Pengertian Mukjizat dan Macam-Macam Mukjizat yang dimiliki Oleh Nabi dan Rasul Allah

Posted on

Pengertian Mukjizat dan Macam-Macam Mukjizat yang dimiliki Oleh Nabi dan Rasul Allah

Kalian semua pasti sudah mengetahui tentang cerita Nabi Musa yang membelah lautan dengan tongkatnya demi lari dari kejaran Fir’aun dan kaumnya. Yang saat itu kaum Bani Israil dibawah pimpinan Nabi Musa merasa cemas dan takut makin mencekam ketika melihat lautan yang terbentang di depan mereka sedangkan di belakang mereka telah dikejar oleh Fir’aun dan kaum kafirnya dan bala tentaranya yang akan berusaha mengembalikan mereka ke Mesir. Hingga salah satu sahabat nabi Musa berkata “Wahai Musa, kemana kami harus pergi?” , Lalu Musa menjawab ” Janganlah kamu khawatir dan cemas, perjalanan kami telah diperintahkan oleh Allah kepadaku. dan Dialah yang akan memberi jalan keluar serta menyelamatkan kami dengan cengkaman musuh yang zalim itu. Ketika pada pengikut Nabi Musa merasa berdebar-debar ketakutan, lalu turunlah Wahyu Allah kepada Nabi-NYA dengan perintah agar memukul air laut menggunakan tongkatnya. Maka dengan ijin Allah terbelahlah laut itu, dan tip-tiap belahan seperti gunung yang besar.

Penjelasan singkat di atas merupakan mu’jizat yang Allah berikan untuk Nabi Musa. Mu’jizat merupakan perkara luar biasa yang dilakukan oleh Allah melalui para Nabi dan Rasul-NYA untuk membuktikan kebenaran kenabian, kerasulan dan keabsahan risalahnya.

Mukjizat di pakai para nabi dan rasul hanya untuk membela diri dan menjawab tantangan orang-orang kafir. Firman Allah Swt dalam Al-Qur’an,

اِنَّ نَـشَـأْ نُـنَـزِّلُ عَـليــهِـمْ مِنَ السـّـمَـَأِ ايَـةً فـَظَـلّـتْ اَعْـنَا قـُهـُم ْ لَـهـَا خـَاضِـعِـيْـنَ

Artinya : “Jika Kami menghendaki,niscaya kami turunkan kepada mereka mukjizat dari langit, yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya.” (QS. Asy-Syu’ara : 4)

Pengertian Mukjizat

Secara bahasa, mukjizat berasal dari kara Mukjiz yang berarti sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Menurut istilah Mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri nabi atau Rasulullah untuk membuktikan bahwa dirinya adalah Nabi atau Rasul Allah yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.

Setiap muslim wajib mempercayai adanya Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Karena Mukjizat merupakan kekuasaan yang telah di kehendaki Allah, bahkan Rasul juga tidak memiliki hak untuk menunjukkan mukjizat tanpa izin dari Allah. Seperti dalam Surah Ar Ra’ad ayat 38 yang berbunyi :

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً وَمَا كَانَ

لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ

loading...

” Dan sesungguhnya, kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan suatu ayat (MUKJIZAT) melainkan dengan seizin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada kitab (yang tertentu). ” (Q.S. Ar Ra’d [13] : 38)

Macam Macam Mukjizat

Mukjizat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu

  1. Mukjizat Kauniyah
    Mukjizat Kauniyah merupakan mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa alam, seperti peristiwa dibelahnya bulan menjadi 2 oleh Nabi Muhammad dan Peristiwa dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.
  2. Mukjizat Syakhsiyyah
    Mukjizat Syakhsiyyah merupakan mukjizat yang keluar dari tubuh seorang nabi dan Rasul, seperti peristiwa air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, cahaya bulan yang memancar dari tangan nabi Musa as, dan peristiwa penyembuhan penyakit buta dan kusta oleh Nabi Isa as.
  3. Mukjizat Salbiyyah
    Mukjizat Salbiyyah adalah mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya seperti ketika Nabi Ibrahim as dibakar oleh Raja Namrud namun api tidak mampu membakarnya.
  4. Mukjizat Aqliyyah
    Mukjizat Aqliyyah adalah mukjizat yang rasional atau masuk akal, hanya ada satu contoh yaitu Al-Quran.

Demikian pembahasan yang diberikan tentang Pengertian Mukjizat dan Macam-Macam Mukjizat , semoga informasi yang diberikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya .