Pengertian Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan Menurut Ahlinya Lengkap

Posted on

Pengertian Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan Menurut Ahlinya Lengkap

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya. Contoh kecil dalam kehidupan kita sehari hari di dalam rumah, sosok pemimpin tersebut adalah Ayah atau Suami. Ayah atau Suami memiliki tugas sebagi pemimpin dalam keluarga. Contoh diatas merupakan contoh kecil dari pengertian kepemimpinan. Sedangkan pengertian luas lainnya menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli 

  • Wexley dan Yuki (1977)
    Kepemimpinan yaitu mempengaruhi orang lain untuk lebih berusaha mengarahkan tenaga, dalam tugasnya atau merubah tingkah laku mereka.
  • George R. Terry (1972:458)
    Kepemimpinan yaitu aktivitas mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi.
  • Rauch dan Behling (1984:46)
    Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.
  • Stone
    Menurut Stoner kepemimpinan adalah proses mengenai pengarahan dan usaha untuk mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok.
  • Ralph M. Stogdill
    Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai tujuan.
  • Jacobs dan Jacques (1990:281)
    Kepemimpinan adalah sebuah proses memberi arti terhadap usaha kolektif, dan mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran.
  • Hemhiel dan Coons (1957:7)
    Kepemimpinan adalah perilaku dari seseorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang akan dicapai bersama (shared goal).
  • Wahjosumidjo (1987:11)
    Kepemimpinan adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability), dan kesanggupan (capability), kepemimpinan sebagai rangkaian kegiatan (activity) pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan (posisi) serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri. Kepemimpinan adalah proses antarhubungan atau interaksi antara pemimpin, pengikut dan situasi.
  • Moejiono (2002)
    Kepemimpinan adalah sebagai akibat penagaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.
  • Sutarto (1998b:25)
    Kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain adalah situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • S.P.Siagian
    Kepemimpinan yaitu kemampuan dan keterampilan seseorang untuk menduduki jabatan sebagai pimpinan dalam suatu pekerjaan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, terutama bawahannya supaya berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku positif ini memberikan sumbangna nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.
  • Prof. Kimbal Young
    Kepemimpinan adalah bentuk dominasi didasari kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu, berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi khusus.
  • Ordway Tead di dalam bukunya The Art of Leadership
    Kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Howard H. Hoyt
    Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhi tingkah laku manusia, kamampuan untuk membimbing orang.
  • William G. Scott (1962)
    Kepemimpinan ialah proses mempengaruhi aktifitas yang diorganisir dalam suatu kelompok dalam usahanya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
  • H. Kootz & O’ Donnel “Principles of Management”
    Kepemimpinan merupakan aktifitas mempersuasi orang agar mau bekerjasama dalam suatu pencapaian tujuan bersama.
  • C. Schenk “Leadership” : Infantry Journal. 1928
    Kepemimpinan ialah manajemen mengenal seseorang dengan jalan persuasi & inspirasi bukan melalui pengarahan dan semacamnya, atau bahkan paksaan, ancaman yang terselubung.
  • P. Pigors “Ledearship and Domination”
    Kepemimpinan adalah suatu proses dorong-mendorong yang mengontrol daya manusia guna mengejar tujuan bersama, lewat interaksi yang berhasil dari bermacam-macam perbedaan individual.
  • Duben (1954)
    Kepemimpinan ialah kegiatan para pemegang kekuasaan & pembuat suatu keputusan.
  • F. A. Nigro (1965)
    Inti dari kepemimpinan ialah mempengaruhi aktifitas orang lain.
  • Reed (1976)
    Kepimpinan ialah suatu cara mempengaruhi perilaku seseorang agar perjuangan dapat dilakukan mengikuti kehendak dari seorang pemimpin.

Gaya kepemimpinan

Terdapat beberapa gaya kepemimpinan pada sosok pemimpin, antara lain.

loading...
  • Gaya kepemimpinan otokratis
    Gaya kepemimpinan otokratis merupakan gaya yang terpusat pada diri pemimpin atau direktif. Yaitu sosok pemimpin yang hanya menentukan sendiri keputusan, dan perannya sebagai pemimpin tanpa peran para anak buah dalm merancanankan semuanya.
  • Gaya Kepemimpinan Demokratis
    Gaya kepemimpinan demokratis adalah suatu kemampuan dalam mempengaruhi orang lain agar dapat bersedia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan berbagai cara atau kegiatan yang dapat dilakukan dimana ditentukan bersama antara bawahan dan pimpinan.
  • Gaya kepemimpinan delegatif
    Gaya kepemimpinan delegatif memiliki ciri-ciri yaitu pemimpin akan jarang dalam memberikan arahan, pembuat keputusan diserahkan kepada bawahan, dan anggota organisasi tersebut diharapkan bisa menyelesaikan segala permasalahannya sendiri.
  • Gaya kepemimpinan birokratis.
    Gaya kepemimpinan birokratis ini dilukiskan dengan pernyataan “Memimpin berdasarkan adanya peraturan”. Perilaku memimpin yang ditandai dengan adanya keketatan pelaksanaan suatu prosedur yang telah berlaku untuk pemimpin dan anak buahnya.
  • Gaya Kepemimpinan Laissez Faire
    Gaya ini akan mendorong kemampuan anggota dalam mengambil inisiatif.
  • Gaya Kepemimpinan Karismatis
    Kelebihan dari gaya kepemimpinan karismatis ini ialah mampu menarik orang. Mereka akan terpesona dengan cara berbicaranya yang akan membangkitkan semangat. Biasanya pemimpin dengan memiliki gaya kepribadian ini akan visionaris. Mereka sangat menyenangi akan perubahan dan adanya tantangan.
  • Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
    Adalah gaya pemimpin yang telah memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang ingin diambil dari dirinya sendiri dengan secara penuh.
  • Gaya Kepemimpinan Diplomatis
    Kelebihan gaya kepemimpinan diplomatis ini terdapat di penempatan perspektifnya. Banyak orang seringkali selalu melihat dari satu sisi, yaitu pada sisi keuntungan dirinya. Sisanya, melihat dari sisi keuntungan pada lawannya.
  • Gaya Kepemiminan Moralis
    Kelebihan dari gaya kepemimpinan moralis seperti ini ialah pada umumnya Mereka hangat dan sopan untuk semua orang. Mereka mempunayi empati yang tinggi terhadap segala permasalahan dari para bawahannya, juga sabar, murah hati Segala bentuk kebajikan-kebajikan ada dalam diri pemimpin tersebut.
  • Gaya Kepemimpinan Administratif
    Gaya kepemimpinan tipe ini akan terkesan kurang inovatif dan telalu kaku dalam memandang aturan. Sikapnya sangat konservatif serta kelihatan sekali takut di dalam mengambil resiko dan mereka cenderung akan mencari aman.
  • Gaya kepemimpinan analitis (Analytical).
    Dalam gaya kepemimpinan tipe ini, biasanya untuk pembuatan keputusan didasarkan pada suatu proses analisis, terutama analisis logika dari setiap informasi yang didapatkan.
  • Gaya kemimpinan asertif (Assertive).
    Gaya kepemimpinan ini bersifat lebih agresif dan memiliki perhatian yang sangat begitu besar pada suatu pengendalian personal dibandingkan dengan gaya kepemimpinan yang lainnya.
  • Gaya kepemimpinan entrepreneur.
    Gaya kepemimpinan ini sangatlah menaruh perhatian pada kekuasaan dan hasil akhir serta kurang mengutamakan untuk kebutuhan akan kerjasama. Gaya kepemimpinan model ini biasanya akan selalu mencari pesaing dan akan menargetkan standar yang tinggi.
  • Gaya Kepemimpinan Visioner
    Kepemimpinan visioner, merupakan pola kepemimpinan yang ditujukan untuk bisa memberi arti pada kerja dan usaha yang perlu dijalankan secara bersama-sama oleh para anggota perusahaan dengan cara memberikan arahan dan makna pada suatu kerja dan usaha yang dilakukan berdasarkandengan visi yang jelas.
  • Gaya Kepemimpinan Situasional
    kepemimpinan situasional ialah “a leadership contingency theory that focuses on followers readiness/maturity”. Inti dari teori kepemimpinan situational ialah bahwa suatu gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan dapat berbeda-beda, tergantung dari seperti apa tingkat kesiapan para pengikutnya.
  • Gaya Kepemimpinan Militeristik
    Tipe pemimpin seperti ini sangatlah mirip dengan tipe pemimpin yang otoriter yang merupakan tipe pemimpin yang senantiasa bertindak sebagai diktator terhadap para anggota kelompoknya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan Menurut Ahlinya Lengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.