Pengertian Konsep, Karakteristik, Fungsi dan Unsur Konsep Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Konsep, Karakteristik, Fungsi dan Unsur Konsep Menurut Para Ahli Lengkap – Konsep atau anggitan adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, artinya sesuatu yang dipahami.

Pengertian konsep adalah suatu representasi abstrak dan umum tentang sesuatu yang bertujuan menjelaskan suatu benda, gagasan, atau peristiwa. Definisi konsep yang lainnya yaitu serangkaian pernyataan, ide/gagasan yang saling terkait tentang berbagai kejadian/ peristiwa dan menjadi dasar/petunjuk dalam melakukan penelitian.

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Aristoteles

Dalam bukunya “The classical theory of concepts”, menurut Aristoteles pengertian konsep adalah penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Soedjadi

Menurut Soedjadi, Pengertian konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

Bahri

Menurut Bahri, Pengertian konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai suatu ciri yang sama. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata (lambang bahasa).

Woodruff

Menrut Woodruff, pengertian konsep dapat dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Konsep dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ ide yang relatif sempurna dan bermakna.
  • Konsep merupakan pengertian tentang suatu objek.
  • Konsep adalah produk subjektif yang bersumber dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/ benda).

Singarimbun dan Effendi

Menurut Singarimbun dan Effendi, Pengertian konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama. Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan.

Karakteristik Konsep

Setiap konsep memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang membuatnya bisa dikenali. Berikut ciri-ciri konsep, diantaranya yaitu:

  • Konsep bersifat abstrak merupakan gambaran mental mengenai benda, kegiatan, dan peristiwa.
  • Secara umum, konsep merupakan kumpulan berbagai benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.
  • Konsep bersifat personal, sehingga pemahaman seseorang tentang suatu hal dapat berbeda dengan pemahaman orang lain.
  • Konsep bisa diketahui melalui proses belajar dan pengalaman seseorang.

Fungsi Konsep

Secara garis besar, fungsi konsep adalah untuk memberikan gambaran besar atau penjelasan mengenai sesuatu. Berikut beberapa fungsi konsep, diantaranya yaitu:

Fungsi Kognitif. Dalam hal ini kognitif adalah kemampuan manusia untuk berpikir optimal sepanjang hidupnya, dengan membuat konsep maka fungsi kognitif seseorang akan menjadi lebih baik.

Fungsi Evaluatif. Dalam membuat konsep terdapat proses evaluatif, yaitu proses yang dilakukan manusia dalam menentukan nilai suatu hal.

Fungsi Operasional. Dalam proses pelaksanaan diperlukan suatu dasar yang kuat untuk melakukannya, dengan adanya konsep maka proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien.

Fungsi Komunikasi. Dalam konsep terdapat proses komunikasi dimana ada penjelasan, gagasan, ide, atas suatu benda atau peristiwa.

Unsur-Unsur Dalam Konsep

Berikut ini unsur unsur dalam membuat suatu konsep, diantaranya yaitu:

Nama, yaitu konsep yang mewakili kata tunggal untuk menjelaskan ide atau gagasan.

Contoh. Dalam menyampaikan ide, ada beberapa contoh analisis yang membandingkan contoh positif dan negatif juga karakteristiknya.

Karakteristik Pokok. Karaktersitik pokok digunakan untuk menciptakan dan menentukan suatu contoh dalam kategori konsep atau bukan konsep.

Rentang Karakteristik, yaitu konsep yang terkait dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi konsep, diantaranya seperti:

  • Super ordinat, yaitu konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas.
  • Koordinat, yaitu konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya.
  • Subordinat, yaitu sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep.
  • Kaidah.

Demikian artikel tentang Pengertian Konsep, Karakteristik, Fungsi dan Unsur Konsep Menurut Para Ahli Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.