Pengertian Persekusi, Penyebab, Cara Menghindari dan Contoh Kasus Persekusi Lengkap

Posted on

Pengertian Persekusi, Penyebab, Cara Menghindari dan Contoh Kasus Persekusi Lengkap – Persekusi (persecution) adalah perlakuan buruk atau penganiyaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik.

Secara umum, arti persekusi yaitu suatu perlakuan buruk dan sewenang-wenang yang dilakukan secara sistematis oleh individu atau kelompok tertentu terhadap individu atau golongan lain dengan cara memburu, mempersusah, dan menganiaya, karena perbedaan suku, agama, atau pandangan politik.

Pengertian persekusi adalah suatu sikap/ tindakan permusuhan, pemburuan, dan penganiayaan terhadap seseorang atau golongan tertentu, terutama karena ras, agama, dan keyakinan politik.

Persekusi merupakan salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional. Timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain bisa menjadi indikator munculnya persekusi, namun hanya penderitaan yang cukup berat yang bisa dikelompokkan sebagai persekusi.

Dalam rangkaian proses persekusi, ada 4 tahapan yang dilakukan para pelaku persekusi tersebut. Berikut ini tahapan atau pola persekusi diantaranya yaitu:

  • Melacak identitas dan alamat target persekusi.
  • Memberikan instruksi kepada massa untuk memburu target dengan menyebarkan identitas dan alamat target ke media sosial.
  • Melakukan aksi persekusi dengan mendatangi rumah atau kantor target.

Tindakan persekusi bisa mengakibatkan trauma kepada korban, baik itu secara fisik maupun psikis bahkan mengakibatkan kematian. Meskipun hukum di Indonesia telah melarang keras aksi persekusi, tindakan ini masih cukup marak dilakukan hingga saat ini.

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli

Damar Juniarto

Menurut Damar Juniarto, Persekusi adalah suatu tindakan memburu orang lain atau golongan tertentu yang dilakukan suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas, jadi beda dengan main hakim sendiri.

Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana

Menurut Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana, Persekusi adalah perampasan dengan sengaja dan kejam terhadap hak-hak dasar dan berhubungan dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Persekusi adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.

Penyebab Terjadinya Persekusi

Penyebab persekusi disetiap negara pasti berbeda. Di Indonesia, penyebab kasus persekusi kebanyakan terjadi karena kebebasan berpendapat di media sosial yang tidak terkendali.

Berikut ini, beberapa penyebab persekusi diantaranya yaitu:

  • Adanya ketidakpercayaan dan saling mencurigai antara masyarakat kurang mampu terhadap kaum elit.
  • Adanya kesenjangan sosial karena belum ada nilai tambah ekonomi pada masyarakat kurang mampu.
  • Adanya anggapan masyarakat saat ini bahkan sebelumnya menyatakan bahwa penegakan hukum dilakukan secara tidak adil.
  • Adanya anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa proses hukum penuh dengan intervensi dari pemerintah sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.
  • Adanya globalisasi dan kehidupan maya di masyarakat sehingga mereka merasa bebas mengeluarkan pendapatnya.

Cara Menghindari Persekusi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari kasus persekusi diantaranya yaitu:

  • Pikirkan dan bayangkan terlebih dahulu sebelum mengunggah suatu pernyataan, komentar, berita atau apapun itu, bayangkan kalian menyampaikannya secara langsung di hadapan orang yang dituju, apa kalian berani atau ragu dan takut.
  • Pikirkan konsekuensinya. Jika kalian merasa pernyataan, komentar atau berita yang akan diunggah tidak akan menyinggung orang lain, pikirkan hal apa yang mungkin akan terjadi nantinya.
  • Pahami dan cek kembali informasi, jangan sampai kalian menyebarkan berita hoax.

Contoh Kasus Persekusi

Berikut ini beberapa contoh kasus persekusi yang terjadi di Indonesia:

Persekusi RN dan MA
Dua sejoli berinisial RN dan MA mengalami persekusi dengan cara ditelanjangi dan diarak oleh warga di Kelurahan Sukamulya, Cikupa, Tangerang. Penyebab tindakan persekusi tersebut karena kedua sejoli tersebut dituduh berbuat asusila di dalam kontrakan.

Persekusi PMA
Seorang remaja 15 tahun berinisial PMA menjadi korban persekusi oleh sekelompok ormas di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Penyebab tindakan persekusi tersebut karena postingan di media sosial PMA dianggap menghina seorang ulama.

Persekusi dr Fiera Lovita
dr Fiera Lovita adalah salah satu kasus persekusi yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Tindakan persekusi tersebut dilakukan oleh salah satu ormas keagamaan karena dr Fiera Lovita dianggap menghina ulama mereka.

Organ Tunggal Nikahan Berujung Maut
Pada 4 Desember 2017, polisi meringkus ketiga pelaku setelah melakukan persekusi terhadap Rano (38) warga Kampung Rawarotan RT02/04, Kelurahan Selapajang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang hingga tewas. Korban dipukul menggunakan kursi, lalu ditusuk berulang kali di bagian wajah, badan dan kaki. Kejadian bermula saat perhelatan organ tunggal guna merayakan pernikahan anak Nasir di kediamannya dihentikan pada Minggu, 3 Desember sekira pukul 22.00 WIB.

Karena hari sudah malam Nasir menghentikan organ tunggal, namun Rano yang sedang asik berjoget tidak terima organ tunggalnya dihentikan. Rano mengancam akan membunuh semua orang di acara tersebut dengan pisau yang dibawanya jika organ tunggal tidak dilanjutkan. Kemudian tiga pelaku terlibat adu mulut dengan korban dan berakhir dengan persekusi.

Demikian penjelasan tentangĀ Pengertian Persekusi, Penyebab, Cara Menghindari dan Contoh Kasus Persekusi Lengkap Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.