17 Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

17 Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap – Pengertian ilmu politik secara umum yaitu cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Ilmu politik mempelajari tentang alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan, peran dan sistem pemerintahan yang termasuk dalam pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik. Ilmu politik mengukur keberhasilan pemerintahan dan kebijakan khusus dengan melakukan pemeriksaan dari berbagai faktor seperti stabilitas keadilan, kesejahteraan material dan perdamaian.

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Miriam Budiardjo

Menurut Miriam Budiardjo, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik).

Deliar Noer

Menurut Deliar Noer, Ilmu Politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat.

Sri Sumantri

Menurut Sri Sumantri, Ilmu Politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti, Ilmu Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Kosasih Djahiri

Menurut Kosasih Djahiri, Ilmu Politik melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan.

Idrus Affandi

Menurut Idrus Affandi, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara.

Roger. F. Soltau

Menurut Roger. F. Soltau, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara lain.

Karl W. Deutsch

Menurut Karl W. Deutsch, Pengertian politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.

Ossip K. Flectheim

Menurut Ossip K. Flectheim, Ilmu Politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi negara.

J. Barents

Menurut J. Barents, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.

Goodin

Menurut Goodin, Ilmu Politik adalah penggunaan kekuasaan sosial secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan tersebut.

Isjware

Menurut Isjware, Ilmu politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan/pembentukan dan penggunaan kekuasaan.

Adolf Grabowsky

Menurut Adolf Grabowsky, Politik adalah penyelidiki negara dalam keadaan bergerak. Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya.

Hoogerwerf

Menurut Hoogewerf, Ilmu Politik adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya serta akibat-akibatnya.

Mas Weaber

Menurut Max Weaber, Ilmu Politik adalah kemampuan untuk membuat orang lain melakuikan sesuatu yang tidak dikehendakinya.

Paul Janet

Menurut Paul Janet, Ilmu Politik merupakan sebagai ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.

Demikian artikel pembahasan tentang “17 Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.