Pengertian Media Massa, Jenis, Fungsi dan Karakteristik Media Massa Menurut Ahli

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli tentang Pengertian Media Massa, Jenis, Fungsi dan Karakteristik Media Massa 

Penggunaan media massa sangat diperlukan untuk mengetahui berbagai macam informasi yang ada di luar, entah dilingkungan, dalam Negeri maupun Luar Negeri. Tahukan pembaca semua apa pengertian dari media massa?

Media Massa dalam bahasa Inggris yaitu Mass Media, merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Media Komunikasi Massa atau dalam bahasa Inggris-nya Mass Comunication Media yang memiliki arti sebgai sarana untuk menyampaikan pesan, aspirasi, atau alat komunikasi yang digunakan untuk menyebarkan pesan kepasa masyarakat langsung secara luas.

Pengertian Media Massa Menurut Ahli

Untuk mengethaui lebih lanjut tentang pengertian Media Massa, berikut ini merupakan pengertian Media Massa menurut pendapat para Ahli.

Media massa merupakan faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial), Fungsi media massa adalah untuk memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi (Rakhmat, 2001)

Media Massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesa dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV. (Cangara, 2002)

Media massa merupakan alat dalam komunikasi yang dapat menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. (Nurudin,2007)

Jenis Media Massa

Media massa dibedakan menjadi 3 jenis, Setiap jenisnya memiliki sifat-sifat khas, antara lain:

loading...
  1. Media Massa Cetak (Printed Media). Menggunakan lembaran kertas, contohnya: koran, majalah, tabloid, buku, news letter dan buletin.
  2. Media Massa Elektronik. Jenis media massa ini disebarluaskan melalui suara seperti melalui TV, Film, Radio.
  3. Media Massa Online. Jenis media massa yang dapat ditemukan di Internet / situs web.

Karakteristik Media Massa

  1. Publisitas. Yaitu informasi disebarluaskan kepada masyarakat atau publik
  2. Universalitas. Yaitu pesan yang disampaikan bersifat umum.
  3. Kontinuitas. Yaitu informasi yang diberikan memiliki kesinambungan, sesuai dengan periode atau jadwal terbitnya.
  4. Aktualitas. Yaitu informasi yang diberikan selalu hal-hal terbaru dan keceparan menyampaikan informasi kepada masyarakat.
  5. Periodisitas. Yaitu informasi yang diberikan tetap ada atau berkala. Misalnya, diedarkan setiap hari, mingguan atau siaran beberapa jam untuk setiap harinya.

Fungsi Media Massa

  1. Memberikan informasi kepada masyarakat publik secara tepat waktu
  2. Berperan dalam memberikan informasi untuk mengambil keputusan
  3. Sebagai bahan untuk diskusi, menperjelas permasalahan yang dihadapi
  4. Sebagai sumber pendidikan kepada masyarakay melalui berbagai macam informasi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Media Massa, Jenis, Fungsi dan Karakteristik Media Massa.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.