Pengertian Pasar Modern, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern Lengkap

Posted on

Pengertian Pasar Modern, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern Lengkap – Pasar modern adalah jenis pasar atau tempat terjadinya transaksi antara penjual dengan pembeli dengan harga pas sehingga tidak terjadi aktivitas tawar menawar. Pada pasar modern ini, barang yang dijual belikan memiliki kualitas yang baik dan kondisi pasar yang bersih dan nyaman.

Sedangkan pengertian pasar modern menurut para ahli, diantaranya:

Menurut Hutabarat (2009), Pasar modern adalah suatu pasar dimana pembeli dan penjualnya tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli hanya melihat label harga pada suatu kemasan produk dan pembelinya dilayani sevaramandiri oleh pramuniaga, contohnya supermarket, minimarket, hipermarket dsb.

Biasanya pasar modern terletak di daerah perkotaan. Di dalam pasar modern tidak terjadi transaksi secara langsung antara penjual dengan pembeli (konsumen), melainkan konsumen memilih barang yang ingin dibeli dan harga pada barang tersebut telah tertera pada labelnya, jika sudah barulah dilakukan pembayaran. Contoh pasar modern diantaranya mall, swalayan, mini market dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Pasar Modern

Adapun ciri-ciri pasar modern diantaranya yaitu:

  • Tidak terjadi transaksi langsung (tatap muka) antara penjual dengan pembeli.
  • Harga untuk barang tidak bisa ditawar.
  • Tempatnya bersih dan nyaman.
  • Pelayanan yang baik dan memuaskan.
  • Tata ruang yang rapi dan terstruktur sehingga konsumen dengan mudah menemukan barang yang dicari.
  • Memiliki karyawan yang bertugas membantu konsumen dalam kegiatannya di pasar.
  • Pemerintah tidak ikut campur secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
  • Pembayaran dilakukan ke kasir.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern

Kelebihan Pasar Modern

Barang yang ditawarkan memiliki mutu dan kualitas baik
Barang yang diperdagangkan di pasar modern harus memenuhi standar tentu sehingga kualitasnya terjamin. Jika ada barang yang tidak laku atau kualitasnya menurun misalnya seperti sayuran, maka penjual akan berusaha membuat usaha yang menarik minat pengunjung atas barang tersebut, contohnya dengan memberikan potongan harga (diskon) besar-besaran.

Tempat yang digunakan bersih, nyaman dan tenang
Kebersihan dan kenyamanan merupakan faktor yang berkaitan erat dengan kepuasan saat berbelanja, untuk itu keadaan atau kondisi pasar modern bersih, nyaman dan tenang.

Meningkatkan Produk Domestik Bruto
Produk Domestik Bruto yaitu nilai total dari jumlah produksi barang dan jasa dalam suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Meningkatnya Produk Domestik Bruto juga mengindikasikan peningkatan Pendapatan Negara. Untuk itu, pasar modern akan berdampak negatif kepada ekonomi negara.

Menambah lapangan kerja
Pasar modern membutuhkan karyawan dalam menjalankan fungsinya, pasar modern membutuhkan orang yang memiliki kemampuan dalam pemasaran, pelayanan konsumen, penjaga keamanan, petugas kebersihan dan lain sebagainya. Karena itu pasar modern juga berperan dalam mengatasi pengangguran dengan membuka lowongan pekerjaan.

Kelemahan Pasar Modern

Konsumen dari pasar ekonomi ditarik ke pasar modern
Karena memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh pasar tradisional, konsumen mulai pindah dan lebih menyukai belanja di pasar modern. Tentu saja hal ini akan berdampak pada pasar tradisional yang semakin hari peminatnya semakin berkurang.

Membuat terjadinya kesenjangan ekonomi
Konsumen mulai banyak yang pindah ke pasar modern, menyebabkan penghasilan pedagang atau penjual di pasar tradisional akan menurun. Sebagian besar pedagang pasar tradisional merupakan kaum menengah ke bawah, sedangkan pemilik mall, supermarket, dan lainnya adalah kaum menengah ke atas. Hal tersebut akan membuat yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Investasi Asing dalam pasar modern dapat mengurangi devisa negara
Investasi jangka panjang yang dilakukan asing ke pasar modern akan mengurangi penghasilan devisa negara, karena terjadi impor (barang dari luar negeri masuk ke dalam negeri) secara besar-besaran, selain itu juga karena sebagian keuntungan, bunga dan dana lain akan dikirimkan ke negara asalnya.

Cenderung mengekploitasi pemasok (supllier)
Biasanya di suatu daerah tidak banyak ditemukan pasar modern, hanya ada beberapa saja pada setiap wilayah. Namun pemasok atau orang yang ingin memasukkan barang ke pasar modern ada banyak. Untuk itu pemasok ini sering dieksploitasi pasar modern, karena dengan persaingan yang ketat mereka harus mengedepankan keinginan penjual pasar modern agar barangnya bisa dipasok di pasar tersebut.

Demikian penjelasan mengenai  semoga bermanfaat Pengertian Pasar Modern, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern Lengkap . Sampai jumpa di postingan selanjutnya.