Pengertian Argumentasi, Ciri dan Tujuan Argumentasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Argumentasi, Ciri dan Tujuan Argumentasi Menurut Para Ahli Lengkap – Istilah “argumentasi” berasal dari Bahasa Inggris “argumentation” yang berarti uraian, pembuktian, atau dalil. Sehingga argumentasi bisa juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meyakinkan orang lain dengan menyampaikan pendapat, pernyataan, sikap yang didukung fakta yang benar.

Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi bisa berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan objektif di mana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Tujuan argumentasi yaitu agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.

Secara umum, pengertian argumentasi (argumentation) adalah suatu tindakan atau proses penalaran secara sistematis untuk mendukung ide, tindakan, atau teori, dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi orang lain.

Argumentasi juga diartikan sebagai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan, dengan tujuan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain. Dalam penyampaian argumentasi umumnya disertai dengan penjelasan, bukti, alasan, serta ulasan objektif disertai contoh, analogi, dan sebab-akibat.

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Gorys Keraf (1997:99)

Menurut Gorys Keraf, pengertian argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara. Melalui argumentasi seseorang berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu gagasan dan pendapat orang lain dengan disertai alasan yang rasional dan objektif.

Aceng Hasani (2005:43)

Menurut Aceng Hasani, pengertian argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti yang memperkuat argumen dimana penyajiannya dilakukan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.

Adeng Chaedar Alwasilah (2005:116)

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah, pengertian argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan.

Ciri-Ciri Argumentasi

Secara umum, ciri-ciri atau karakteristik argumen diantaranya yaitu:

  • Mengandung gagasan, pandangan, pernyataan, atau pendapat seseorang tentang suatu permasalahan, yang disampaikan secara lisan maupun tulisan.
  • Penyampaiannya selalu menyertakan alasan dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain tentang pendapat yang disampaikan.
  • Selalu disertai dengan data-data yang valid, faktual, objektif dan mengandung kebenaran, untuk memperkuat pendapat yang disampaikan.
  • Dapat merumuskan suatu permasalahan secara kritis, logis, analisis, dan analog.

Tujuan Argumentasi

Adapun tujuan argumentasi diantaranya yaitu:

  • Untuk mengemukakan pendapatnya kepada orang lain.
  • Untuk mempengaruhi orang lain sehingga gagasan dan pendapatnya diterima atau dilakukan.
  • Untuk mencari solusi atau pemecahan suatu permasalahan.
  • Untuk mendiskusikan suatu permasalahan tanpa harus mencapai titik tertentu.

Demikian artikel tentang “Pengertian Argumentasi, Ciri dan Tujuan Argumentasi Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.