Pengertian Lingkungan Buatan : Manfaat, Jenis dan Contoh Lingkungan Buatan

Posted on

Pengertian Lingkungan Buatan – Apa yang dimaksud dengan lingkungan buatan? Apa saja lingkungan buatan? Apa manfaat dari lingkungan buatan? Bagaimana cara menjaga lingkungan buatan?

Baca Juga : Pengertian Lingkungan Hidup

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian lingkungan hidup buatan, manfaat, jenis dan contoh lingkungan buatan secara lengkap.

Pengertian Lingkungan Buatan

Pengertian lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat manusia untuk kepentingan manusia.

Definisi lingkungan hidup buatan adalah lingkungan yang sengaja dibentuk karena keinginan manusia.

Berikut beberapa contoh lingkungan buatan diantaranya bendungan, waduk, kebun buah, sawah, kolam, taman bunga dan lainnya.

Manfaat Lingkungan Buatan

Manfaat dan fungsi lingkungan buatan diantaranya yaitu:

Sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat

Lingkungan buatan dapat berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan jasmani dan rohani manusia.

Lingkungan buatan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan jasmani, yaitu dimana untuk dapat bertahan hidup, manusia membutuhkan air. Oleh karena itu, manusia membuat lingkungan buatan untuk menyediakan air apabila sumber air yang biasa digunakan mengalami kekeringan. Selain itu, lingkungan juga digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan rohani dimana lingkungan buatan apat dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga atau tempat menghilangkan kelellahan akibat aktivitas sehari-hari.

Sebagai Tempat Penyimpan Cadangan Air

Apabila terjadi kekeringan di lingkungan alam, maka sumber air buatan seperti bendungan atau waduk dapat dimanfaatkan airnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian Pencemaran Lingkungan

Sebagai Sarana Rekreasi

Lingkungan buatan dapat dijadikan sebagai tempat berwisata bagi pribadi atau keluarga. Apabila menyukai tempat yang menyatu dengan alam maka lingkungan buatan yang bisa dikunjungi untuk berekreasi diantaranya waduk, bendungan, danau, kebun buah atau tanam bunga. Tapi jika lebih menyukai keramaian, maka bisa memilih pusat perbelanjaan atau mall serta taman bermain untuk dikunjungi.

Sebagai Sarana Pendidikan

Lingkungan buatan seperti bendungan, waduk, kebun buah dan sebagainya dapat dijadikan tempat edukasi dimana pengunjung dapat mengetahui dengan suku lingkungan dan perawatan yang terjadi, tanaman/makhluk hidup apa saja yang berada di lingkungan itu.

Sebagai Sarana Penelitian dan Pengembangan.

Dengan adanya lingkungan buatan sepeti bendungan dan waduk, manusia bisa meneliti kandungan pada air yang ada disana dan mengembangkan penelitian apakah air yang ada di bendungan atau waduk itu layak untuk dikonsumsi sehari-hari atau tidak.

Sebagai Pembangkit Listrik

Air dari waduk dan bendungan yang ada dapat dijadikan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik yang bermanfat bagi kehidupan.

Sebagai Penunjang Perekonomian Masyarakat

Air dari lingkungan buatan seperti bendungan atau waduk dapat dijadikan sebagai sumber irigasi bagi sawah atau ladang bagi petani. Selain itu lingkungan buatan seperti taman bermain, tanam buah atau yang lainnya dapat memberikan keuntungan bagi para pedagang sebagai sumber penunjang ekonomi mereka.

Jenis Jenis Lingkungan Buatan

Berikut ini beberapa contoh jenis lingkungan buatan yang ada di sekeliling kita yang mungkin keberadaannya tak disadari diantaranya seperti:

  • Bendungan.
  • Waduk.
  • Kebun Buah.
  • Taman Bunga.
  • Taman Bermain
  • Pusat Perbelanjaan atau Mall.
  • Pasar.

Baca Juga : Pengertian Degradasi Lingkungan

Demikian artikel pembagasan tentang pengertian lingkungan hidup buatan, manfaat, jenis dan contoh lingkungan buatan secara lengkap. Semoga bermanfaat