengembangan usaha yaitu aktivitas usaha manusia yang tersusun untuk menciptakan dan menjual barang/jasa untuk memperoleh keuntungan.

Menurut Mussleman dan Jackson

Pengertian pengembangan usaha ialah suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan ekonomi masyarakat dan perusahaan diciptakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Unsur atau Komponen Pengembangan Usaha

Terdapat dua unsur penting dalam pengembangan usaha diantaranya:

Unsur Internal, yang terdiri dari:

  • Adanya keinginan pengusaha untuk mengembangkan dan memperbesar usaha mereka.
  • Memahami teknik menciptakan produk mulai dari jumlah produksi, cara pengembangan dan lainnya.
  • Membuat anggaran untuk mengetahui besarnya pengeluaran juga pemasukan.

Unsur Eksternal yang terdiri dari:

  • Memperoleh anggaran usaha tak hanya tergantung pda anggaran dari dalam.
  • Mengikuti perkembangan informasi usaha yang ada.
  • Memahami situasi lingkungan usaha.
  • Harga dan mutu produk.
  • Jangkauan rentetan produk.

Jenis Pengembangan Usaha

Terdapat 2 jenis pengembangan menurut Subagyo (2008), yakni:

  • Pengembangan vertikal, yaitu pengembangan usaha dengan cara menciptakan inti usaha baru yang masih berkaitan dengan usaha utama secara langsung.
  • Pengembangan horizontal, yaitu pengembangan usaha baru dengan tujuan menguatkan usaha utama agar memperoleh keunggulan koperatif yang tak berkaitan dengan bisnis inti secara line.

Dilihat dari caranya, terdapat 3 jenis pengembangan usaha menurut Humaizar (2010), diantaranya:

  • Perluasan ke hulu atau ke hilir. Maksudnya pengembangan usaha dilakukan berdasarkan posisi usaha. Apabila saat ini usaha berada di hulu maka arah pengembangan dilakukan ke arah hilir begitu sebaliknya.
  • Diversifikasi usaha, yakni pengembangan usaha di beragam usaha
  • Franchise, yaitu menjual bisnis dengan menjual hak paten atas prooduk/jasa dan konsep penjualannya.

Baca Juga : Pengertian Badan Usaha

Strategi Pengembangan Usaha

Ada beberapa strategi pengembangan usaha menurut Hendro (2011), antara lain:

Pengembangan Pasar Dari Segi Produk

Ini merupakan strategi utama dalam pengembangan usaha sebab produk utama sudah dikenal dan tumbuh, sehingga profitabilitas, popularitas dan mutu telah diterima pasar. Misalnya seperti:

  • Memperbanyak variasi produk, misal gelas, botol dan lainnya.
  • Mengunakan kelompok produk, misal dewasa, anak-anak dan lainnya.
  • Menurut lini produk, misal produk tanpa pengawet dan lainnya.
  • Menurut fungsi produk, misla untuk wajah berminyak dan lainnya.
  • Memutuskan produk baru dan pasar baru.

Pengembangan Pasar Dari Segi Sistem Penjualan

Strategi yang digunakan untik mengembangkan sistem penjualan produk dipasaran, diantaranya:

  • Memperluas sistem penyaluran penjualan internal dengan cara mengembangkan sendiri atau dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain.
  • Memperluas jaringan penjualan dengan pihak lain dengan cara membuat jaringan pemasaran berjenjang; menciptakan, membentuk dan merancang franchising; sub kontraktor separuh dan seluruh penjualan; serta outsoursing atau kerjasama operasional.
  • Memperluas pasar dengan melakukan akusisi dan merger usaha yang berada dalam satu industri.

Pengembangan Pasar Melalui Integrasi

Strategi pengembangan pasar dengan integrasi ada 2 jenis, yakni

  • Integrasi vertikal. Ini merupakan bentuk penyatuan dengan cara membeli perusahaan ke dalam (produsen, distributor dan lainnya) maupun membeli perusahaan ke arah konsumen (outlet, agen dan lainnya). Misalnya perusahaan mie membeli perusahaan tepung dan lainnya.
  • Integrasi horizontal. Ini merupakan bentuk penyatuan perusahaan yang tidak memiliki produk tak sama tapi menunjang keberhasilan usahanya. Misalnya perusahaan alat olahraga membeli perusahaan sepatu dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian Merger

Pengembangan Pasar Dengan Sinergisme

Ini merupakan strategi untuk mengembangkan pasar dengan kerjasama yang dilakukan 2 perusahaan yang pasarnya berbeda dengan tujuan tukar pasar dan menguatkan keduanya.

Cara Mengembangkan Usaha

Tahapan pengembangan usaha menurut Budiarta (2009), diantaranya:

Mempunyai Ide Usaha
Sebuah usaha berawal dari ide usaha dari wirausaha yang muncul dari banyak sumber. Setelah melihat kesuksesan usaha orang lain bisanya ide usaha akan muncul dan bisa dari sumber lainnya.

Penyaringan Konsep Usaha
Berikutnya, pengusaha akan memanifestasikan ide tersebut dalam konsep usaha mereka. Filterisasi ide dilakukan dengan kegiatan uji kelayakan secara formal juga informal.

Pengembangan Rencana Usaha
Rencana usaha dikembangkan pengusaha ialah suatu perhitungan proyeksi laba rugi dari usaha yang dilakukan. Dalam menyusun rencana usaha, para penguasaha memiliki perbedaan dalam merinci rencana usaha.

Penerapan Rencana Usaha dan Penanganan Usaha
Rencana usaha yang dibuat rinci, universal, tertulis atau tak tertulis kemudian diterapkan dalam manifestasi usaha. Dalam penerapan rencana usaha, pengusaha akan menggerakan beragam sumber daya yang diperlukan seperti modal, bahan dan tenaga kerja guna melakukan aktivitas usaha.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Perseorangan

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pengembangan usaha menurut para ahli, jenis, unsur, tahapan, stretegi dan cara mengembangkan usaha secara lengkap. Semoga bermanfaat