Lapisan Atmosfer – Pengertian, Urutan dan Penjelasan Lengkap

Posted on

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Lapisan Atmosfer, dan Penjelasan Urutan Lapisannya

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bum secara menyeluruh. Di antara unsur yang terdapat dalam atmosfer adalah nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan argon. Keempat unsur tersebut menempati 99,97% (hampir 100%) volume atmosfer.

Atmosfer melindungi bumi dari radiasi Matahari pada siang hari dan hilangnya panas yang berlebihan pada malam hari. Jika tidak ada atmosfer suhu bumi akan meningkat hingga 93,3 °C pada siang hari dan turun hingga -148,9 °C pada malam hari.

Atmosfer juga berguna sebagai penahan meteor yang akan jatuh ke bumi. Meteor yang bergerak menuju bumi terlebih dahulu harus melewati atmosfer dengan kecepatan 60 – 70 km/detik. Gesekan antara meteor dan atmosfer menyebabkan terjadinya panas sehingga menghancurkan meteor sebelum jatuh ke bumi.

Tebal atmosfer tidak dapat dipastikan karena tidak ada batas yang nyata antara udara dan ruangan di luarnya. Berdasarkan perbedaan suhu arah vertikal, atmosfer bumi dibagi menjadi lima lapisan, yaitu troposfer, stratofer, mesosfer, termosfer,  dan  eksofer.

lapisan atmosfer bumi

Lapisan Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggian sampai 8 km di daerah kutub dan 18 km di daerah khatulistiwa. Di lapisan ini setiap naik 100 meter temperaturnya turun 0,5 °C. Oleh karena itu, keadaan temperatur pada batas lapisan ini mencapai -57 °C sampai -62 °C. Batas (mintakat) yang menandai berakhirnya penurunan suhu disebut tropopause.
Pada lapisan troposfer terjadi segala fenomena yang berhubungan dengan cuaca dan iklim, contohnya awan, hujan, dan angin.

Lapisan Stratosfer

Stratosfer terletak di atas troposfer sampai ketinggian 50 km. Stratosfer lebih tebal di daerah kutub dan kadang-kadang tidak terdapat di khatulistiwa. Di lapisan ini terdapat konsentrasi ozon (O ) paling besar, yaitu di dekat batas terluar lapisan. Lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari pancaran sinar ultraviolet dari Matahari yang berlebihan. Temperatur pada akhir lapisan ini naik mencapai 55 °C. Batas yang menandai berakhirnya lapisan ini disebut stratopause.

Lapisan Mesosfer

Mesosfer terletak di atas stratosfer pada ketinggian 50 -75 km. Temperatur di lapisan ini mula- it_la naik, tetapi kemudian turun dan mencapai -72 °C di ketinggian 75 km. Penurunan suhu di ar.san ini adalah setiap naik 100 m temperatur turun 0,4 °C. Di lapisan ini sebagian meteorit terbakar. Baras yang menandai berakhirnya lapisan ini disebut mesopause.

Lapisan Termosfer

Termosfer terletak di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Temperatur di lapisan ini kembali naik hingga sekitar 1010 °C. Lapisan paling bawah di termosfer icalah ionosfer di ketinggian 75 – 375 km. Di dalam ionosfer gas-gas mengalami ionisasi. Lapisan xrmosfer berguna dalam penyebaran gelombang radio.

Lapisan Eksosfer

Eksosfer terletak di atas lapisan termosfer dan merupakan -lapisan paling atas dari atmosfer sampai pada ketinggian yang tidak diketahui. Oleh karena itu, tidak ada batas yang jelas antara eksosfer dan angkasa luar.
Penyelidikan tentang atmosfer bumi sangat berguna untuk rerbagai kepentingan, antara lain sebagai berikut.

a. Mengadakan prakiraan cuaca untuk kepentingan pertanian, penerbangan, pelayaran, dan peternakan.
b. Mengetahui wilayah pemantulan gelombang radio.
c. Menentukan keadaan yang cocok untuk peluncuran pesawat ruang angkasa.

Kandungan  Pada Lapisan Armosfer

Pada lapisan atmosfer bumi, bumi memiliki gas dengan kandungan gas yang terkandung di lapisan atmosfer. Kandungan gas di bumi ini yang akan membantu melindungi lapisan atmosfer.

1. Kandungan Gas

Bumi yang sekarang ini di tempati memiliki kandungan gas, antara lain :

  • Gas nitrogen dengan kadar 78,17 %
  • Gas oksigen (O2) sebesar 20,97 %
  • Gas argon sebesar 0,9 %
  • Gas karbon dioksida (CO2) sebanyak 0.0357 %
  • Uap air dan beberapa gas pendukung lainnya yang memiliki kadar lebih rendah.

2. Komposisi penyusunan atmosfer

Komposisi yang di butuhkan untuk menyusun sebuah atmosfer bumi :

  • Nitrogen (gas yang paling banyak berada di bumi)
  • Oksigen (gas yang paling di butuhkan oleh manusia)
  • Argon (gas yang banyak di gunakan sebagai pengisi lampu)
  • Air (komponen yang paling banyak di bumi)
  • Ozon (lapisan yang melindungi makhluk hidup dari bahaya radiasi sinar ultraviolet)
  • Karbon doksida (gas yang paling di butuhkan oleh tumbuhan)

Sekian materi yang diberikan seputar Lapisan Atmosfer – Pengertian, Urutan dan Penjelasan Lengkap, semoga dapat membantu dan menambah wawasan para pembaca khusus nya dalam pelajaran Geografi. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu dipostingan selanjutnya…