Pengertian Pupil Mata : Fungsi dan Kelainan Pada Pupil Mata

Posted on

Fungsi Pupil Mata – Apa yang dimaksud dengan pupil? Apa arti pupil mata membesar? Apakah fungsi dari pupil mata? Apa perbedaan iris dan pupil pada mata? Apa fungsi dari pupil mata? Apakah fungsi iris dan pupil? Apakah pupil mata bisa membesar?

Baca Juga : Fungsi Mata

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi pupil mata mulai dari pengertian pupil, fungsi dan kelainan pada pupil secara lengkap.

Pengertian Pupil Mata

Pupil merupakan pembukaan ditengah mata. Pupil mata disebut juga dengan anak mata. Cahaya yang masuk melalui pupil mata akan diteruskan oleh lensa mata yang memusatkan bayangan ke retina. Letak pupil mata berada di belakang kornea mata bagian tengah.

Pupil adalah pusat daerah transparan berwarna hitam. Pupil pada bola mata manusia, dimana pupil menjadi tempat lewat cahaya ke dalam mata.

Ukuran pupil dikendalikan oleh otot. Jika membutuhkan banyak cahaya atau dalam kondisi gelap, maka ukuran pupil akan membesar dan apabila cahaya bertambah terang, maka ukuran pupil akan mengecil. Perubahan ukuran pupil tersebut terjadi secara refleks. Pupil mirip dengan pengatur cahaya pada kamera. Pupil bisa terlihat lebih jelas menggunakan mikroskop.

Tidak hanya menentukan intensitas cahaya yang masuk ke mata, ukuran pupil juga memfokuskan bayangan tepat di retina sehingga gambarannya lebih jelas dan tidak buram.

Fungsi Pupil Mata

Fungsi pupil adalah mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Ketika mendapatkan banyak cahaya, maka pupil akan mengecil secara otomatis sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak banyak. Sebaliknya, ketika mendapatkan sedikit cahaya maka pupil mata secara otomatis akan membesar sehingga cahaya yang masuk kedalam mata cukup banyak.

Fungsi pupil hampir sama dengan diafragma kamera atau alat pemotret. Bentuk pupil seperti celah bulat yang berada ditengah iris. Pupil membesar jika berada di ruangan yang gelap atau cahaya menurun sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata lebih banyak.

Disekitar pupil terdapat iris, yaitu bagian berwarna dari mata. Pada iris terdapat otot dilator dan sfinger sebagai pengontrol lebar pupil. Kedua jenis otot tersebut akan meluas dan mengkerut untuk memperluas atau menyusutkan lebar pupil. Cahaya yang masuk ke pupil melalui lensa dan berfokus pada bagian belakang mata. pupil mencakup kornea yaitu lapisan luar yang bening dari mata yang berfungsi sebagai pelindung pupil.

Baca Juga : Fungsi Kornea Mata

Setelah cahaya mencapai lensa, gambar fokus dan retina akan mengkonversi cahaya menjadi sinyal listrik lalu akan diartikan oleh saraf optik pada otak.

Pada sejumlah kondisi sangat berpengaruh pada jumlah cahaya yang dikumpulkan pupil. Abrasi kornea atau goresan pada bagian depan mata dapat menyebabkan sensitivitas cahaya.

Kelainan Pada Pupil Mata

Berikut ini sejumlah kelainan atau penyakit pada pupil mata, antara lain:

Pupil Mata Tidak Bereaksi Terhadap Cahaya

Pada dasarnya, pupil mata bereaksi terhadap cahaya dengan mengubah ukurannya yaitu membesarkan ukuran pupil saat berada ditempat gelap dan mengecil saat berada ditempat terang. Tapi pada kondisi kelainan maka pupil tak bereaksi pada cahaya. Penyebab salah satu pupil mata tak bereaksi pada cahaya biasanya yaitu adanya benturan langsung di wajah, cedera otak dan lain sebagainya. Sedangkan penyebab kedua pupil mata tak beraksi pada cahaya biasanya karena adanya trauma dan pendarahan otak.

Mata Tidak Berbentuk Bundar

Umumnya, bentuk pupil mata adalah bundar, namun terdapat pupil mata bisa berbentuk persegi panjang baik horizontal ataupun vertikal bahkan bulan sabit. Penyebab bentuk pupil mata tidak normal diantaranya cacat bawaan, sindrom, horner, trauma pada iris mata, yaitu peradangan pada uvea mata atau mengalami sakit parah; orang yang pernah menjalani operasi katarak dan menjadikan pupil mata tak berfungsi dengan normal.

Anisocoria

Pengertian anisocoria adalah kelainan pada pupil dimana ukuran pupil mata kanan dan kiri berbeda. Kelainan ini bisa disebabkan karena faktor keturunan yang bisa terjadi sejak lahir atau ada anggota keluarga yang mengalaminya maka ini bukan penyakit serius tapi jika tiba-tiba pupil mata tidak sama dan tidak dapat kembali ke ukuran semula maka kemungkinan itu menjadi indikasi penyakit mata, saraf maupun pembuluh darah.

Hyphema

Pengertian hyphema adalah kondisi yang diindikasikan dengan pendarahan diantara pupil dan kornea. Untuk mengobati hyphema dibutuhkan penanganan medis darurat dan operasi.

Miopi

Pengertian miopi atau rabun jauh adalah kondisi dimana pupil mencegah cahaya tidak fokus dengan benar dibagian belakang mata.

Baca Juga : Fungsi Hidung

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pupil, fungsi dan kelainan pada pupil secara lengkap. Semoga bermanfaat