Pengertian Advokasi : Tujuan, Fungsi, Jenis Langkah-Langkah dan Contoh Advokasi

Posted on

Pengertian Advokasi dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan Advokasi? Apa tujuan advokasi? Apa fungsi advokasi? Apa yang dimaksud dengan Advokasi Sosial? Apa itu advokasi dalam organisasi? Langkah langkah dalam melakukan advokasi? Apa itu advokasi kebijakan publik? Siapa saja pelaku advokasi?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian advokasi menurut para ahli, tujuan, jenis dan langkah-langkah advokasi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Arbitrase

Pengertian Advokasi

Advokasi (advocacy) adalah suatu bentuk tindakan yang mengarah pada pembelaan, memberi dukungan, atau rekomendasi berupa dukungan aktif.

Advokasi juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk upaya untuk mempengaruhi kebijakan publik dengan melakukan berbagai macam pola komunikasi yang persuasif.

Kata advokasi sering dikaitkan dengan lembaga bantuan hukum yang didalamnya melibatkan advokat, yaitu ahli hukum yang berwenang untuk melakukan advokasi atau biasa disebut dengan pengacara.

Advokasi merupakan aksi yang strategis dan terpadu yang dilakukan perorangan atau kelompok untuk memasukkan suatu masalah ke dalam agenda kebijakan. Pada akhirnya advokasi bertujuan untuk mengupayakan solusi bagi suatu masalah melalui penegakan dan penerapan kebijakan publik untuk mengatasi masalah tersebut.

Secara sempit, definisi advokasi adalah kegiatan pembelaan hukum atau litigasi yang dilakukan oleh pengacara dan merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan praktek beracara di pengadilan.

Advokasi ialah kegiatan individu atau kelompok dengan tujuan mempengaruhi keputusan dalam lembaga sosial, politik dan ekonomi.

Advokasi melibatkan berbagai strategi yang ditujukan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan baik di tingkat lokal, nasional maupun di tingkat internasional.

Pelaku advokasi adalah siapa saja yang peduli terhadap upaya kesehatan dan memandang perlunya relasi untuk mendukung upaya tersebut. Pelaku advokasi bisa berasal dari kalangan pemerintah, swasta, perguruan tinggi, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan tokoh berpengaruh.

Sasaran advokasi hanya ditujukan pada kebijakan publik dengan asumsi bahwa perubahan yang terjadi pada suatu kebijakan tertentu akan berdampak positif atau setidaknya menjadi awal perubahan yang lebih besar.

Advokasi dan lobbying merupakan hal yang saling berkaitan sebab tanpa adanya lobbying maka advokasi tak akan berjalan sesuai rencana. Lobbying sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mempengaruhi pihak tertentu dengan tujuan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pengertian advokasi yang lainnya yaitu:

  • Pengertian advokasi dalam organisasi adalah membangun organisasi demokratis yang kuat untuk membuat penguasa bertanggung jawab terhadap hal yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan dan pengertian rakyat mengenai bagaimana kinerja dari kekuasaan tersebut.
  • Pengertian advokasi sosial adalah suatu usaha yang sistematik dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan perubahan, dengan mendukung dan membela kaum lemah atau mereka yang menjadi korban dari suatu kebijakan dan ketidakadilan.
  • Pengertian advokasi gizi adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan pembelaan, bantuan atau dukungan hukum terhadap program kesehatan khususnya pecegahan masalah gizi.

Pengertian Advokasi Menurut Para Ahli

Zastrow (1982)

Advokasi adalah aktivitas memberikan pertolongan terhadap klien untuk mencapai layanan (service) yang mereka telah ditolak sebelumnya dan memberikan ekspansi terdapap layanan tersebut agar banyak orang yang terwadahi.

John Hopkins (1990)

Advokasi adalah usaha untuk mempengaruhi kebijakan melalui bermacam-macam bentuk komunikasi persuasif dengan menggunakan informasi yang akurat dan tepat.

Kaminski dan Walmsley (1995)

Advokasi adalah suatu pekerjaan yang memberikan petunjuk atas keunggulan pekerjaan sosial dibandingkan profesi yang lain.

Sheila Espine Vilaluz

Advokasi adalah aksi strategis dan terpadu yang dilakukan oleh indivudu maupun kelompok untuk memberi masukan isu ataupun masalh kedalam rancangan dan rencana kebijakan. Serta advokasi dapat berarti membangun suatu basis pendukung terhadap kebijakan publik yang diambil guna menyelesaikan persoalan yang ada.

Scheneider

Advokasi tidak lengkap tanpa tercapainya kriteria kejelasan (clarify), measurable (dapat diukur), dapat dibatasi (limited), tindakan terarah (action-oriented), fokus terhadap aktivitas.

Baca Juga : Pengertian Mediasi

Webster Encyclopedia

Advokasi adalah Act of pleading for supporting or recomending active espousal atau tindakan pembelaan, dukungan atau rekomendasi.

Mansour Faqih, Alm., dkk

Advokasi adalah usaha sistematis dan terorganisir untuk mempengaruhi dan mendesakkan terjadinya perubahan dalam kebijakan publik secara bertahap-maju (incremental).

Tujuan dan Fungsi Advokasi

Secara umum, tujuan advokasi adalah untuk menyelesaikan sengketa antar orang maupun antar kelompok. Sehingga kegiatan advokasi sangat berkaitan dengan hukum. Advokasi berfungsi sebagai alat ampuh mencari keadilan.

Advokasi dapat muncul di berbagai tingkatan mulai dari lokal, nasional hingga internasional dengan beragam isu yang berkaitan dengan advokasi juga bertujuan penting untuk memperjuangkan solusi dari masalah yang sedang terjadi.

Kesadaran masyarakat mengenai advokasi dan serangkaian hukum didalamnya dapat membantu mengatasi masalah serius yang ada di lingkungan masyarakat.

Peranan advokasi dalam pemberdayaan masyarakat sebagai analisis kebijakan yaitu melakukan reformasi sosial diwujudkan dengan mengidentifikasi masalah dan kebutuhan masyarakat, mengevaluasi respon pemerintah terhadap permaslahan yang ada, mengajukan opsi/pilihan dan memantau penerapan kebijakan. Sehingganya tujuan pemberdayaan masyarakat yaitu menjadikan masyarakat lebih berdaya, mempunyai kekuasaan, pengetahuan, juga kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik lagi.

Jenis Jenis Advokasi

Advokasi yang dikaitkan dengan berbagai masalah dikategorikan menjadi 3 (tiga), diantaranya:

Advokasi Diri

Advokasi diri adalah aplikasi yang dilakukan pada skala lokal dan dalam lingkup kecil. Sebagai contoh saat ada mahasiswa yang mendapatkan skorsing oleh pihak Universitas tanpa adanya kejelasan. Sehingga dalam hal ini advokasi berperan untuk mencari kejelasan dan klarifikasi pada pihak Universitas terkait masalah tersebut.

Advokasi Kasus

Advokasi kasus adalah advokasi yang dilakukan sebagai proses pendampingan terhadap seseorang atau kelompok masyarakat tertentu yang belum memiliki kemampuan untuk membela diri sendiri maupun membela kelompoknya.

Advokasi Hukum

Advokasi hukum adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh lembaga atau ahli hukum dalam untuk konsultasi, mediasi, negosiasi dan juga pendampingan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar pengadilan dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang berdimensi hukum.

Langkah-Langkah Advokasi

Advokasi harus direncanakan dengan matang dan sistematis agar tujuan advokasi bisa menarik perhatian masyarakat maupun media masa yang diharapkan menjadi suatu dukungan. Berikut ini langkah-langkah dasar melakukan advokasi, diantaranya yaitu:

Menentukan Isu Strategi Suatu Masalah

Suatu advokasi harus memiliki fokus masalah yang jelas. Misalnya masalah kesejahteraan petani dimana serikat tani di sebuah desa menuntut pemerintah untuk menurunkan harga pupuk, karena harga pupuk yang tinggi membuat para petani hanya mampu membeli sedikit pupuk dan berakibat tanaman tak tumbuh subur.

Mengumpulkan Data

Data menjadi hal penting karena sebagai bukti nyata. Data yang dikumpulkan harus menunjunjukan perbandingan angka tahun ke tahun. Misalnya, serikat tani menunjukan data harga pupuk dalam lima tahun terakhir yang terus mengalami kenaikan harga. Selain itu, tunjukan pula data penggunaan pupuk petani selama 5 tahun terakhir.

Membentuk Aliansi dengan Organisasi Berkepentingan Sama

Dengan pembentukan sekutu atau aliansi yang merupakan elemen advokasi akan menambah sumber daya massa, dengan jumlah massa yang besar akan membuat media tertarik meliput. Selain itu, dengan banyaknya jumlah massa setidaknya akan membuat lawan menjadi gentar.

Melemparkan Isu dan Kampanye Massa

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melempar isu ke masyarakat diantaranya membuat press confrence di media massa dan menyebarkan selembaran berisi tuntutan advokasi.

Melakukan Lobi dan Pendekatan dengan Pengambilan Keputusan

Melobi dan membangun komunikasi yang bersifat politis dengan para pengambil keputusan di pemerintahan atau perusahaan diharapkan mengubah kebijakan yang akhirnya tujuan advokasi bisa tercapai.

Baca Juga : Pengertian Ajudikasi

Melakukan Komunikasi yang Baik dengan Media Massa

Media massa menjadi kunci utama advokasi untuk memberikan informasi secara mendetail pada masyarakat, sehingga perlu untuk menjaga komunikasi yang baik dengan media massa.

Demonstrasi

Ini menjadi langkah terakhir advokasi jika tidak bisa mengubah kebijakan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan besarnya kekuatan massa maka media tidak akan segan meliput aksi dan secara tidak langsung akan membuat pengambil keputusan menjadi sedikit gentar.

Melakukan Evaluasi

Berhasil atau tidaknya advokasi merubah suatu kebijakan tetap perlu melakukan evaluasi. Apabila gagal, maka evaluasi yang dilakukan adalah untuk menentukan langkah lain yang akan dilakukan untuk merubah kebijakan. Apabila berhasil, evaluasi dilakukan untuk menjaga suhu kemenangan.

Singkatnya, langkah-langkah advokasi kebijakan publik secara umum, yaitu:

  • Agenda setting.
  • Perumusan kebijakan.
  • Implementasi kebijakan.
  • Monitoring dan evaluasi kebijakan.

Menurut Sharma (2004: 18-20), langkah yang dapat dilakukan oleh para pihak khusunya masyarakat dalam melakukan kegiatan dan agenda advokasi, diantaranya:

  • Mencari akar permasalahan.
  • Merumuskan dan memilih jalan keluar.
  • Membangun kesadaran.
  • Tindakan kebijakan.
  • Penilaian.

Contoh Advokasi

Salah satu contoh kegiatan advokasi untuk mencapai perubahan adalah membantu mengatasi kemiskinan global. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemiskinan tersebut dalam bentuk advokasi perubahan, diantaranya:

  • Mendidik orang di kampus atau tempat kerja tentang kemiskinan global dengan mengarahkan mereka ke laporan langsung mengenai masalah yang dihadapi orang-orang yang tinggal di negara miskin atau bisa melalui film dokumenter tentang kemiskinan.
  • Menghubungi dan mendorong para pejabat terpilih untuk ikut mengatasi kemiskinan global.
  • Menjadi sukarelawan untuk membantu mengatasi kemiskinan global baik melalui kelompok lokal atau organisasi sosial bantuan di luar negeri.

Baca Juga : Pengertian Konflik Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian advokasi menurut para ahli, tujuan, jenis dan langkah-langkah advokasi secara lengkap. Semoga bermanfaat