Pengertian Analisis : Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Posted on

Pengertian Analisis – Kalian mungkin sering mendengar istilah analisis, apa yang dimaksud dengan analisis (analysis)? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian analisis secara umum, pengertian analisis menurut para ahli, fungsi, tujuan dan contoh analisis lengkap.

Baca Juga : Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis Secara Bahasa

Analisa berasal dari bahasa yunani kuno yaitu Analusis, ana berarti kembali dan luein berarti melepas. Atau dengan kata lain Analusis berarti melepaskan. Analisa atau analisi adalah suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut. Kata analisa atau analisis banyak digunakan di berbagai bidang pengetahuan, ilmu (science), kimia, dan linguistik.

Pengertian Analisis Secara Umum

Pengertian analisis adalah aktivitas yang terdiri dari serangkaian kegiatan seperti, mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan kemudian dicari kaitannya lalu ditafsirkan maknanya.

Definisi analisis adalah usaha dalam mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Baca Juga : Pengertian Analisis Rasio Keuangan

Analisis juga dapat diartikan sebagai kemampuan dalam memecahkan atau menguraikan suatu informasi atau materi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dimengerti dan mudah dijelaskan.

Kata analisis banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, baik itu pengetahuan sosial, manajemen, ekonomi bisnis, akuntansi, ilmu bahasa, pengetahuan alam, dan bidang ilmu lainnya.

Analisa atau analisi adalah suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Dalam ilmu sosial, analisis digunakan dalam upaya untuk memahami dan menjelaskan berbagai proses masalah atau hal yang ada didalamnya. Dalam ilmu, analisis digunakan untuk menggambarkan zat yang menjadi senyawa penyusunnya. Dalam kimia, analisis digunakan untuk menentukan komposisi bahan atau zat. Dalam linguistik, analisis atau analisa adalah studi bahasa guna memeriksa secara mendalam.

Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya.

Pengertian analisis adalah sikap atau perhatian terhadap sesuatu (benda, fakta, fenomena) hingga mampu menguraikan menjadi bagian-bagian serta mengenal kaitan antar bagian tersebut dalam keseluruhan. Analisis bisa juga diartikan sebagai kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipahami.

Baca Juga : Pengertian Analisis Kredit

Analisis adalah sekumpulan aktivitas dan proses. Salah satu bentuk analisis adalah merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.

Pengertian Analisa atau Analisis Menurut Para Ahli

Wiradi

Menurut Wiradi, Analisis adalah sebuah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, serta membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir makna dan kaitannya.

Komaruddin

Menurut Komaruddin, Analisis adalah suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga bisa mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu dengan yang lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Syahrul

Menurut Syahrul, Analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi serta alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

Anne Gregory

Menurut Anne Gregory, Analisis adalah langkah pertama dari proses perencanaan.

Baca Juga : Pengertian Analisis SWOT

Effrey Liker

Menurut Effrey Liker, Analisa adalah waktu untuk mengumpulkan bukti untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

Dwi Prastowo Darminto

Menurut Dwi Prastowo Darminto, Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Husein Umar

Menurut Husein Umar, Analisa adalah suatu proses kerja dari rentetan tahapan pekerjaan sebelum riset di dokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan.

Hanif AL Fatta

Menurut Hanif AL Fatta, Analisa adalah tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

Robert J. Schreiter (1991)

Menurut Robert J. Schreiter, Analisa adalah membaca teks yang melikalisasikan tanda-tanda yang menempatkan tanda-tanda itu dalam interaksi yang dinamis, serta pesan-pesan yang disampaikan.

Minto Rahayu

Menurut Minto Rahayu, Analisa adalah suatu cara membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen; yang artinya melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

Rifka Julianty

Menurut Rifka Julianty, Analisis adalah sebuah penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat serta pemahaman arti keseluruhan.

Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf, Analisa adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Analisis Beban Kerja

Kamus Akuntansi

Menurut Kamus Akuntansi, Analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi serta alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

Mohammad Afdi Nizar

Menurut Mohammad Afdi Nizar, Analisis adalah sebuah evaluasi tentang kondisi dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan suatu perbedaan yang muncul.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahanan arti keseluruhan.

Fungsi dan Tujuan Analisis

Fungsi analisis yaitu untuk dapat mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Analisis bisa diterapkan di berbagai jenis lingkungan juga keadaan. Analisis akan lebih optimal digunakan dalam keadaan kritis juga keadaan yang membutuhkan strategi. Disebabkan karena analisis dapat mengetahui secara mendetail mengenai keadaan lingkungan saat ini.

Tujuan analisis yaitu untuk mengumpulkan data yang pada akhirnya data-data tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan digunakan dalam menyelesaikan krisis atau juga konflik, atau bisa saja hanya digunakan sebagai arsip. Di dalam bidang pendidikan analisis ini digunakan untuk melakukan sebuah penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

Baca Juga : Pengertian Analisis Sistem

Contoh Analisis

Salah satu contoh analisis yakni analisis SWOT yaitu analisis yang berkaitan dengan perusahaan. SWOT merupakan kepanjangan dari strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), serta Threats (ancaman). Dari ketiga unsur tersebut, kinerja dan juga struktur dari perusahaan tersebut akan diteliti satu persatu.

Hasil analisis SWOT ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan, seperti untuk membantu mengatasi krisis internal atau juga eksternal dari perusahaan sendiri. Selain itu, hasil analisis bisa dijadikan arsip serta juga digunakan sebagai pembanding perkembangan perusahaan, sebagai salah satu patokan untuk bisa meningkatkan kinerja kerja dan juga pengembangan produk perusahaan.

Demikian pembahasan tentang tentang pengertian analisis secara umum, pengertian analisis menurut para ahli, fungsi, tujuan dan contoh analisis lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.