Pengertian Software, Hardware dan Brainware pada Perangkat Komputer

Posted on

Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian Software, Hardware dan Brainware pada Perangkat Komputer

Bagi kalian anak SMK yang mengambil kejuruan mengenai komputer atau kalian yang sering berkegiatan dengan komputer istilah Software, Hardware dan Brainware pastinya sudah tidak asing lagi didengar. Software, Hardware dan Brainware merupakan komponen dasar sebuah perangkat komputer. Tanpa adanya ketiga perangkat tersebut maka perangkat komputer tidak akan berjalan sesuai fungsinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan penjelasan mengenai ketiga istilah tersebut.

Pengertian Software, Hardware dan Brainware

Software

Software atau perangkat lunak merupakan program komputer yang berisi data-data dan informasi yang digunakan untuk melakukan perintah pada sistem yang ada dalam perangkat komputer. Data yang terdapat pada software tidak berbentuk fisik melainkan secara digital. Program-program yang terdapat dalam sebuah software merupakan kumpulan kode bahasa pemograman, binary , satuan data dan informasi.

Pada perangkat komputer, software dibagi menjadi 2 yaitu OS dan Software Aplikasi

1. Operating System (OS)
Operating System (OS) atau sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan hardware dan brainware dengan seluruh sistem dalma komputer. Fungsi OS agar komponen yang ada dalam komputer dapat mengirim, menerima dan memproses data-data menjadi sebuah kumpulan informasi-informasi tertentu. Jika komputer tanpa OS maka komputer tidak akan berjalan semestinya.

Beberapa contoh Operating System : Windows, Linux, DOS, OS X , UNIX, Novell OS/2.

2. Software Aplikasi
Software aplikasi merupakan perangkat software yang digunakan untuk melaksanakan kebutuhan pengguna untuk memudahkan dalam memproses data-data dan informasi. terdapat banyak jenis software aplikasi yang digunakan dalam perangkat komputer seperti aplikasi pengolah data, aplikasi spreadsheet, multimedia, games dan DMBS.

Beberapa contoh Software aplikasi yang sering digunakan: Microsoft Office, Photoshop, Notepad, Winamp, KM Player, Windows Media Player, Accer, Dbase dll.

Hardware

Hardware adalah perangkat komputer yang wujudnya dapat dilihat, dan fisiknya dapat dipegang. Hardware merupakan komponen yang membangun struktur pada sebuah komputer, baik struktur utama maupun struktur tambahan untuk mendukung kinerja sebuah perangkat komputer. Komponen dalam hardware dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

1. Input Device
Input device atau unit masukan adalah perangkat hardware yang digunkan untuk memasukkan data atau informasi ke dalam sebuah komputer. Beberapa contoh input device, yaitu : Keyboard, Mouse, Tochpad, Scanner, Webcam, Joystick, Microphone , kamera digital.

loading...

2. Processing Device
Processing Device merupakan perangkat hardware yang digunakan untuk memproses data menjadi kumpulan informasi, sehingga kumpulan informasi tersebut dapat diterjemah menjadi sebuah perintah oleh komputer. Komponen yang terdapat dalam processing Unit merupakan komponen yang ada dalam CPU. Beberapa contoh komponen Processing Unit, antara lain : Processor, RAM, Hardisk, Motherboard, VGA, Sound Card, Power Suplay, Optical Disk Drive.

3. Output Device
Output Device merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi hasil dari pengolahan/pengoperasian komputer. Contoh perangakat output yaitu : Monitor, Printer, Proyektor, Speaker

4. Storage Device
Storage merupakn perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi dalam bentuk file dan folder yang ada pada komputer. Seperti Hardisk (eksternal/internal), USB Flashdisk, CD-Room, Memory Card, DVD Room, Disket.

5. Pheriperal Device
Pheriperal Device merupakan perangkat tambahan yang digunakan sebagai pelengkap untuk melengkapi fungsi komputer. Sebagian dari Pheriperal Device biasanya merupakan komponen portabel atau dapat di copot. Seperti : Loud Speaker, Printer, Proyektor, Light Pen atau Web cam.

Brainware

Brainware merupakan orang yang mengoperasikan perangkat komputer. Peran brainware dalam perangkat komputer sangatlah penting, karena tanpa adanya brainware komputer tidak dapat beroperasi sendiri. Brainware diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mampu mengekspoitasi kinerja dari hardware dan software.

Itulah penjelasan yang diberikan mengenai Pengertian Software, Hardware dan Brainware  , semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai literatur. Simak artikel lainnya