Teknik Pemecahan Masalah Dan Alternatif Pencari Solusi Dalam Bisnis

Posted on

Di dalam mengelola sebuah kegiatan bisnis tidak pernah terlepas dari permasalahan. Berbagai permasalahan akan muncul setiap saat. Permasalahan yang menimpa sebuah bisnis bukan untuk dihindari, tetapi harus dihadapi dan diselesaikan. Wirausaha yang sering menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam usahanya akan menjadi seorang wirausaha yang tangguh.

pemecahan masalah

Teknik Pemecahan Masalah Dalam Bisnis

Pemecahan masalah merupakan kegiatan yang sangat .penting di dalam bisnis. Seorang wirausaha harus mempunyai keterampilan dalam memecahkan masalah. Masalah biasanya timbul dalam menjalankan kegiatan bisnis. Keterampilan wirausaha dalam memecahkan masalah dalam bisnis akan membawa kemajuan yang diharapkan bersama.

Pemecahan dan cara penyelesaian masalah dalam usaha/bisnis, sebenarnya tidak terlalu sulit jika seorang wirausaha sudah berpengalaman. Seorang wirausaha harus dapat memandang sebuah permasalahan dari berbagai sudut dan mencari cara untuk memecahkannya.

Beberapa kriteria yang berguna jika seorang wirausaha ingin mengevaluasi cara pemecahan masalah yang diusulkan, antara lain sebagai berikut.

  1. Apakah pemecahan masalah dapat diterapkan dengan baik?
  2. Apakah pemecahan masalah sudah logis?
  3. Apakah persoalan-persoalan yang timbul dapat diselesaikan dengan baik?

Prosedur pemecahan masalah dengan metode ilmiah, sebagai berikut.

  1. Kenalilah persoalan secara umum!
  2. Identifikasikan masalah-masalah utama yang terkait!
  3. Tentukan fakta-fakta dan data-data penting yang terkait dengan masalah!
  4. Carilah faktor penyebab timbulnya masalah!
  5. Pertimbangkan kemungkinan jalan keluar dari permasalahan tersebut!
  6. Pilihlah jalan keluar yang dapat dilaksanakan!
  7. Periksalah apakah penyelesaian masalah sudah tepat!

Ada tiga sifat penting dalam proses pemecahan masalah dan penentuan keputusan, antara lain sebagai berikut.

  1. Sistematis, artinya proses pemecahan masalah dan penentuan keputusan harus teratur menurut pola yang tersusun rapi, menggunakan metode yang baik, dan tidak asal-asalan.
  2. Analisis, artinya setiap fakta dan data diolah serta dianalisis secara cermat dan tepat sesuai dengan jenis permasalahan yang harus dipecahkan.
  3. Rasional (logis), artinya proses analisis yang sistematis tersebut harus dapat diterima oleh akal pikiran yang sehat.

Perlunya Alternatif Pencari Solusi

Untuk mengambil keputusan yang tepat, seseorang hams mempunyai beberapa alternatif pilihan, Pemilihan terhadap beberapa alternatif merupakan syarat untuk memecahkan masalah. Apabila tidak mempunyai alternatif pilihan, orang tesebut tidak mempunyai keputusan untuk diambil. Di dalam menyusun alternatif pemecahan, diperlukan dua faktor penting, yaitu kreatifitas dan diskusi.

Kreativitas

Kreativitas seseorang akan mudah muncul jika di perusahaan tercipta suasana yang menunjang kreativitas. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

loading...
  1. komunikasi terbuka;
  2. kenikmatan dalam mencoba ide-ide bam;
  3. kenikmatan dalam bekerja;
  4. menerima adanya pembahan-pembahan;
  5. mengutamakan laporan-laporan pengawasan dan perketatan pada peraturan.

Sebaliknya, kreativitas tidak akan muncul jika ditempatkan pada lingkungan yang tertutup, komunikasi tidak terbuka, dalam keadaan tertekan. Kreativitas tersebut bergantung pada orang- orang yang berada di dalamnya.

Diskusi

Setiap orang yang ada di suatu kelompok yang tidak produktif dapat merasakan betapa kurang efisiennya menggunakan kelompok untuk mengatasi masalah. Akan banyak waktu terbuang untuk diskusi yang berlamt-lamt. Sering orang takut mengemukakan pendapat karena takut dibantah dan dikritik. Oleh karena keadaan seperti ini, banyak orang menganggap bahwa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam kelompok kurang bermanfaat. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, adanya kelompok juga bermanfaat dalam menyusun alternatif.

Jika terdapat beberapa alternatif untuk memecahkan suatu masalah wirausaha hams dapat menilainya.Penilaian setuju dan tidak setuju tentang alternatif merupakan tahap terpenting dalam menganalisis alternatif dalam memecahkan suatu masalah.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Teknik Pemecahan Masalah Dan Alternatif Pencari Solusi Dalam Bisnis. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: