Pengertian, Cara dan Teknik Membuat Ringkasan Terlengkap

Posted on

Pembahasan Lengkap tentang Pengertian Ringkasan , Tujuan, Ciri dan Teknik Membuat Ringkasan 

Para pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ringkasan, dalam setiap materi yang diajarkan di sekolah pasti guru sering menyuruh kita untuk membuat ringkasan atau rangkuman dari materi yang di ajarkan. Tahukah kalian apa pengertian dari ringkasan? Lalu apa tujuan dibuatnya ringkasan?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengertian dan tujuan dari ringkasan, berikut ini PelajaranSekolahOnline akan memberikan penjelasan mengenai definisi dan tujuan dari Ringkasan. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian dan Tujuan Ringkasan

Ringkasan merupakan bentuk singkat dari naskah asli suatu bacaan namun tetap mempertahankan urutan dari isi dan sudut pandang pengarang asli. Tujuan dari dibuatnya ringkasan adalah untuk mengerti dan mengingat kembali isi dari suatu bacaan. Untuk mencapai tujuan tersebut terlebih dahulu dengan menandai ide-ide pokok dan tema dari bacaan yang akan diringkas. Selain itu tujuan dari dibuatnya ringkasan adalah untuk membantu ketika membaca sebuah materi dan menghemat waktu belajar.

Ciri-Ciri Ringkasan

Terdapat beberapa ciri-ciri dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat ringkasan , antara lain:

  1. Ringkasan berisikan ungkapan kembali sebuah karangan atau naskah bacaan dalam bentuk yang lebih padat.
  2. Dalam membuat ringkasan dengan mengambil inti dari naskah bacaan asli yang kemudian ditulis ulang dengan bahasa yang lebih jelas yang di mengerti oleh penulis.
  3. Dalam membuat ringkasan tetap menjaga urutan ide-ide pokok sehingga ringkasan yang dibuat tetap mewakili maskah aslinya.
  4. Dalam membuat ringkasan tetap menggunakan susunan, sudut pandang dan mengikuti isi asli dari naskah.
  5. Ringkasan dibuat menggunakan kalimat-kalimat pendek yang mewakili tulisan pengarang tanpa menghilangkan unsur-unsur estetika dari naskah aslinya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat ringkasn, antara lain

loading...
  1. Pahami isi dari naskah yang akan dibuat ringkasan terlebih dahulu.
  2. Temukan gagasan pokok atau kalimat utama dari bacaan yang akan diringkas
  3. Susun kalimat utama lalu kembangkan sesuai dengan bahasa sendiri

Teknik membuat Ringkasan

  • Baca naskah atau sumber bacaan yang akan diringkas. Sebelum membuat ringkasan baca dan pahami terlebih dahulu isi dari naskah yang akan dibuat ringkasan, karena jika sudah memahami isi dari bacaan akan lebih mudah membuat ringkasan dengan menggunakan bahasa sendiri sehingga lebih dimengerti.
  • Catatlah intisari, gagasan utama atau gagasan penting dari naskah yang dibaca dengan menggaris bawahi atau di beri tanda dengan stabilo
  • Membuat Reproduksi yaitu menyusun kembali karangan dalam bentuk singkat berdasarkan gagasan utama yang telah dicatat atau digaris bawahi.
  • Ketentuan tambahan
    • Mengutamakan kalimat tunggal dan kalimat tak langsung
    • Ringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata dan ubah gagasan panjang menjadi gagasan pendek
    • Jumlah alenia sama dengan jumlah topik atau gagasan pendek
    • Ringkas gagasan gagasan tersebut dengan urutan yang sama dengan naskah aslinya, namun tetap mempertahankan susunan gagasan aslinya
    • Jika ingin menuliskan dialog, usahakan menggantinya dengan kalimat tak langsung dengan diganti dengan sudut pandang orang ketiga

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian, Cara dan Teknik Membuat Ringkasan  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.