Tips dan Cara Perkenalan Guru Baru Ketika Pertama Mengajar di Kelas

Posted on

Tips dan Cara Perkenalan Guru Baru Ketika Pertama Mengajar di Kelas

Untuk anda seorang calon pengajar atau seorang pengajar yang sedang mengawali karirnya sebagai pengajar pasti dalam diri anda memiliki rasa bangga, senang dan sekaligus tegang. Kenapa harus tegang? seorang pengajar yang baru pertama kali masuk ruangan kelas pasti akan merasakan hal yang sama. Kali ini PelajaranSekolaOnline.Com akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lalukan sebagai guru baru untuk menghadapi ruang kelas dan siswa.

Banyak orang yang bilang, pertemuan pertama akan menentukan kesan dipertemuan selanjutnya. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa kita harus memberikan kesan yang baik dan dapat membekas dalam diri siswa. Untuk itu seorang guru harus mempersiapakan beberapa tips jitu untuk membuat para siswa terkesan kepada anda.

Berikut ini merupakan beberapa tips dan saran untuk anda bagi para guru baru pada saat memasuki ruangan kelas pertama kali.

1. Siapkan Materi dengan Baik
Usahakan anda sudah menyiapkan materi secara matang, kenyakinan anda untuk dapat menguasai kelas akan sirna jika materi yang akan diajarkan saja tidak paham. Hal tersebut sangat berlaku bagi anda, karena anda merupakan guru baru yang harus memberikan kesan baik didalam kelas. Untuk itu, tak ada salahnya jika anda mempelajari ulang materi bahan ajar agar semakin mantap.

2. Siapkan Skema mengajar
Selain menyiapkan bahan ajar dengan baik, anda juga harus menyiapkan skema belajar dengan baik. Siapkan media yang akan digunakan untuk mengajar seperti buku materi, alat tulis yang akan digunakan.

3. Usahakan datang lebih awal
Usahakan datang lebih awal ke sekolah ketika kelas masih kosong. Hal tersebut merupakan kesempatakan untuk anda lebih dekat dengan siswa atau guru-guru yang lainnya.

4. Perkenalkan diri anda
Perkenalan merupakan cara untuk terhubung dengan orang baru melalui pertukaran kata dan melalui kontak fisik. Awali kelas dengan memperkenalkan nama dan identitas anda. Kenalkan dengan jelas dan seperlunya saja. Berusaha juga untuk menyapa dan berkenalan dengan siswa dikelas dan usahakan menghafal nama mereka. Lakukan tanya jawab kepada siswa tentang kepribadian siswa. Berikan kesan pertemuan pertama untuk para siswa anda.

5. USahakan sarapan sebelum berangkat
Usahakan anda sarapan pagi sebelum berangkat kerja, hal ini memang sederhana namun penting karena kondisi perut yang kosong akan membuat anda sulit berkonsentrasi dalam mengajar.

loading...

6. Ucapkan salam sebelum masuk kelas dan lakukan absensi
Dengan begitu anda dapat melihat kondisi kelas dengan baik serta menimbulkan kesan yang baik pula pada siswa didik anda.

7. Gunakan metode belajar yang tepat
Setiap siswa memiliki cara berbeda dalam menangkap dan menyampaikan informasi. Untuk itu sebagai guru anda harus emmiliki gaya yang berbeda dalam menyampaikan informasi. Karena tujuan guru dikelas adalah menyampaikan pelajaran agar siswa mengerti apa yang anda ajarkan.

Demikian artikel yang diberikan tentang Tips dan Cara Perkenalan Guru Baru Ketika Pertama Mengajar di Kelas semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..