Pengertian Geografi Sosial : Ciri, Unsur, Konsep dan Kajian Geografi Sosial

Posted on

Pengertian Geografi Sosial – Apa yang dimaksud dengan geografi sosial? Apa itu geografi sosial? Bagaimana konsep geografi sosial? Apa saja unsur dari geografi sosial?

Baca Juga : Pengertian Kontak Sosial

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian geografi sosial menurut para ahli, ciri, unsur, konsep dan kajian geografi sosial secara lengkap.

Pengertian Geografi Sosial

Geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain atau kelompok manusia yang berada disekitarnya. Dimana yang dimaksudkan yaitu manusia yang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder tentu akan memanfaatkan lingkungan disekitarnya.

Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli

Watson (1957)

Geografi Sosial adalah suatu identifikasi daerah atau region yang berdasarkan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkungan secara keseluruhan.

Phal (1965)

Geografi Sosial adalah studi tentang pola dan proses sosial penduduk dalam ruang tertentu.

Buttimer (1968)

Geografi Sosial adalah studi pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktur internal dan eksternal dari kegiatan penduduk beserta berbagai jalur komunikasinya.

Bintarto (1968)

Geografi Sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dengan keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan.

Eyless (1974)

Geografi sosial sebagai analisis pola dan proses sosial yang timbul dari persebaran dan keterjangkauan sumber daya yang langka.

Berorientasi pada masalah, atau dengan kata lain geografi sosial harus menangani hasil keruangan sosialdari kelangkaan dan persebaran tak wajar daripada sumber daya yang dapat dimanfaat

Jones (1975)

Geografi Sosial adalah ilmu yang bertugas mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.

Nursid Sumaadmadja (1981)

Geografi sosial adalah cabang geografi manusia yang bidang studinya aspek keruangan yang karakterisik dari penduduk, organisasi, organisasi sosial, dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatan.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Gregory & Urry (1985)

Geografi sosial memperhatikan analisa spatial dalam menganalisa permasalah sosial, memperhatikan pentingnya ruang sebagai tempat kehidupan dan interaksi sosial, struktur sosial dan relasi sosial.

Harvey (1989) & Soja (1989)

Geografi sosial sebagai ilmu memperhatikan aspek ruang dalam teori sosial. Kajian tersebut menjadi ciri studi geografi modernism dan postmodernism.

Johnston et al. (2000)

Geografi sosial sebagai studi mengenai relasi sosial dan struktur keruangan. Kajian tersebut menempatkan manusia sebagai pokok kajian mencakup aspek kependudukan, ekonomi, politik dan sosial budaya.

Ciri-Ciri Geografi Sosial

Geografi sosial berhubungan erat dengan geografi manusia yang dikenalkan pada awal abad ke-20 di Mahzab Prancis. Paul Vidal De Lablace menekankan pentingnya hubungan manusia dengan alam. Ciri atau karakteristik geografi sosial, diantaranya yaitu:

  • Kepribadian daerah merupakan hasil cara masyarakat mengeksploitasi sumber daya alam.
  • Masyarakat bereaksi terhadap habitatnya.
  • Manusia mengorganisasi dirinya sendiri dan berinteraksi dengan sesamanya.

Unsur-Unsur Geografi Sosial

Unsur geografi sosial, diantaranya yaitu:

  • Manusia, baik dalam wujud masyarakat atau komunitas.
  • Lingkungan Alam, meliputi topografi, iklim, tanah dan lain sebagainya.

Konsep Geografi Sosial

Ada 3 (tiga) konsep geografi sosial, diantaranya:

Ruang

Secara geografis, ruang adalah keseluruhan permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup makhluk hidup baik manusia, hewan, tumbuhan juga organisme lainnya.

Makna ruang dalam geografi sosial, yakni:

  • Tempat/wadah dari benda atau perilaku.
  • Tempat yang bisa digunakan untuk kegiatan usaha.
  • Hal yang bisa diatur dan dimanfaatkan oleh dan untuk manusia.

Proses

Proses adalah tindakan manusia dalam beradaptasi dan memanfaatkan lingkungan. Ada dua proses yakni proses bersifat makro dan proses bersifat mikro.

Proses sosial yang bersifat mikro adalah proses yang menekankan pada kegiatan individu dan kelompok masyarakat, contohnya perpindahan rumah seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan proses makro adalah proses yang menekankan pada masyarakat secara umum, contohnya terjadinya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Konflik Sosial

Pola

Pola merupakan proses yang terjadi berulang-ulang, dalam hal ini pola kehidupan dan penghidupan yang berbeda antara suatu tempat dengan tempat lainnya yang mencerminkan perbedaan sifat daerah dan penduduknya sehingga akan terwujud bentang sosial yang berbeda. Bentang sosial adalah sekelompok atau beberapa kelompok pendudukyang hidup dalam suatu wilayah dan memiliki gagasan yang sama pada lingkungannya.

Kajian Geografi Sosial

Kajian dalam geografi sosial bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dibidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Selain itu, geografi sosial digunakan sebagai sarana mengelola sumber daya dan lingkungan. Hal tersebut bisa menciptakan kegiatan manusia yang lebih produktif diberbagai bidang.

Sederhananya, geografi sosial adalah studi dan analisa geografi yang mencakup analisa gejala manusia dengan gejala alam juga analisa penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam suatu ruang kajian. Berikut sejumlah contoh kajian geografi dalam ruang lingkup geografi sosial diantaranya kepadatan penduduk berdasarkan tingginya dari permukaan laut.

Cabang Ilmu Geografi Sosial

Ilmu geografi berhubungan dengan beragam aspek kehidupan sosial. Berikut ini hubungan antara geografi sosial dan ilmu sosial lainnya.

Geografi Manusia

Geografi manusia merupakan bidang interdisipliner yang memadukan pendekatan akademik geografi dengan bahan tradisional ilmu sosial, sehingga menekankan masalah kependudukan seperti urbanisasi, pariwisata dan lainnya.

Geografi Politik

Geografi politik merupakan cabang geografu manusia yang berhubungan dengan studi yang tak merata baik secara spasial hasil politik proses juga cara proses politik tersebut dipengaruhi oleh struktur spasial.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi merupakan studi mengenai, lokasi, penyaluran (distribusi) dan organisasi spasial dari kegiatan ekonomi seluruh dunia.

Selain itu, ada beberapa cabang geografi sosial lainnya, diantaranya:

  • Geografi Pariwisata
  • Geografi Budaya
  • Geografi Sejarah
  • Geografi Kota
  • Geografi Pembangunan
  • Geografi Transportasi
  • Demografi

Baca Juga :  Pengertian Status Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian geografi sosial menurut para ahli, ciri, unsur, konsep dan kajian geografi sosial secara lengkap. Semoga bermanfaat