Pengertian Supplier, Ciri-Ciri, Fungsi, Tugas dan Cara Kerja Supplier Lengkap

Posted on

Pengertian Supplier, Ciri-Ciri, Fungsi, Tugas dan Cara Kerja Supplier Lengkap – Supplier adalah pihak baik perorangan/perusahaan yang menjual atau memasok sumber daya dalam bentuk bahan mentah kepada pihak lain baik itu perorangan/perusahaan untuk diolah menjadi barang atau jasa tertentu.

Pengertian supplier adalah individu atau perusahaan yang menjual bahan baku yang dibutuhkan perusahaan lain untuk diolah menjadi produk siap jual.

Banyak orang menganggap supplier dan distributor itu sama, padahal keduanya berbeda. Distributor hanya menjual atau menyalurkan produk jadi ke pengecer untuk dijual kembali ke konsumen akhir, sedangkan supplier menjual bahan mentah ke perusahaan lain atau pabrik yang membutuhkan bahan baku untuk memproduksi barang jadi. Contoh supplier seperti supplier kelapa sawit yang memasok sawit dalam jumlah besar ke perusahaan tertentu untuk diolah menjadi minyak goreng.

Ciri-Ciri Supplier

Adapun ciri ciri atau karakteristik supplier diantaranya yaitu:

  • Berfungsi sebagai pemasok bahan baku atau barang mentah kepada perusahaan lain.
  • Produk yang dijual masih berbentuk mentah (sayur, buah, tanah, emas, logam, dan lain sebagainya) maupun barang setengah jadi (kertas, plastik, dan lain sebagainya).

Fungsi dan Tugas Supplier

Berikut ini beberapa fungsi dan tugas supplier diantaranya yaitu:

  • Sebagai pihak yang memastikan tersedianya bahan baku atau bahan mentah bagi pihak (individu atau perusahaan) yang membutuhkannya.
  • Memastikan bahan baku yang di pasok masih dalam keadaan baik saat diterima oleh pihak pembeli.
  • Mengatur proses penyimpanan bahan baku sebelum dikirim ke perusahaan yang membutuhkannya.
  • Mengatur pengiriman bahan baku dengan tepat waktu kepada pihak yang membutuhkannya.

Jenis-Jenis Supplier

Secara umum, supplier bisa dibedakan berdasarkan produk yang akan dihasilkan, yakni barang dan jasa.

Supplier Produk Barang

Supplier produk barang adalah jenis supplier yang memasok bahan mentah untuk membuat produk berbentuk barang. Jenis supplier hanya memasok bahan baku untuk diolah pihak lain menjadi suatu barang jadi. Misalnya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan buku tulis maka perusahaan tersebut membutuhkan bahan baku kertas, plastik, dan bahan lainnya agar bisa memproduksi buku tulis. Perusahaan tersebut kemudian bekerjasama dengan supplier yang bisa memasok bahan baku yang dibutuhkan seperti kertas, plastik, dan bahan lainnya. Kerjasama bisa dilakukan dengan beberapa pihak yang menyediakan bahan baku yang berbeda.

Supplier Produk Jasa

Supplier produk jasa adalah jenis supplier yang memasok bahan baku untuk menghasilkan produk berbentuk jasa. Jenis supplier ini hanya memasok bahan baku yang kemudian diolah pihak lain menjadi produk jasa yang bisa dijual ke konsumen. Contohnya sebuah perusahaan jasa keuangan membutuhkan software atau aplikasi khusus untuk membantu klien mereka memonitor dan mengelola keuangan perusahaannya. Supplier produk jasa kemudian menyediakan software atau aplikasi tersebut dengan spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan jasa keuangan tersebut.

Cara Kerja Supplier

Pada zaman digital seperti sekarang, ada banyak cara yang dilakukan supplier dalam kegiatan operasionalnya. Berikut ini cara kerja yang dilakukan oleh pihak supplier dalam menjalankan bisnisnya, diantaranya yaitu:

  • Pengadaan bahan baku. Dalam proses pengadaan bahan mentah bisa dilakukan sendiri oleh supplier atau bekerjasama dengan pihak lain.
  • Membuat informasi bahan baku. Sebelum dijual ke pihak lain maka supplier harus menyiapkan informasi mengenai bahan baku yang dijual.
  • Melakukan pemasaran. Proses pemasaran bisa dilakukan secara offline maupun online. Secara online misalnya dengan membuat website dan iklan untuk menjual bahan baku tertentu.
  • Bekerjasama dengan pebisnis. Pada tahap ini supplier harus berkomitmen untuk dapat memasok bahan baku berkualitas kepada pebisnis secara rutin.
  • Menjaga kualitas. Dalam hal ini kualitas layanan dan kualitas bahan baku sangat mempengaruhi keberhasilan supplier dalam menjalankan usahanya.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Supplier, Ciri-Ciri, Fungsi, Tugas dan Cara Kerja Supplier Lengkap  . Semoga postingan ini bermanfaat.