Pengertian Kloroplas : Ciri, Letak, Fungsi, Struktur Anatomi dan Gambar Kloroplas

Posted on

Struktur Anatomi Kloroplas – Apa itu kloroplas? Bagaimana ciri kloroplas? Apa fungsi kloroplas? Dimana letak kloroplas? Bagaimana struktur anatomi kloroplas?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi kloroplas mulai dari pengertian kloroplas, ciri, letak, fungsi, struktur anatomi dan gambar kloroplas secara lengkap.

Baca Juga : Struktur Organ Pada Tumbuhan

Pengertian Kloroplas

Kloroplas merupakan bagian plastid (organel sel yang hanya ada pada tumbuhan dan alga) yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Didalam kloroplas terjadi reaksi gelap dan reaksi terang fotosintesis tumbuhan. Dengan kata lain, kloroplas berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi.

Bentuk kloroplas seperti lensa atau butir dan pipih yang dapat dilihat melalui mikroskop dengan pembesaran terkuat. Secara umum, kloroplas berbentuk cakram dengan diameter 2 mm x 5 mm dan tersusun dalam lapisan tunggal dan sitoplasma.

Letak kloroplas berada di hampir semua bagian tumbuhan, namun tak umum dalam semua sel. Apabila ada, maka setiap sel bisa mempunyai satu bahkan banyak plastid. Perhatikan gambar kloroplas berikut ini:

Ciri Kloroplas

Berikut ini ciri-ciri kloroplas, diantaranya yaitu:

  • Berdiameter sekitar 5-10 mm
  • Bentuk kloroplas bulat atau oval berukuran sekitar 4µm-6µm.
  • Masing-masing kloroplas memiliki kandungan 20-40 kloroplas per ml2. Jika jumlah kloroplas belum cukup maka kloropas bisa membelah diri dan apabila jumlahnya berlebihan maka beberapa kloroplas akan mengalami kerusakan.
  • Disalurkan dalam cairan sitoplasmik
  • Memiliki membran rangkap yaitu membran luar dan membran dalam.

Fungsi Kloroplas

Adapun fungsi kloroplas pada tumbuhan, antara lain:

Sebagai Tempat Fotosintesis
Fungsi utama kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Tujuan tumbuhan melakukan fotosintesis yaitu untuk membuat makanannya sendiri. Reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel. Reaksi kimia fotosintesis yaitu:

Baca Juga : Pengertian Daun

12H2O + 6CO2 + cahaya matahari —-> C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Sebagai Organel Penghasil Energi
Selain itu, kloroplas juga berfungsi menghasilkan energi bagi tumbuhan. Kloroplas mengubah sinar matahari, H2O dan CO2 menjadi makanan dan energi.

Struktur Bagian Kloroplas

Berikut struktur anatomi kloroplas, diantaranya yaitu:

Membran Luar

Membran luar kloroplas merupakan membran yang sangat permeabel, artinya membran ini dapat dilalui semua zat, baik cair maupun padat. Fungsi membran terluar adalah untuk mengatur keluar masuknya zat, baik cair ataupun padat.

Ruang Antar Membran

Ruang antar membran merupakan bagian pembatas atau pemisah antara membran dalam dan membran luar kloroplas. Fungsi ruang antar membran adalah untuk memisahkan membran luar dan membran dalam, ketebalan ruang antar membran ini berkisar 10 cm.

Membran Dalam

Fungsi membran dalam kloroplas adalah untuk pembatas atau pemisah antara stroma dan sitosol.

Stroma

Stroma merupakan bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplas. Fungsi stroma adalah sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis berupa amilum (pati).

Tilakoid

Tilakoid merupakan bagian membran dalam kloroplas yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan berperan dalam menangkap cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Granum

Granum merupakan kumpulan tilakoid bertumpuk mirip seperti uang logam. Fungsi granum adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

DNA Plastida

DNA Plastida merupakan gen pembawa sifat pada plastida tumbuhan. Fungsi DNA plastida adalah untuk replikasi kloroplas dan pembelahan sel kloroplas.

Ribosom

Ribosom merupakan bagian membran dalam yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Baca Juga : Pengertian Stomata

Plastoglobula

Plastoglobula merupakan senyawa kimiawi yang ada dalam kloroplas tumbuhan. Senyawa plastoglobula terdiri lipid berbentuk globul.

Amilum

Amilum atau pati merupakan produk hasil fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan berfotosintesis lalu hasil foto sintesis disimpan dalam bentuk pati atau amilum.

Cara Kerja Kloroplas

Kloroplas merupakan situs fotosintetik atau tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Dalam kloroplas banyak terdapat membran dalam yang bertumpuk sehingga menjadikan proses fotosintesis menjadi lebih efisien. Fotosintesis bertujuan untuk menghasilkan nutrisi lewat pemakaian energi cahaya. Asimilasi karbon mungkin terjadi sebab dalam fotosintesis karbon bebas dari terikat CO2 menjadi gula untuk molekul penyimpanan energi.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kloroplas, ciri, letak, fungsi, struktur anatomi dan gambar kloroplas secara lengkap. Semoga bermanfaat