Pengertian Teks Deskripsi : Ciri, Tujuan, Struktur, Ciri Kebahasaan dan Contohnya

Posted on

Teks Deskripsi – Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks deskripsi, ciri, tujuan, struktur, ciri kebahasaan, jenis dan contoh teks deskripsi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi adalah suatu paragraf dimana gagasan utama disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat atau peristiwa yang sedang menjadi topik pembicaraan kepada pembaca sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang diungkapkan dalam teks tersebut.

Definisi teks deskripsi adalah hasil pengamatan atau observasi, untuk itu informasi yang digunakan untuk menjabarkan suatu benda atau objek harus jelas, sesuai dengan data fakta yang ada pada objek tersebut.

Teks deskripsi juga dapat diartikan sebagai upaya mengolah kata menjadi paragraf dengan jelas dan tepat agar dapat dimengerti oleh pembaca tidak langsung mengalaminya.

Umumnya, teks deskripsi digunakan pada novel atau cerita pendek (cerpen) agar pembacanya seolah terbawa dengan suasana yang digambarkan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri atau karakteristik teks deskripsi diantaranya yaitu:

  • Menjabarkan atau menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan).
  • Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian secara jelas dan terperinci.
  • Banyak ditemukan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.

Baca Juga : Pengertian Teks Anekdot

Tujuan Teks Deskripsi

Adapun tujuan teks deskripsi diantaranya yaitu:

  • Agar orang yang membaca teks tersebut seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan teks tersebut.
  • Memberi penjelasan yang utuh kepada pembacanya agar mereka bisa memahami apa yang sedang dibicarakan dengan jelas, baik dalam hal bentuk fisik maupun wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur atau susunan teks deskripsi diantaranya yaitu:

Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

Klasifikasi

Klasifikasi merupakan unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Deskripsi

Deskripsi merupakan bagian yang berisi gambaran atau pemaparan tentang suatu objek atau topik yang ada dalam paragraf tersebut.

Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi

Unsur atau kaidah kebahasaan teks deskripsi diantaranya:

  • Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Contohnya: sekolah, rumah, guruku, teman saya dan lain sebagainya.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya:beliau adalah seorang kepala sekolah yang rendah hati dan lain sebagainya.
  • Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Contohnya: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Teks Prosedur

  • Mengandung kata kerja Transitif untuk memberikan informasi subjek. Contohnya: siswa itu mengenakan seragam putih biru dan lain sebagainya.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Contohnya: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin buku itu murah dan lain sebagainya.
  • Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Contohnya: dengan cepat, di rumah, di kantin dan lain sebagainya.
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Contohnya: kulitnya lembut seperti benang sutra dan lain sebagainya.

Cara Membuat Teks Deskripsi Yang Baik dan Benar

Berikut ini tahapan atau langkah-langkah membuat teks deskripsi diantaranya:

  • Pertama, tentukan tema (objek yang akan dibahas).
    Tentukan tujuan.
  • Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  • Setelah data-data terkumpul, susun data tersebut menjadi kerangka karangan.
  • Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan topik.

Baca Juga : Teks Cerita Fiksi

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berikut macam-macam jenis teks deskripsi, diantaranya yaitu:

Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif adalah suatu teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis paragraf tersebut.

Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial adalah teks deskripsi dimana objek yang dijelaskan hanya berupa benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif adalah jenis teks deskripsi yang berisi penjelasan mengenai objek yang digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan tanpa ada penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut beberapa contoh teks deskripsi singkat:

Contoh Teks Deskripsi Tentang Makanan

Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Ada banyak jenis pempek ini mulai dari pempek kapal selam, pempek ikan, pempek lenjer, pempek telur, pempek sayur dan lain-lain.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Peliharaan

Aku punya kucing bernama Gerry. Bulunya berwarna abu-abu dan putih dengan abu-abu sebagai warna dominan. Gerry memiliki ekor yang panjang dan lucu. Tara suka sekali makanan khusus kucing yang aku belikan. Gerri akan mengeong jika ia lapar ataupun jika ingin bermain.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang

Sherin adalah mahasiswa yang amat cantik. Ia memiliki mata yang indah dan bulu mata yang lentik. Ia mengenakan hijab ditambah wajahnya yang cantik membuat setiap orang yang melihatnya akan merasa tenang. Selain itu, dia juga ramah jadi tak heran jika Sherin banyak disukai teman sekelasnya.

Baca Juga : Teks Berita

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Tangkuban Parahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara Kabupaten Subang dengan Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta sebuah kawahnya yang terkenal. Karena keindahannya dan sering dijadikan sebagai destinasi utama saat liburan, maka gunung Tangkuban Parahu ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di kawasan Jawa Barat. Banyak alasan yang menjadikan Gunung ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan . SelainĀ  pemandangan yang indah, suasana yang sejuk dan kawah yang cantik gunung ini juga terletak di jalan utama Bandung-Subang, akses jalannya tidak terlalu jauh dari kota Bandung sekitar 25-30 km.

Di gunung tangkuban Parahu ini sering diadakan sebuah festival bernama Festival Budaya dan Pariwisata Gunung Tangkuban Parahu. Yang selalu menarik perhatian wisatawan, para penggiat budaya, akademisi maupun masyarakat umum. Selain saat festival, hari-hari biasa juga Gunung Tangkuban Perahu tidak pernah sepi pengunjung bus-bus luar kota selalu terparkir di area parkirnya mengantar wisatawan menikmati keindahan alam gunung tangkuban parahu. Puncak kunjungan wisatawan akan terjadi saat hari-hari besar seperti Liburan maupun hari besar tahun baru dan idul fitri, jalanan akan macet karena kendaraan yang keluar masuk wilayah wisata.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Rumahku adalah rumah mungil yang memiliki luas sekitar 36 meter persegi. Dengan warna cat hijau membuat rumah itu terlihat sejuk dipandang mata. Halaman sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang ditanam hidroponik. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe sudah banyak berbuah.

Baca Juga : Teks Eksposisi

Rumahku terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang santai, dapur dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Semua barang yang ada di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini menjadi nampak luas.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolahku memiliki lingkungan yang sangat bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang luas. Sekolahku memiliki 3 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, dan C. Lokasi sekolahku tepat berada di dekat bukit dan sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk.

Semua lantai kelas menggunakan keramik. Sekolahku memiliki aula yang besar yang biasanya digunakan untuk acara seperti wisuda, nikah, olahraga, dan lainnya. Selain itu, sekolahku memiliki ruang laboratorium komputer, laboratorium IPA dan laboratorium bahasa. Warna kombinasi abu-abu dan putih menjadi dominasi warna gedung disekolahku, masjid dan kantin tidak lupa menambah lengkap keindahan sekolahku.

Baca Juga : Teks Debat

Demikian pembahasan tentang pengertian teks deskripsi, ciri, tujuan, struktur, ciri kebahasaan, jenis dan contoh teks deskripsi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.