Pengertian Kampanye, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Media Kampanye Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Kampanye, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Media Kampanye Lengkap – Kampanye adalah tindakan dan usaha yang bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan, usaha kampanye bisa dilakukan oleh peorangan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian suatu proses pengambilan keputusan di dalam suatu kelompok, kampanye biasa juga dilakukan guna memengaruhi, penghambatan, pembelokan pencapaian.

Secara etimologi, kampanye berasal dari bahasa Perancis, “Campaign” yang artinya lapangan, operasi militer. Secara umum, pengertian kampanye adalah serangkaian usaha dan tindakan komunikasi yang terencana untuk mendapatkan dukungan dari sejumlah besar khalayak yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara terorganisir dalam suatu proses pengambilan keputusan dan dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

Ada 4 (empat) unsur dalam kampanye diantaranya yaitu:

  • Kegiatan kampanye bertujuan untuk menciptakan dampak atau efek tertentu
  • Sasaran kampanye yaitu khalayak dalam jumlah yang besar
  • Kegiatan kampanye umumnya fokus dalam waktu tertentu
  • Kampanye dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

Rogers dan Storey

Menurut Rogers dan Storey, Kampanye adalah rangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.

Rajasundarman

Menurut Rajasundarman, Kampanye adalah pemanfaatan metode komunikasi kepada khalayk umum agar terkoordinasi dalam waktu tertentu. Kampanye harus ditujukan untuk mengarahkan kepada masyarakat mengenai permasalahan dan pemecahan masalah.

Pfau dan Parrot

Menurut Pfau dan Parrot, Kampanye adalah suatu proses yang dirancang secara sadar, bertahap dan berkelanjutan yang dilaksanakan pada rentang waktu tertentu dengan tujuan mempengaruhi khalayak sasaran yang telah ditetapkan.

Rachmadi

Menurut Rachmadi, Kampanye adalah kegiatan yang terorganisir secara sistematis untuk mendorong masyarakat melakukan sesuatu yang diinginkan dengan memanfaatkan media tertentu agar tepat sasaran dan disertai dengan evaluasi.

Imawan

Menurut Imawan, Kampanye adalah upaya persuasif yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain agar sepaham terhadap ide atau gagasan yang ditawarkan.

Kotler dan Roberto

Menurut Kotler dan Roberto, Kampanye adalah upaya yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang untuk menamankan ide, sikap, perilaku yang diinginkan oleh pelaku kampanye.

Drs Antar Venus, M.A

Menurut Antar Venusampanye adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu dalam kehidupan bermasyarakat yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Undang-Undang (UU)

Menurut UU pasal 1 ayat 26 No. 10 tahun 2008, Kampanye adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program yang ditawarkan oleh calon peserta Pemilu.

Cangara

Menurut Cangara, Kampanye adalah aktivitas komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi masyarakat agar memiliki wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi informasi.

Fungsi Kampanye

Secara umum, fungsi kampanye yaitu sebagai informasi agar masyarakat lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan dalam kampanye. Menurut Drs. Antar Venus, MA, fungsi kegiatan kampanye yaitu:

  • Sebagai sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat
  • Sebagai upaya pelaksana kampanye untuk mencapai tujuan dengan menggugah kesadara dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu
  • Pengembangan usaha dengan membujuk khalayak untuk membeli produk yang dipasarkan
  • Untuk membangun citra positif peserta kampanye.

Tujuan Kampanye

Tujuan kampanye sangat beragam tergantung pada tujuan lembaga itu sendiri. Akan tetapi, secara umum tujuan kampanye yaitu untuk menggugah isu tertentu dengan menyampaikan informasi produk atau gagasan/ ide yang dikampanyekan sehingga masyarakat menyukai, simpati, perduli, atau berpihak kepada yang melakukan kampanye.

Bentuk dan Jenis Kampanye

Jenis Kampanye Berdasarkan Orientasinya

Berdasarkan orientasinya, kampanye dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu:

Product Oriented Campaigns
Product Oriented Campaigns adalah kampanye yang berorientasi pada produk. Jenis kampanye ini umumnya dilakukan dalam lingkungkan bisnis komersil. Tujuan kampanye ini yaitu untuk membangun citra positif terhadap produk yang diperkenalkan ke masyarakat.

Candidate Oriented Campaigns
Candidate Oriented Campaigns adalah kampanye yang berorientasi pada kandidat. Kampanye ini biasanya berlatar belakang hasrat untuk kepentingan politik. Misalnya seperti kampanye PEMILU, PILKADA.

Ideologically or Cause Oriented Campaigns
Ideologically or Cause Oriented Campaigns adalah jenis kampanye yang berorientasi pada tujuan-tujuan khusus yang bersifat sosial. Contohnya seperti kampanye imunisasi, kampanye ASI, kampanye Donor Darah, kampanye Keluarga Berencana (KB).

Jenis Kampanye Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, kampanye dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu:

Kampanye Positif
Kampanye yaitu jenis kampanye yang berisi pengenalan produk atau seseorang yang dikampanyekan. Pada umumnya informasi yang disampaikan mengenai hal-hal baik saja.

Kampanye Negatif
Biasanya, kampanye negatif dilakukan oleh kompetitor dimana isi kampanyenya menyampaikan mengenai kekurangan produk atau seseorang. Pada umumnya kampanye negatif ini berdasarkan data dan fakta yang sudah terjadi sebelumnya.

Kampanye Hitam
Kampanye hitam adalah jenis kampanye yang bertujuan untuk membunuh karakter seseorang atau produk yang menjadi kompetitor. Akan tetapi, informasi yang disampaikan dalam kampanye hitam ini biasanya berupa fitnah, kebohongan, atau tuduhan tanpa bukti.

Media Kampanye

Berikut beberapa media yang umumnya digunakan sebagai media kampanye, diantaranya yaitu:

  • Media Elektronik, seperti televisi, radio.
  • Media Cetak, seperti koran, tabloid, majalah.
  • Media Komunikasi Kelompok, seperti pameran, seminar, diskusi panel.
  • Media Luar-Ruangan, seperti poster, banner, billboard, papan nama.
  • Media Digital, seperti website, sosial media, email, aplikasi chatting, dan lain-lain.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Kampanye, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Media Kampanye Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.