Pelanggan

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Pelanggan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Pelanggan dan Contohnya Lengkap Pelanggan atau langganan adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Secara spesifik, pengertian pelanggan adalah seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada sebuah toko tertentu. Pelanggan juga sering disebut dengan klien, nasabah atau juga pasien tergantung pada sifat industri atau budaya. Selain itu, Definisi pelanggan lainnya yaitu, pelanggan adalah orang yang melakukan pembelian suatu produk dan melakukan interaksi pada periode waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Pengertian kebutuhan pelanggan adalah barang atau jasa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu, setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda tingkatan dan pengharapan biasanya dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya, iklan, pemasaran, serta bentuk komunikasi lainnya.

Berbicara tentang pelanggan kali ini kita akan membahas tentang pengertian pelanggan menurut para ahli dan macam-macam pelanggan atau jenis-jenis pelanggan dan contohnya.

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Greenberg, 2010

Menurut Greenberg, Pelanggan adalah seorang individu atau kelompok yang memebeli produk fisik atau jasa dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti harga, kualitas, tempat, pelayanan dan lain sebagainya berdasarkan keputusan mereka sendiri.

Nasution, 2001

Menurut Nasution, Pelanggan adalah semua orang yang membeli suatu produk tertentu baik berupa barang atau jasa.

Jenis-Jenis Pelanggan

Berikut ini adalah macam-macam jenis pelanggan dan contohnya lengkap:

Pelanggan Internal

Pelanggan Internal adalah sekelompok orang atau individu yang bertempat atau berlokasi dalam perusahaan dan umumnya memiliki andil atau pengaruh pada kinerja perusahaan. Pengertian pelanggan internal yang lain yaitu, pelanggan internal adalah kelompok kerja, kerja sama, sistem atau struktur kerja yang efisien, kualitas pekerjaan baik dan pengiriman tepat waktu. Contoh Pelanggan Internal yaitu pegawai kantor pemasaran, bagian HRD dan lain sebagainya.

Pelanggan Antara

Pelanggan Antara adalah sekelompok orang yang berada diantara produk namun bukan pemakai terakhir dari produk perusahaan. Pengertian Pelanggan Antara yang lain yaitu, Pelanggan Antara adalah pelanggan yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Contoh pelanggan antara yaitu retailer, dealer motor, biro jasa yang memesankan tour, kamar penginapan dan lain sebagainya.

Pelanggan Eksternal

Pelanggan Eksternal adalah sekompok orang yang berada di luar perusahaan dengan menerima produk dari perusahaan. Pengertian Pelanggan Eksternal yang lain yaitu, Pelanggan Eksternal adalah konsumen terakhir dari suatu produk dan jasa. Pelanggan eksternal yaitu masyarakat umum yang menerima barang atau jasa, Contoh pelanggan eksternal antara lain: pelanggan warung makan, pelanggan operator, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Pelanggan dan Contohnya Lengkap. Semoga postingan ini bermanfaat.