Pengertian Akuntansi Manajemen : Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Posted on

Pengertian Akuntansi Manajemen – Apa yang dimaksud dengan akuntansi manajemen? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup akuntansi manajemen secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian Akuntansi Manajemen

Pengertian akuntansi manajemen adalah adalah sistem akuntansi yang tujuan utamanya menyajikan laporan keuangan untuk pihak internal perusahaan seperti manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran dan pihak internal perusahaan lainnya.

Informasi dari laporan keuangan tersebut sangat berguna sebagai pedoman untuk pengambilan tindakan atau kebijakan yang akan datang berdasarkan pada data historis dan laporan keuangan.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Henry Simamora (1999:12)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Henry Simamora adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, penghimpunan, penganalisisan, penyusunan, penafsiran dan penyampaian informasi yang membantu para manajer dalam menyampaikan tujuan organisasi.

D. Hartanto, Op.Cit

Pengertian akuntansi manajemen adalah suatu sistem informasi yang berguna bagi pihak manajemen dalam membuat keputusan untuk memimpim dan mengendalikan perusahaannya.

Mulyadi (2001)

Pengertian akuntansi manajemen menurut mulyadi adalah suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh serangkaian metode akuntansi manajemen yang digunakan oleh pengguna internal dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Darsono Prawironegoro

Pengertian akuntansi manajemen menurut Darsono Praworonegoro adalah serangkaian tindakan dan proses akuntansi yang bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja personal yang terlibat dalam organisasi dengan menggunakan ukuran kinerja keuangan dan kinerja non keuangan. Selain itu akuntansi manajemen juga berguna untuk membuat strategi dan rencana jangka panjang.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Hansen Mowen (1999)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Hansen Mowen adalah serangkaian sistem informasi yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan memrosesnya untuk mencapai tujuan khusu manajemen. Proses tersebut bisa berupa pengumpulan (collecting), pengukuran (measuring), penyimpanan (storing), analisis (analysis), pelaporan (reporting) dan pengelolaan (managing) informasi.

Halim dan Supomo

Pengertian akuntansi manajemen menurut Halim dan Supomo adalah kegiatan menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.

Mulyadi

Pengertian akuntansi manajemen menurut Mulyadi adalah informasi keuangan dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang dimanfaatkan oleh pemakai intern entitas.

Charles T. Homegren

Pengertian akuntansi manajemen (management accounting) menurut Charles T.Homegren adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)

Pengertian akuntansi manajemen menurut Chartered Institute of Management Accountants adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut. Akuntansi manajemen juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak.

Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Tujuan, fungsi dan ruang lingkup akuntansi manajemen diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Syariah

  • Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen atau pihak intern perusahaan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan. Informasi tersebut dibutuhkan manajemen sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan menilai hasil yang telah dicapai suatu perusahaan.
    Untuk mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan. Ini memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebut di mana titik sentralnya bagi pihak-pihak dalam suatu organisasi perusahaan. Misalnya : Kalkulasi biaya produk, Kalkulasi biaya suatu kegiatan, Kalkulasi biaya suatu departemen.
  • Untuk menyajikan suatu laporan sebagai satu satuan usaha untuk kepentingan pihak internal dalam rangka untuk menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
  • Manajer Keuangan memerlukan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan seperti pendanaan modal kerja, beban biaya cost of fund pada sejumlah modal kerja yang diperlukan perusahaan, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, rasio keuangan dan lain sebagainya.

Manajer Produksi memerlukan data informasi terkait rincian biaya cost of good sold atau harga pokok produksi seperti total biaya produksi, biaya per unit produk, beban tenaga kerja langsung, dan biaya overhead lainnya yang secara langsung berperan dalam proses produksi.

Manajer Pemasaran memerlukan data informasi seluruh komponen biaya terkait dalam penetapan harga jual produk, penentuan sistem penjualan secara kredit atau tunai, beban komisi penjualan, marketing fee, dan informasi nilai diskon untuk produk tertentu dalam rangka peningkatan volume penjualan.

Pihak Top Manajemen memerlukan informasi mengenai pengambilan kebijakan strategis perusahaan misalnya penyusunan anggaran, ekspansi usaha, diversifikasi produk, dan kebijakan investasi lainnya.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan adalah akuntansi manajemen ditujukan untuk kepentingan internal perusahaan sedang akuntansi keuangan sistem informasinya ditujukan untuk kepentingan eksternal perusahaan, seperti kreditor, pemerintah, para pemegang saham, pihak investor dan pihak eksternal lainnya yang berkepentingan langsung terhadap data laporan keuangan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Biaya

Secara garis besar, sistem informasi akuntansi keuangan menyajikan data sedangkan akuntansi manajemen sifatnya lebih detail dan terperinci, laporannya diklasifikasikan berdasarkan departemen, wilayah pemasaran, dan produk.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup akuntansi manajemen secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.