15 Pengertian Sistem Informasi Menurut Ahli Terlengkap dan Terbaru 2017

Posted on

Inilah 15 Pengertian Sistem Informasi Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap

Setelah kita mengetahui pengertian Sistem dan Informasi, berikut ini merupakan pengertian dari sistem informasi. Pengertian Sistem Informasi merupakan gabungan dari pengertian Sistem dan Informasi.

Baca juga  : Pengertian Sistem dan Pengertian Informasi.

Dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai pengertian sistem dan informasi, Sistem dapat diartikan sebgai suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak. Sedangkan Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diolah sehingga mempunyai arti dan makna bagi penerima informasi.

Dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa sistem informasi merupakan sistem yang ada pada organisasi yang didalamnya sudah terdapat kombinasi yang terdiri dari kumpulan, fasilitas, teknologi, cara atau metode sehingga menciptakan sebuah alur komunikasi serta pemrosesan berbagai tipe kejadian internal maupun eksternal yang dapat dijadikan sebagai sebuah dasar dalam menentukan keputusan berdasarkan informasi yan terdapat dalam sebuah sistem.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Sistem Informasi, berikut ini merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai definisi sistem Informasi, antara lain:

Pengertian Menurut Ahli

1. Menurut Sutabri (2005:42)
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Menurut Gordon B. Davis (1991:8)
Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menerima input atau masukan data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

3. Menurut Hanif Al-Fatta (2009:9)
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

4. Menurut John F. Nash (1995:8)
Sistem informasi merupakan Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

5. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis (1999:11)
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

6. Menurut Kertahadi (2007)
Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

7. Menurut Lani Sidharta (1995:11)
Sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen – komponen manual dan komponen – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi untuk pemakai.

loading...

8. Menurut Rommey (1997:16)
Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9. Menurut Leitch Rosses (2005:11)
Sistem informasi merupakan sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

10. Menurut Mc Leod
Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

11. Menurut O’Brien 2005, 5
Sistem informasi adalah suatu kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi.

12. Menurut Tafri D.Muhyuzir (2001,8)
Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.

13. Menurut Erwan Arbie (2002:35)
Sistem informasi merupakan sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan.

14. menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM
Sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

15. Menurut Alter
Sistem informasi merupakan sistem yang kegiatannya dimaksudkan untuk pengolah data (Transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil dan menampilkan informasi).

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.