Kesenjangan Sosial

Pengertian Kesenjangan Sosial : Faktor Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Posted on

Pengertian Kesenjangan Sosial – Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial? Apa itu kesenjangan sosial? Apa pengertian dari kesenjangan? Apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial dan contohnya? Apa sajakah yang menyebabkan kesenjangan sosial? Sebutkan dalam bidang apa saja terjadi kesenjangan sosial?

Baca Juga : Pengertian Ketimpangan Sosial

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli, faktor penyebab, dampak, contoh dan cara mengatasi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat secara lengkap.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Pengertian kesenjangan sosial adalah kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan sosial atau ketimpangan sosial dalam masyarakat yang menjadikan adanya perbedaan yang kontras diantara masyarakat. Kesenjangan sosial sangat erat hubungannya dengan aspek ekonomi. Kesenjangan sosial dapat disebabkan oleh faktor kemiskinan dam kurang tersedianya lapangan kerja.

Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam suatu status atau kelompok masyarakat. Kesenjangan sosial dapat dilihat dari tidak samanya proporsi barang atau jasa, imbalan, kekayaan, kesempatan dan hukuman yang didapatkan antar masyarakat. Sebagai contoh, kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat suriah dan golongan lainnya adalah bentuk pemerintahan yang maju.

Kesenjangan ekonomi adalah terjadinya ketimpangan dalam distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

Kesenjangan sosial ekonomi adalah suatu gejala yang muncul dalam masyarakat karena adanya perbedaan kemampuan finansial dan lainnya antara masyarakat yang hidup di suatu wilayah tertentu. Kesenjangan sosial ekonomi merupakan suatu keadaaan yang tidak seimbang dibidang sosial dan ekonomi dalam masyarakat. Terjadinya kesenjangan ekonomi sosial tersebut dapat disebabkan karena kurangnya kesempatan masyarakat untuk memperoleh sumber pendapatan, kesempatan kerja dan berpartisipasi dalam pembangunan. Kesenjangan sosial ekonomi yang terlalu tinggi mendorong timbulnya disintegrasi masyarakat atau disintergrasi antar kelompok, kriminalitas juga penindasan.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Emile Durkheim

Kesenjangan sosial adalah perbedaan antara fungsi dalam struktur sosial yang tidak bisa hindari.

Soerjono Soekanto

Kesenjangan sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur budaya atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Badruzaman Century (2009:284)

Kesenjangan sosial adalah ketidakseimbangan sosial dalam masyarakat yang membuat perbedaan yang sangat jelas atau suatu situasi yang bisa diartikan sebagai kondisi dimana orang kaya mengambil posisi yang lebih tinggi dan lebih kuat dibanding orang miskin.

Max Weber

Teoritis tindakan sosial akan menilai kesenjangan sosial berdasarkan perbedaan Kesenjangan setiap individu yang diekspresikan dalam sistem perilaku dan tindakan.

Robert Chambers

Kesenjangan sosial adalah semua gejala yang muncul dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan lainnya diantara masyarakat yang hidup di wilayah tertentu.

KBBI

Kesenjangan sosial adalah sejumlah ketidakseimbangan, perbedaan, pemisah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Geografi Sosial

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial, diantaranya:

Perbedaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam berkaitan erat dengan tingkat perekonomian suatu daerah. Apabila dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, maka laju perekonomian suatu daerah akan meningkat dan sebaliknya, tingkat perekonomian suatu daerah rendah apabila masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam masyarakat. Contohnya kebijakan mengenai program transmigrasi. Ketika warga pendatang lebih cepat maju dibandingkan warga asli, maka ketimpangan sosial dapat terjadi. Ketimpangan tersebut terjadi karena ada ketidaksetaraan antara dua kelompok yang seharusnya dapat berkembang bersama.

Pengaruh Globalisasi

Masyarakat yang bisa dengan tepat menyikapi globalisasi akan mampu memanfaatkan globalisasi untuk mencapai kemajuan. Sedangkan, masyarakat yang tidak dapat memanfaatkan globalisasi dengan tepat tidak akan mampu berkembang bahkan mengalami ketertinggalan.

Faktor Demografis

Kondisi Demografis menunjukkan tingkat pertumbuhan dan struktur kependudukan, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, perbedaan kondisi ketenaga kerjaan, serta semua hal yang berhubungan dengan penduduk. Perbedaan kondisi demografis suatu daerah bisa menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial karena perbedaan produktivitas kerja masyarakat setiap daerah.

Letak dan Kondisi Geografis

Letak dan kondisi geografis Indonesia mempengaruhi tingkat pembangunan masyarakatnya. Umumnya, masyarakat yang tinggal di dataran rendah lebih mudah membangun berbagai infrastruktur, sedangkan masyarakat yang tinggal dataran tinggi perlu waktu dan proses panjang dalam pembangunan karena terkendala kondisi alam yang menanjak dan tidak merata.

Selain itu, ada juga faktor lain penyebab kesenjangan sosial, diantaranya:

  • Menurunnya pendapatan per kapita.
  • Ketidakmerataan pembangunan antar daerah.
  • Rendahnya mobilitas sosial.
  • Pencemaran Lingkungan Alam.

Dampak Kesenjangan Sosial

Adapun dampak positif kesenjangan sosial, diantaranya yaitu:

  • Menghilangkan kondisi pemicu stres.
  • Merileksasikan jiwa dan raga.
  • Mempercepat proses aktivitas manusia.
  • Terjadi pemerataan pembagian kerja.

Sedangkan dampak negatif kesenjangan sosial, diantaranya yaitu:

  • Menumbuhkan sifat malas.
  • Ketidakpuasaan terhadap sesuatu.
  • Mudah putus asa yang menghambat mobilitas kerja.
  • Timbulnya Kecemburuan sosial.
  • Banyak terjadi tindak kriminalitas.

Baca Juga : Pengertian Kontak Sosial

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini beberapa contoh kesenjangan sosial dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  • Koruptor yang memakan uang rakyat hingga milyaran rupiah hanya ditahan selama 3 tahun sedangkan orang yang maling ayam dapat ditahan hingga bertahun-tahun.
  • Tidak adanya fasilitas transportasi yang cukup layak untuk penderita cacat.
  • Orang yang berpenampilan dengan pakaian mahal dan bagus diperlakukan dengan sangat baik oleh pelayan berbeda dengan orang yang berpenampilan biasa saja.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Solusi yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi kesenjangan sosial ekonomi, diantaranya yaitu:

  • Memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak baik kaya maupun miskin.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Melakukan pemerataan pembangunan di semua daerah.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli, faktor penyebab, dampak, contoh dan cara mengatasi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat secara lengkap. Semoga bermanfaat