Otak

Pengertian Otak : Struktur Anatomi Bagian, Fungsi dan Penyakit Pada Otak Manusia

Posted on

Fungsi Otak – Apa itu otak? Apa saja fungsi otak? Jelaskan bagian-bagian otak dan fungsinya! Apa peran dari masing-masing bagian otak?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian otak, struktur anatomi bagian, fungsi, gambar dan penyakit pada otak secara lengkap.

Baca Juga :  Fungsi  Sel Saraf

Pengertian Otak

Otak merupakan pusat sistem saraf pada vertebrata dan invertebrata lainnya. Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron.

Fungsi Otak

Berikut ini peran dan fungsi otak, antara lain:

  • Sebagai pusat regulasi untuk menjalankan berbagai aktivitas seperti kognisi, menyelesaikan masalah, merangsang kreativitas, merencanakan sesuatu, mengontrol perasaan, berbahasa secara umum, memberikan penilaian, dan lainnya.
  • Sebagai alat sensor terhadap berbagai perasaan, seperti tertekan, merespon sentuhan, tekanan, serta menghasilkan rasa sakit.
  • Sebagai alat penerjemah verbal sehingga bisa mendengar, menangkap serta mengartikan informasi dan bisa menangkap bahasa dalam bentuk suara.
  • Sebagai pusat dalam mengatur semua gerakan koordinasi antar otot tubuh dan pengaturan keseimbangan, sehingga seseorang bisa bergerak dan tidak terjatuh.
  • Sebagai pusat penerimaan informasi visual untuk diterjemahkan dalam bentuk penglihatan sesuai dengan bentuk aslinya.
  • Sebagai penerjemah visual manusia, seperti membesarkan atau mengecilkan pupil mata, menggerakkan bola mata, serta mengatur gerakan tubuh manusia.
  • Sebagai pengontrolan fungsi otomatis otak, seperti mengatur detak jantung, mengatur pernafasan, mengatur sirkulasi peredaran darah, dan mengatur sistem pencernaan.
  • Sebagai penjaga tubuh baik dalam keadaan tertidur maupun terjaga.
  • Menghasilkan perasaan, emosi, menciptakan rasa lapar, pengaturan produksi hormon, merangsang perasaan senang, menciptakan rasa haus, mengatur metabolisme tubuh, memelihara homeostasis, serta mengatur memori jangka panjang.

Struktur Otak

Otak manusia terbentuk dari dua sel yakni sel glia dan sel neuron. Pengertian sel glia adalah jenis sel untuk melindungi neuron, atau disebut juga sel pelapis neuron. Sedangkan sel neuron adalah sel saraf yang membawa informasi yang diperlukan tubuh ke otak. Neuron membawa informasi tersebut dalam bentuk potensial aksi.

Neuron satu dengan neuron lain saling berhubungan, neuron yang satu akan membawa informasi berupa potensial aksi ke neuron lainnya dengan membawa bahan kimia yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter dibawa dan dikirimkan melalui sinapsis. Manusia atau makhluk hidup lain memiliki ratusan hingga jutaan neuron yang saling terkait untuk membawa berbagai informasi ke otak.

Bagian-Bagian Otak

Anatomi otak terbagi menjadi beberapa bagian, diantara yaitu:

Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar merupakan bagian yang terbesar pada otak. Otak besar adalah bagian yang membedakan antara otak manusia dengan otak hewan. Dengan otak besar, manusia bisa berpikir, mengendalikan pikiran, berbicara dan mengingat. Kecerdasan seseorang juga diukur berdasarkan kemampuan otak besar. Otak besar tersusun atas beberapa bagian, diantaranya:

Baca Juga : Pengertian Akson

Lobus Frontal

Merupakan bagian otak besar yang terdapat dibagian depan. Lobus frontal berhubungan dengan perilaku manusia, seperti kemampuan bergerak, kognitif, perencanaan, penyelesaian masalah, kreativitas, pusat kontrol perasaan, seks, dan kemampuan berbahasa.

Lobus Parietal

Merupakan bagian otak besar yang terdapat ditengah. Lobus Parietal berhubungan dengan proses sensorik tubuh seperti tekanan, sentuhan, rabaan dan lainnya.

Lobus Occipital

Merupakan bagian otak besar yang terdapat pada bagian belakang. Lobus ini berhubungan dengan fungsi penglihatan (visual) manusia, sehingga tubuh mampu membedakan berbagai hal yang nampak mata.

Lobus Temporal

Merupakan bagian otak besar yang terdapat dibagian samping kiri dan kanan otak. Lobus temporal berhubungan dengan suara (verbal) manusia, sehingga manusia bisa berbicara dan membedakan berbagai bahasa.

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil adalah bagian otak yang berada di bawah lobus occipital otak besar, tepatnya berasa pada bagian belakang kepala, otak kecil ini berhubungan dengan leher bagian atas. Fungsi otak kecil adalah mengontrol gerakan, mengontrol gerak koordinasi antar otot, mengatur keseimbangan tubuh, mengatur sikap dan posisi tubuh. Sehingga, gerakan tak terkoordinasi dengan dan tak bisa mengontrol fungsi otot apabila tidak ada otak kecil.

Batang Otak (Brainsteam)

Batang otak berada pada leher bagian atas dan memanjang hingga ke sumsum tulang belakang. Fungsi batang otak adalah mengatur fungsi dasar manusia, seperti proses pernapasan, proses denyut jantung, serta proses kerja ginjal, dan hal vital lainnya bagi manusia. Bagian-bagian batang otak, diantaranya

Otak Tengah (Mesencephalon)

Otak tengah merupakan bagian batang otak yang menghubungkan antara otak besar dan otak kecil. Otak tengah berhubungan dengan proses penglihatan manusia.

Medulla Oblongata

Medulla oblongata merupakan titik awal dimulainya saraf yang akan menuju ke tulang belakang hingga ke seluruh tubuh. Medulla oblongata berhubungan dengan pengontrolan fungsi otomatis organ manusia.

Pons

Pons otak merupakan bagian batang otak yang terletak dibawah medulla oblongata. Fungsi pons otak adalah mengatur dan meneruskan berbagai informasi ke bagian otak yang lain.

Sistem Limbik

Pengertian sistem limbik adalah bagian otak yang terletak ditengah otak. Komponen sistem limbik diantaranya hipotalamus, thalamus, amigdala, korteks limbik dan hippocampus.

Sistem limbik berhubungan dengan alam sadar manusia seperti pusat emosi, pusat data, pusat haus, pusat lapar, pusat dorongan seks, dan lain sebagainya. LeDoux mengartikan sistem limbik sebagai wadah duduk berbagai nafsu manusia, penghargaan, kejujuran, dan tempat bermuara cinta dan benci.

Baca Juga : Pengertian Sinapsis

Penyakit dan Infeksi Pada Otak

Berikut ini beberapa penyakit dan infeksi pada otak diantaranya yi

Tumor Otak

Tumor otak merupakan setiap pertumbuhan jaringan abnormal pada otak baik jinak maupun ganas (kanker) yang berakibat terhadap tekanan intrakraial dan bisa mendorong posisi normal otak.

Glioblastoma

Gioblastoma merupakan jenis kanker otak agresif dimana pertumbuhannya sangat cepat dan umumnya sulit untuk disembuhkan.

Hidrosefalus

Hidrosefalus merupakan kondisi dimana cairan serebrospinal dalam tengkorak meningkat secara abnormal, hal tersebut disebabkan cairan tersebut tak mengalir dengan benar.

Hidrosefalus Tekanan Normal

Hidrosefalus tekanan normal adalah jenis hidrosefalus yang kerapkali menyebabkan masalah aliran cairan serebrospinal. Kondisi ini biasanya dibarengi penyakit lain seperti inkontinensia urin dan demensia. Walaupun cairan dalam otak mengalami peningkatan tapi tekanan dalam otak tetap normal.

Psedotumor cerebri

Psedotumor cerebri atau tumor otak palsu adalah kondisi dimana tekanan dalam tengkorak meningkat tanpa sebab. Gejala umum kondisi ini diantaranya terjadi mual, pusing, sakit kepala hingga perubahan pandangan.

Epilepsi

Epilepsi merupakan kondisi yang ditandai dengan adanya kejang pada otak secara berulang akibat aktivitas listrik abnormal dan berlebihan. Penyebab epilepsi diantaranya stroke, infeksi otak dan cedera kepala.

Abses Otak

Abses otak adalah kondisi dimana terdapat kantong infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengobati kondisi ini bisa diberikan antibiotik atau bedah pada daerah yang sakit.

Ensefalitis

Ensefalitis merupakan peradangan pada jaringan otak yang disebabkan karena infeksi virus. Seringkali meningitis dan ensefalitis terjadi bersamaan dan disebut dengan meningoencephalitis.

Meningitis

Meningitis merupakan peradangan pada selaput otak atau sumsum tulang belakang dan penyebab umum meningitis adalah infeksi. Gejala umum meningitis diantaranya kebingungan, demam, sakit kepala dan leher kaku.

Gegar Otak

Gegar otak merupakan cedera pada otak yang menyebabkan fungsi otak mengalami gangguan sementara dan seringkali dibarengi dengan kebingungan dan ketidaksadaran diri.

Stroke

Stroke adalah kondisi dimana aliran darah dan oksigen ke jaringan otak mengalami gangguan secara tiba-tiba.

Baca Juga : Pengertian Dendrit

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian otak, struktur anatomi bagian, fungsi, gambar dan penyakit pada otak secara lengkap. Semoga bermanfaat