Proses Pengambilan Keputusan Dalam Masalah Yang Dihadapi Wirausaha

Posted on

Proses pengambilan keputusan adalah langkah-langkah yang diambil oleh pembuat keputusan untuk memilih beberapa alternatif yang tersedia. Adapun langkah sistematis yang harus dilakukan dalam proses pengambilan keputusan, antara lain sebagai berikut.

proses engambilan keputusan

Mengidentifikasi atau Mengenali Masalah yang Dihadapi

Pengambilan keputusan pada dasamya adalah proses pemecahan masalah yang menghalangi atau menghambat tercapainya tujuan. Agar masalah dapat dipecahkan, terlebih dahulu harus dikenali apa masalahnya.

Mencari Alternatif Pemecahan Masalah yang Dihadapi

Setelah masalah dikenali maka dapat dilakukan pencarian terhadap altematif-alternatif yang mungkin dapat memecahkan masalah tersebut. Dalam mencari alternatif, hendaknya tidak memikirkan masalah efisiensi dan efektivitas. Yang terpenting, mengumpulkan sebanyak-banyaknya alternatif. Setelah alternatif terkumpul, baru disusun secara berurutan dari yang paling diinginkan sampai yang tidak diinginkan.

Memilih Alternatif yang Paling Efisien dan Efektif

Setelah beberapa alternatif tersusun, baru dapat dilakukan pemilihan terhadap alternatif yang dapat memberikan manfaat. Artinya, dapat memecahkan masalah dengan cara paling efektif dan efisien. Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah alternatif, ajukan beberapa pertanyaan untuk setiap alternatif, antara lain sebagai berikut.

  • Apakah pemecahan yang diberikan bersifat logis?
  • Apakah pemecahan yang diberikan dapat dilaksanakan?
  • Apa dampak yang akan timbul dari pelaksanaan pemecahan tersebut?

Untuk melakukan pemilihan, ada tiga langkah yang harus diperhatikan, adalah sebagai berikut.

  • Memperhitungkan secermat mungkin dampak dari tiap alternatif, baik yang positip maupun negatif. Bayangkan bahwa alternatif tersebut tel ah dipilih dan dilaksanakan.
  • Memperhitungkan seberapa besar kemungkinan dampak tersebut dapat terjadi.
  • Menjadikan tujuan sebagai pedoman. Alternatif yang dipilih hendaknya yang paling menguntungkan atau paling sedikit memberikan kerugian.

Melaksanakan Alternatif Terpilih

Setelah alternatif dipilih, tibalah saatnya melaksanakannya dalam bentuk tindakan. Pelaksanaannya harus sesuai dengan rencana, agar tujuan pemecahan masalah dapat tercapai.

Mengevaluasi terhadap Alternatif yang Dijalankan

Setelah alternatif dipilih dan dilaksanakan, bukan berarti proses pengambilan keputusan selesai. Pelaksanaan alternatif harus terus diamati, apakah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jika langkah-langkah pelaksanaan telah dilakukan dengan benar tetapi hasil yang capai tidak maksimal, sudah waktunya untuk mempertimbangkan pemilihan alternatif lainnya.

loading...

Pemecahan dan cara-cara penyelesaian masalah tidak sulit bagi seseorang yang terbiasa dengan lingkungan kerjanya. Setiap keputusan dapat dibuat dengan cepat dan tepat karena berdasarkan atas pengalamannya.

Agar efektif, seorang wirausaha harus mampu melihat setiap aspek sebuah persoalan dan memahaminya secara keseluruhan. Kebanyakan orang dalam organisasi hanya dapat melihat bagian dari persoalan. Jika Anda sebagai wirausaha, di tangan Andalah terletak tantangan untuk memadukan semua bagian itu sehingga menjadi suatu pandangan yang menyeluruh atas persoalan tersebut. Pengalaman masadalu dan intuisi akan memungkinkan Anda untuk memilih faktor-faktor yang vital dari setiap persoalan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Proses Pengambilan Keputusan Dalam Masalah Yang Dihadapi Wirausaha. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: