Pengertian Audit Manajemen : Tujuan, Manfaat, Ruang Lingkup dan Tahapan Audit Manajemen

Posted on

Pengertian Audit Manajemen – Apa yang dimaksud dengan audit manajemen? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian audit manajemen menurut para ahli, tujuan, manfaat, ruang lingkup dan tahapan audit manajemen secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Manajemen

Pengertian Audit Manajemen

Pengertian audit manajemen (management audit) adalah pengevaluasian terhadap efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan.

Definisi audit manajemen adalah tindakan evaluasi semua kegiatan departemen perusahaan dengan maksud untuk memberikan saran yang tepat pada manajemen.

Audit manajemen juga dapat diartikan sebagai tugas yang berorientasi pada masa depan dengan mengevaluasi semua tingkatan manajemen usaha secara tepat waktu seperti manajemen produksi.

Pengertian Audit Manajemen Menurut Para Ahli

Alexander Hamilton Institute (1986:1)

Pengertian audit manajemen menurut Alexander Hamilton Institute adalah suatu teknik yang meliputi berbagai bidang yang luas tentang prosedur, metode penilaian, kelayakan dan pendekatan. Pemeriksaan manajemen dirancang untuk menganalisis, menilai, meninjau ulang dan menimbang hasil kerja perusahaan dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan atau pedoman yang ditentukan oleh perusahaan. Tujuan dari pemeriksaan manajemen adalah untuk mengevaluasi efisiensi dan efektifitas perusahaan.

Arens dan Loebbecke (2003:12)

Pengertian audit manajemen menurut Arens dan Loebbecke adalah evaluasi terhadap seluruh prosedur dan metode organisasi perusahaan, dalam tujuan untuk mengevaluasi tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan.

Carmichael dan John Wilingham

Pengertian manajemen audit menurut Carmichael dan John Wilingham adalah suatu penelaahan sistematis terhadap aktivitas suatu organisasi tertentu dalam hubungannya dengan tujuan-tujuan tertentu dengan maksud untuk menilai kegiatan, mengidentifikasi berbagai kesempatan untuk perbaikan, mengembangkan rekomendasi bagi perbaikan atau tindakan lebih lanjut.

Baca Juga : Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Alejandro R Gorospe

Pengertian audit manajemen menurut Alejandro R Gorospe adalah suatu teknik yang secara teratur dan sistematis digunakan untuk menilai efektivitas unit atau pekerjaan dibandingkan dengan standar perusahaan dan industri, dengan menggunakan petugas yang ahli dengan lingkup objek yang di analisis, untuk meyakinkan manajemen bahwa tujuannya dilaksanakan, dan keadaan yang membutuhkan perbaikan di temukan.

Sukrisno Agoes

Pengertian audit manajemen menurut Sukrisno Agoes, audit manajemen, disebut juga operasional audit, audit fungsional, audit sistem, adalah suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional yang telah ditentukan manajemen, untuk mengetahui apakah kegiatan operasi tersebut sudah dilakukan secara efektif, efisien, dan ekonomis.

Tujuan Audit Manajemen

Tujuan audit manajemen adalah untuk mengidentifikasi program, kegiatan dan aktivitas yang masih membutuhkan perbaikan, sehingga dengan rekomendasi yang diberikan nantinya bisa dicapai perbaikan atas pengelolaan berbagai program dan aktivitas perusahaan.

Selain itu, tujuan audit manajemen diantaranya yaitu:

Penilaian Atas Pengendalian

Tujuan ini berhubungan dengan pengendalian administrasi suatu perusahaan yang bertujuan untuk menentukan apakah pengendalian yang ada sudah memadai dan terbukti efektif dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Pendidikan

Penilaian Atas Pelaksanaan

Auditor mengumpulkan informasi untuk menentukan apakah kegiatan perusahaan sudah berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Memberikan Bantuan Pada Manajemen

Sebagai auditor untuk membantu manajemen, auditor harus memahami prinsip manajemen yang diterapkan dan fungsi manajemen seperti planning, organizing, staffing, leading, dan controlling terlebih dahulu.

Manfaat Audit Manajemen

Manfaat audit manajemen diantaranya yaitu:

  • Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur dari struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.
  • Mengevaluasi kriteria pengukuran pencapaian tujuan organisasi dan penilaian prestasi manajemen.
  • Secara independen dan objektif menilai prestasi individual dan kegiatan unit organisasi tertentu.
  • Menilai efektivitas, efisiensi, serta kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.
  • Menemukan atau mengidentifikasi masalah organisasi yang muncul dan apabila mungkin menentukan penyebabnya.
  • Menilai reliabilitas dan manfaat berbagai laporan pengendalian manajemen.

Ruang Lingkup Audit Manajemen

Ruang lingkup audit manajemen meliputi seluruh aspek kegiatan audit manajemen tersebut. Ruang lingkup ini dapat berupa seluruh kegiatan atau dapat juga hanya mencakup bagian tertentu dari program atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Tahapan Audit Manajemen

Tahapan dalam audit manajemen diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Manajemen Biaya

Definisi Ruang Lingkup Proyek

Tahap ini merupakan tahap pengenalan dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai latar belakang kegiatan yang diperiksa. Hal tersebut akan membantu auditor lebih mudah mengidentifikasi masalah yang muncul, menemukan penyebabnya dan melakukan tindakan perbaikan.

Rencana, Persiapan dan Organisasi

Pada tahap ini dilakukan pemeriksaan manajemen dengan meneliti dan menelusuri ruang lingkup setiap sumber dokumentasi, kemudian di analisa dan selanjutnya diperbarui.

Pengumpulan Fakta dan Pembaharuan Dokumen

Pengumpulan data pemberitahuan yang berhubungan dengan ruang lingkup proyek yang dimaksud. Data tersebut didapatkan dari surat menyurat dan untuk informasi yang non formal bisa didapatkan secara langsung dari para karyawan melalui wawancara.

Riset dan Analisis

Pada tahap ini pemeriksa mengumpulkan semua data dan bukti empiris yang sangat penting untuk mendukung kesimpulan. Selanjutnya penelitian akan diubah sesuai dengan tujuan perencanaan dan mengevaluasi keadaan ruang lingkup tertentu.

Laporan

Hasil pengujian dan pemeriksaan yang dijelaskan dilaksanakan, lalu tahap akhir dibuat laporan hasil audit secara menyeluruh yang merupakan kesimpulan dari pemeriksaan yang dilakukan.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Administrasi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian audit manajemen menurut para ahli, tujuan, manfaat, ruang lingkup dan tahapan audit manajemen secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.