Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, Jenis dan Contohnya Lengkap – Kalian pasti pernah mendengar istilah akomodasi, apa yang dimaksud dengan akomodasi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi tentang pengertian akomodasi, tujuan, karakteristik, jenis dan contoh bentuk akomodasi secara lengkap.

Pengertian Akomodasi

Pengertian akomodasi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk tercapainya penyelesaian masalah oleh pihak-pihak yang bertikai dan mengarah pada suatu keadaan atau situasi selesainya pertikaian atau masalah tersebut.

Akomodasi juga dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menyelesaikan masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan salah satu pihak. Dengan adanya akomodasi maka diharapkan semua pihak yang bertikai mendapatkan win-win solution.

Baca Juga : Konflik Sosial

Biasanya akomodasi diawali dari berbagai upaya dari pihak-pihak yang bertikai untuk saling mengurangi konflik yang terjadi dari masing-masing pihak agar masalah yang terjadi segera selesai.

Istilah akomodasi sering digunakan para sosiolog untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana individu maupun kelompok yang sedang bersaing atau berkonflik berusaha menyesuaikan hubungan mereka sehingga dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Sebenarnya, istilah akomodasi sering digunakan di beberapa bidang seperti psikologi, traveling (perhotelan atau pariwisata) dan mata. Akomodasi dalam psikologi berkaitan dengan tingkah laku manusia; akomodasi dalam traveling berkaitan dengan fasilitas penginapan bagi orang yang sedang berpergian, contohnya hotel, motel dan sebagainya; sedangkan akomodasi mata berkaitan dengan penyesuaian mata untuk melihat atau memfokuskan penglihatan.

Secara umum, pengertian akomodasi dalam sosiologi adalah bentuk interaksi sosial yang dilakukan manusia baik perorangan maupun kelompok yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau pertentangan yang terjadi tanpa menghancurkan manusia yang lainnya agar tidak muncul rasa kehilangan kepribadian.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Soekanto (1990)

Menurut Soekanto, Pengertian akomodasi dalam sosiologi adalah suatu keadaan yang memiliki keseimbangan (equilibrium) interaksi antar individu dalam suatu masyarakat, atau berbagai usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan suatu pertentangan seperti usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai kestabilan.

Baca Juga : Masalah Sosial

Gillin dan Gillin (dalam Soekanto:1990)

Menurut Gillin dan Gillin, Definisi adalah istilah yang digunakan sosiolog untuk menggambarkan adaptasi sosial yaitu dimana seseorang baik individu ataupun kelompok yang pada awalnya saling bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri untik mengatasi berbagai ketegangan yang terjadi.

Setzer Munavizt (2009)

Menurut Setzer Munavizt, Pengertian akomondasi dalam pariwisata adalah segala sesuatu yang disediakan untuk memenugi seseorang ketika berwisata. Akomondasi bisa berupa tempat dimana seorang wisatawan bisa menginap, beristiraha, makan, minum, mandi dsb.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Akomodasi adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Seperti contohnya tempat penginapan atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.

Tujuan Akomodasi

Adapun tujuan akomodasi, diantaranya yaitu:

  • Untuk mengurangi perbedaan paham yang ada antara kelompok-kelompok yang berbeda.
  • Untuk mencegah munculnya ledakan konflik yang dapat menjadi bibit peperangan.
  • Untuk mempersatukan kelompok-kelompok yang terpisah.
  • Salah satu bentuk usaha terjadinya asimilasi atau tiap kelompok yang berbeda secara vertikal atau horizontal dapat berbaur dan saling memahami.
  • Meminimalisir terjadinya konflik antar individu atau kelompok yang diakibatkan oleh adanya perbedaan paham.
  • Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar yang bisa mengakibatkan peperangan.
  • Memungkinkan terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah karena perbedaan budaya dan faktor sosial.
  • Menyatukan kelompok-kelompok sosial yang berlatar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

Baca Juga : Cara Mengatasi Konflik

Karakteristik Akomodasi

Berikut beberapa karakteristik atau ciri akomodasi diantaranya yaitu:

  • Kebutuhan akan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi bersifat universal.
  • Akomodasi adalah proses yang berkesinambungan atau terjadi secara terus menerus.
  • Akomodasi adalah perpaduan antara perasaan cinta dan kebencian.

Jenis Akomodasi dan Contohnya

Berikut ini beberapa bentuk akomodasi diantaranya yaitu:

Mediasi

Mediasi (mediation) adalah proses pengikutsertaan pihak ketiga sebagai penasihat yang bersifat netral dalam penyelesaian suatu perselisihan. Contoh mediasi diantaranya pemerintah RI untuk mendamaikan fraksi-fraksi yang berselisih di Kamboja. RI hanya menjadi fasilitator, sedangkan keputusan mau berdamai atau tidak bergantung niat baik tiap-tiap fraksi yang bertikai.

Koersi

Koersi (coercion) adalah bentuk akomodasi yang digunakan dengan proses paksaan karena salah satu pihak berada pada posisi lemah. Salah satu contoh pelaksanaan koersi adalah sistem perbudakan ataupun sistem penjajahan yang dilakukan antar bangsa. Indonesia pernah mengalami sistem ini yang selama 3,5 abad lamanya Indonesia menjadi negara bekas jajahan negara-negara barat.

Kompromi

Kompromi (compromise) adalah perundingan secara damai antara kedua belah pihak yang bertikat untuk saling mengurangi tuntutan. Salah satu contoh kompromi adalah adanya Kemerdekaan di Gerakan Aceh Merdeka yang dulu menjadi salah satu masalah yang besar serta sulit dilakukan titik temua antara keduannya. Dengan adanya kompromi wilayah di Aceh akhirnya bisa terselesiakan dengan baik.

Toleransi

Toleransi adalah suatu sikap menghargai perbedaan dalam masyarakat. Contoh toleransi adalah kepekaan sosial umat yang berbeda agama di Indonesia ketika terjadi bulan ramadhan. Baik umat kristen, hindu, budha, dan lainnya memberi penghormatan lebih kepada umat Islam.

Baca Juga : Pengertian Sengketa

Arbitrase

Arbitrase (arbitration) adalah upaya penyelesaian sengketa dengan bantuan pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Pihak ketiga dalam arbitrase adalah majelis arbitrase. Contoh arbitasi adalah pertentangan antara karyawan dan pengusaha yang bisa dilakukan dengan upaya pembentukan serikat buruh dan Departemen Tenaga Kerja sebagai pihak-pihak ketiga dalam penuntasan permasalahan.

Konsiliasi

Konsiliasi (conciliation) adalah usaha mempertemukan pihak yang berselisih untuk mencapai persétujuan melalul lembaga sosial sebagai usaha menyelesaikan perselisihan tersebut. Contoh bentuk konsiliasi adalah proses demo yang pernah dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia untuk menggulingkan kekuasaan Jokowi, yang akhirnya berlangsung dengan makan bersama antara Jokowi dan mahasiswa.

Konversi

Konversi adalah bagian bentuk akomodasi dalam sosiologi yang dipergunakan untuk memberi penyelesaian konflik dengan menjadikan salah satu pihak untuk bisa bersedia menerima penuh dengan pendirian pihak lain. Contoh konversi adalah adanya konflik yang sering terjadi antara Amerika Serikat dan Rusia. Dengan berjalannya waktu dan dalam kurun tertentu konflik diantara mereka bisa selesai dengan sendiri meskipun sampai saat ini konflik dan persaingan ada dalam perkembangan teknologi dan pengetahuan, bukan lagi pada penjajahan terhadap bangsa-bangsa lain di dunia.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Ajudikasi

Ajudikasi (adjudication), yaitu suatu usaha penyelesaian konflik atau perselisihan melalul pengadilan (meja hijau). Contoh ajudikasi adalah adanya persengketaan tanah yang biasanya diselesaikan di pengadilan atau meja hijau untuk mencari pemenang dan siapa yang kalah.

Stalemate

Stalemate adalah keadaan yang ditandai adanya kekuatan seimbang dan kedua pihak yang bertikai sehingga pertikaian berahkhir pada titik tertentu. Contoh stalemate adalah adanya persaingan yang dilakukan dalam perang dunia kedua, terutama terjadi antara blok barat dan blok timur yang akhirnya bisa terselesaikan dengan sendiri, dalam hal ini tidak ada yang menang dan kalah.

Displacement

Definisi displacement dalam sosiologi adalah mengakhiri konflik bersama dengan cara memberi pengalihan pada objek secara bersama-sama. Contoh bentuk displacement adalah persengketaan yang pernah dilakukan antara Indonesia dan Australia tentang batas ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif), hingga akhirnya kondisi seperti ini berakhir dengan dilakukannya pembagian minyak bumi di yang berada di Celah Timor.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian akomodasi, tujuan, ciri, jenis dan contohnya lengkap, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.