Pengertian Talkshow : Ciri, Tujuan, Konsep dan Contoh Talkshow (Gelar Wicara)

Posted on

Pengertian Talk show – Apa yang dimaksud dengan talkshow? Apa saja ciri ciri talkshow? Sebutkan contoh talkshow di Indonesia!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian talkshow, ciri, tujuan, konsep dan contoh talkshow secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Seminar

Pengertian Talkshow

Secara etimologi, talkshow berasal dari bahasa Inggris yaitu talk yang artinya pembicaraan dan show yang artinya pertunjukan. Dalam bahasa Indonesia, talkshow disebut dengan Tayang Bincang atau Gelar Wicara.

Pengertian talkshow adalah salah satu jenis acara televisi ataupun radio yang berupa diskusi atau perbincangan antara host (pemandu acara) dengan seorang atau sekelompok orang tamu yang membahas suatu topik tertentu.

Talkshow juga diartikan sebagai salah satu bentuk pertunjukan berisi perbincangan sejumlah orang yang termuat dalam media elektronik seperti televisi, radio maupun dalam bentuk audiovisual di youtube.

Tidak hanya disiarkan secara langsung (on air), talkshow juga disiarkan tak langsung (off air) dalam bentuk debat, diskusi, sarasehan atau seminar dalam aula atau hotel.

Pengertian Talkshow Menurut Para Ahli

Farlex (2005)

Definisi talkshow adalah Sebuah acara televisi atau radio di mana orang-orang mencatat, seperti kita otoritas pada khususnya lapangan, berpartisipasi dalam diskusi atau diwawancarai dan sering menjawab pertanyaan dari penonton.

Morissan (2008:28)

Pengertian talkshow atau perbincangan adalah program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membicarakan suatu topik tertentu yang dibawakan oleh host.

Baca Juga : Pengertian Diskusi

Ciri Ciri Talkshow

Adapun ciri atau karakteristik talk show diantaranya yaitu:

  • Memakai percakapan sederhana dengan bahasa yang universal.
  • Topik, isu atau tema yang diangkat sangat penting atau dianggap
    penting untuk diketahui masyarakat umum atau setidaknya menarik bagi penonton
  • Wacana yang diketengahkan berupa topik yang sedang hangat berkembang dalam masyarakat.

Tujuan Talkshow

Adapun tujuan talkshow diantaranya yaitu:

  • Untuk memastikan fakta dari topik yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat melalui pertanyaan yang diberikan pembawa acara pada narasumber.
  • Untuk memperoleh opini atau pendapat yang representatif dari narasumber yang memang ahli dalam topik yang diangkat.
  • Untuk mengulik sudut pandang dari narasumber tentang isu yang dibicarakan.

Konsep Talkshow

Pada hakikatnya, talkshow menyajikan hiburan bagi khalayak juga pengetahuan dan pemahaman informasi bagi mereka akan kebenaran dari topik atau isu yang sedang beredar atau hangat dibicarakan.

Semua hal yang menyangkut topik dari narasumber harus diperhatikan mulai dari karakter, gesturm diksi, intonasi dan nada bicara narasumber. Narasumber harus bisa memilih diksi saat berbicara agar para penonton atau pendengar tak salah mengartikan maksud dari pembicaraan narasumber.

Contoh Talkshow di Indonesia

Berikut ini beberapa program talkshow di Indonesia, diantaranya yaitu:

Mata Najwa

Program talkshow yang dibawakan oleh Najwa Shihab ini seringkali mengangkat isu yang sedang hangat dibicarakan netizen. Sosok Najwa yang berani dan lugas memberikan pertanyaan pada para narasumber yang fenomenal menjadi daya pikat dari talkshow ini.

I’m Possible

Talkshow yang dibawakan motivator juga pebisnis Merry Riana ini menyajikan inpirasi dan motivasi hidup terutama dalam bidang bisnis, yang menjadikan daya tarik tersendiri.

Baca Juga : Pengertian Debat

Kick Andy

Program talkshow yang dibawakan Andi F. Noya ini merupakan talkshow yang kebanyakan menghadirkan narasumber yang menginspirasi akan temuannya atau narasumber yang memiliki kontribusi positif dalam masyarakat.

Ini Talkshow

Dengan dipandu oleh dua komedian yakni Sule dan Andre Taulany, talkshow ini tak terlalu serius karna banyak diselipkan komedi sehingga menghibur para penontonnya.

Hitam Putih

Acara talkshow yang ng dibawakan Deddy Corbuzier merupakan program yang sering mengundang narasumber yang menginspirasi, terkadang juga dibeberapa segmen diselipkan komedi agar suasana menjadi hidup.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian talkshow, ciri, tujuan, konsep dan contoh talkshow secara lengkap. Semoga bermanfaat