Pengertian Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan yang memahami realitas sosial, yaitu melihat dunia dari apa adanya bukan dari dunia yang seharusnya. Dalam arti umum penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Beberapa ahli juga berpendapat tentang pengertian dari kualitatif, antara lain:

1. Menurut Creswell
Menyebutkan: “Qualitaive research is an inquiry process of understanding based on distinct methodological traditions of inquiry that explore a social or human problem. The researcher builds a complex, holistic picture, analizes words, report detailed views of information, and conducts the study in a natural setting”.

2. Menurut Meleong,
Menyebutkan bahwa penelitian kualitatif adalah suatu penelitian ilmiah, yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks social secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti.

3. Menurut Saryono
Penelitian kualitaif merupakan penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh social yang tidak dapat dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitaif.

4. Menurut Sugiyono
menyimpulkan bahwa metode penelitian kulitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

Dari pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandasan pada filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek alamiah, yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks social secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti.

Metode Penelitian dan Ciri-Cirinya

Dalam metode penelitian kualitatif terdapat lima macam ciri utama, Metode penelitian kualitatif adalah metode yang lebih menekankan pemahanan secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahn untuk penelitian generalisasi. ciri-ciri tersebut antara lain

1. Penelitian kualitatif memiliki setting setting alami sebagai sumber data langsung dan penelitin kebidanan merupakan instrument utamnya.

2. Penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif merupakan data yang terkumpul dalam bentuk kata atau gambar bukan dalam bentuk angka.

loading...

3. Penelitian kualitatif yang menekankan pada proses kerja. yaitu seluruh fenomena yang dihadapi diterjemahkan dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam bidang kebidanan.

4. Penelitian kualitatif cenderung menggunkan pendekatan induktif.

5. Penelitian kualitatif yang memberikan titik tekan pada makna dan fokus pada masalah kehidupan manusia.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif dimulai dari lapangan dan berdasarkan pada lingkungan alami bukan pada teori.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Penelitian Kualitatif dan Metode Penelitian Menurut Para Ahli semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..