Pengertian Otak Kanan : Fungsi, Struktur, Cara Kerja dan Cara Melatih Otak Kanan

Posted on

Fungsi Otak Kanan – Otak kanan fungsinya untuk apa? Apa itu dominan otak kanan? Apakah perbedaan otak kiri dan otak kanan? Bagaimana Cara Kerja Otak Kanan dan Otak Kiri? Apa fungsi otak kiri dan kanan? Apakah perbedaan kecerdasan otak kiri dan kanan? Bagaimana cara melatih otak kanan? Bagaimana cara menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi otak kanan mulai dari pengertian otak kanan, fungsi, struktur, cara kerja, cara melatih serta perbedaan kecerdasan otak kiri dan kanan secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi Otak Manusia

Pengertian Otak Kanan

Secara garis besar, otak manusia terbagi menjadi otak besar (cerebrum) dan otak kecil (cerebellum). Otak besar terbagi menjadi dua bagian utama yakni otak kanan dan otak kiri.

Dalam medis, otak kanan disebut right helisphere. Secara anatomi, letak otak kanan berada pada belahan kanan otak besar. Fungsi otak kanan adalah mengatur dan bertanggung jawab pada berbagai aktivitas dan kesehatan tubuh bagian kanan. Selain itu, otak kanan juga berfungsi mengatur segala aktivitas dan ekspresi yang berkaitan dengan emosi.

Fungsi Otak Kanan

Fungsi otak kanan, antara lain:

  • Berperan dalam perkembangan kecerdasan emosi atau EQ (emotional quotient) seperti pengendalian emosi dan sosialisasi.
  • Kemampuan berinteraksi dengan manusia lain, kemampuan merasakan dan memadukan serta intuitif.
  • Mengontrol ekspresi tubuh seperti melukis, menari dan menyanyi.
  • Mengerjakan tugas matematika mengenai estimasi dan perbandingan.
  • Membantu menggambarkan visual secara lengkap dan mengekspresikan apa yang dilihat.
  • Mengontrol otot bagian kiri tubuh.
  • Berperan dalam kemampuan berbahasa karena mempunyai kemampuan memori jangka panjang.
  • Berkaitan dengan berbagai hal yang memerlukan kreatifitas.
  • Bertanggung jawab atas kemampuan spasial seperti pengenalan wajah dan pengolahan musik.
  • Melakukan sejumlah fungsi matematika, namun hanya berupa perkiraan kasar dan perbandingan.

Struktur Otak Kanan

Otak kanan tersusun atas jutaan jaringan dan jutaan saraf yang membentuk seperti setengah lingkaran yang agak pipih dan mempunyai dua jenis sel yakni neuron dan glia.

Fungsi glia adalah menunjang dan melindungi neuron, sedangkan fungsi neuron adalah untuk membawa informasi. Glia dan neurin saling berkomunikasi dan mengirimkan berbagai bahan kimia ke semua bagian tubuh yang disebut neurotransmiter. Pada bagian dalam strukturnya ada bagian berwarna putih yang disebut basal nuclei yang fungsi untuk perencanaan dan pembelajaran yang bertanggung jawab memberi perintah pada sel tubuh lain.

Baca Juga : Pengertian Otak Besar

Cara Kerja Otak Kanan

Dalam otak kanan terdapat ribuan sel yang terbentuk sejak manusia dalam kandungan. Sel-sel pada otak kanan lebih cenderung memakai kreativitas untuk menyelesaikan masalah. Dimana sel-sel tersebut dapat berfikir sangat cepat, apabila otak kanan berhenti bekerja 1 detik saja maka semua bagian tubuh akan mengalami kerusakan.

Cara kerja otak kanan memakai kemampuan long term memory sehingga ketika melihat sebuah gambar atau yang lain maka akan terekam dan tersimpan lama dalam ingatan. Sebagai contoh, ketika melihat lukisan, maka lukisan tersebut tidak akan langsung dilupakan justru tekstur, bentuk, warna, gelap terang serta perkiraan seberapa besar dan maknanya bisa dibayangkan. Hal tersebut terjadi karena sistem kerja otak kanan yang mampu mengelola memori dalam jangka panjang.

Dengan adanya otak kanan, seseorang mampu bekerja dengan mengandalkan ingatan dan kreativitas yang dimiliki, hal tersebut yang bertanggung jawab dan mengarah ke berbagai fungsi otak kanan yang sangat memberikan pengaruh padakecerdasan emosi individu.

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

Perbedaan antara kedua otak ini diantaranya yaitu:

Seringkali, otak kanan lebih diidentikkan dengan kreativitas. Sedangkan, otak kiri diidentikkan kemampuan yang lebih dominan dalam bidang matematika atau hitungan atau matematika, sedangkan

Cara Melatih Otak Kanan

Cara mempertajam kemampuan otak kanan diantaranya yaitu:

  • Mengasah pengamatan dengan seksama. Luangkan waktu untuk melakukan pengamatan pada sejumlah peristiwa yang cukup menarik atau unik dengan detail atau seksama.
  • Memelihara kreativitas.
  • Mengasah seni yang dimiliki, seperti menggambar, melukis, menyanyi dan lain sebagainya
  • Berlatih seni lipat origami.

Orang dengan dominan otak kanan cenderung tidak menyukai pelajaran yang membuat otak berpikir keras seperti sains, kimia, fisika dan matematika. Mereka dengan dominan otak kanan lebih menyukai pelajaran yang tidak membuat otak berpikir keras seperti menyanyi, puisi, bahasa, seni dan lain sebagainya. Orang dominan otak kanan lebih menyukai pekerjaan di bidang public relation, seni, kreativitas dan sosial.

Baca Juga : Pengertian Otak Kecil

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian otak kanan, fungsi, struktur, cara melatih serta perbedaan kecerdasan otak kiri dan kanan secara lengkap. Semoga bermanfaat