Pengertian Amanah, Macam Jenis, Contoh Sikap dan Perilaku Amanah Lengkap

Posted on

Pengertian Amanah, Macam Jenis, Contoh Sikap dan Perilaku Amanah Lengkap – Secara umum, pengertian amanah adalah jujur dan benar-benar dapat dipercaya. Dengan kata lain, jika suatu urusan diberikan pada orang yang amanah maka orang tersebut akan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Amanah adalah lawan dari khianat. Amanah terjadi di atas ketaatan, ibadah, al-wadi’ah (titipan), dan ats-tsiqah (kepercayaan). Dengan demikian, sikap amanah bisa berlangsung dalam lapangan yang sangat luas.

Sikap amanah bisa diartikan sebagai sesuatu yang dipercayakan untuk dijaga, dilindungi, dan dilaksanakan. Definisi amanah adalah sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang atau kepercayaan terhadap seseorang.

Pengertian amanah dalam bahasa arab adalah segala sesuatu atau tanggung jawab yang diberikan Tuhan pada manusia untuk dilaksanakan yang di dalamnya meliputi Khilafah ilahiyah, Khilafah takwiniyah, serta dalam hubungannya dengan hablum minallah dan hablum minannas.

Suatu amanah yang diserahkan kepada seseorang, jika dilaksanakan dengan baik maka akan mendapatkan banyak kebaikan. Sebaliknya, jika amanah dikhianati atau tidak dijalankan sebagaimana mestinya maka akan menghasilkan banyak keburukan.

Macam Macam Amanah

Menurut ajaran agama Islam, ada 2 (jenis) amanah yaitu:

Amanah Fitrah

Amanah fitrah adalah amanah yang menunjukkan bahwa pencipta alam semesta sudah menjadikan fitrah manusia senantiasa cenderung kepada kebenaran, tauhid dan kebaikan. Untuk itu, amanah fitrah sejalan dengan aturan Allah yang berlaku di alam semesta.

Singkatnya, pengertian amanah fitrah adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh umat manusia karena kodratnya sebagai khalifah di muka bumi. Meski begitu, adanya amanah fitrah bukan menjadi jaminan bahwa setiap manusia akan selalu berada dalam kebaikan dan kebenaran karena manusia diberi akal sekaligus hawa nafsu dan berbagai penyakit hati. Hal itulah yang menyebabkan manusia harus memperjuangkan amanah fitrah agar tetap menjadi kekuatan dalam menegakkan kebenaran.

Amanah Taklif Syar’i

Amanah taklif syar’i yaitu amanah yang diembankan oleh syari’at. Amanah ini menjadi ketaatan seseorang terhadap syariatnya atau dengan kata lain sebagai batu ujian kehambaan seseorang kepada Tuhannya.

Contoh Sikap dan Perilaku Amanah

Berikut ini beberapa contoh amanah dalam kehidupan sehari-hari:

  • Ketika seseorang dipercaya untuk menjaga rahasia maka hal tersebut adalah amanah, maka ia harus menjaga kerahasiaan informasi tersebut agar tidak diketahui pihak lain.
  • Ketika dipercaya untuk mengemban jabatan atau posisi tertentu maka itu adalah amanah yang wajib dijaga sebaik-baiknya dan tidak menyalahgunakannya karena itu bentuk pengkhianatan.
  • Setiap orang memiliki sesuatu yang berharga di dalam hidupnya, baik kesehatan, keluarga, pekerjaan, harta benda, dan lain sebagainya yang semua itu adalah amanah yang harus dijaga dengan baik.
  • Ketika seseorang menerima titipan dari seseorang, baik berupa informasi maupun benda. maka itu adalah suatu bentuk amanah yang diberikan oleh orang lain kepada seseorang. Menjaga titipan tersebut dengan baik dan menyerahkannya pada orang yang berhak adalah bentuk pelaksanaan amanah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Amanah, Macam Jenis, Contoh Sikap dan Perilaku Amanah Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post