Alat dan Organ Reproduksi Wanita dengan Fungsi dan Gambar Lengkap

Posted on

Penjelasan Terlengkap tentang Fungsi Alat dan Organ Re_Produksi Wanita

Alat Re_Produksi merupakan organ yang berperan sebagai proses untuk berkembang biakan atau memperbanyak keturunan. Bila ingin mendapatkan keturunan, manusia harus memiliki organ-organ Re_Produksi dengan fungsi dan dalam keadaan normal. Alat Re_Produksi wanita berbeda dengan alat Re_Produksi pria.

Baca juga : Pengertian Struktur Dan Fungsi Organ Re_Produksi Pada Pria

Meskipun sama-sama memiliki 2 bagian, bila dibandingkan dengan pria, organ Re_Produksi wanita lebih rumit karena pada organ reRe_Produksinya etrdiri dari dua cabang ovarium. Pada wanita normal, setiap bulan kedua ovarium tersebut akan secara bergantian memproduksi sel telur, jika sel telur tersebut tidak berhasil di buahi maka akan terjadi menstruasi. Organ Re_Produksi wanita memiliki beberapa kelenjar yang memiliki fungsi masing-masing. Untuk mengetahui lebih lengkapnya simak penjelasan berikut .

Alat Re_Produksi Wanita

Secara garis besar, alat Re_Produksi wanita terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Alat Re_Produksi Wanita Bagian Luar

alat-Re_Produksi-wanita-bagian-luar

1. Mons Veneris
Mon veneris merupakan bagian yang sedikit menonjol yang terlihat dari luar dan merupakan bagian yang menutupi tulang kemaluan (Simfisis pubis). Bagian ini disusun oleh jaringan lemak dengan sedikit jaringan ikat. Mon veneris sering dikenal dengan nama gunung venus, ketika wanita sudah dewasa maka pada bagain mons veneris akan ditutupi oleh rampbut-rambut kemaluan dan membentuk pola seperti segitiga terbalik.

2. Labia Mayora (Bibir besar kemaluan)
Disebut sebagai Labia karena bagian ini memiliki bentuk seperti bibir. Labiya Mayora merupakan bagian lanjutan dari MOns Veneris yang berbentuk lonjok ke arah bawah dan bersatu membentuk perineum. Pada bagian luar Labia Mayora disusun tersusun oleh jaringan lemak, kelenjar keringat dan saat dewasa biasanya ditutupi oleh rambut kemaluan yang merupakan rambut dari Mons Veneris. Namun pada selaput lemak tidak terdapat rambut kemaluan tapi ada banyak ujung-ujung saraf sehingga sensitif saat melakukan hubungan seksual.

3. Labia Minora (Bibir kecil kemaluan)
Labia Minora merupakan organ yang sama seperti Labia Mayora namun memiliki ukuran lebih kecil dan terdapat di bagian dalam Labia Mayora. Namun pada Labia Minora tidak terdapat rambut kemaluan, Labia Minora tersusun atas jaringan lemak dan jaringan tersebut memiliki banyak pembuluh darah sehingga dapat memperbesar gairah saat berhubungan seksual. Bibir Minora ini mengelilingi Orifisium Miss V (lubang Kemaluan). Labia Minora analog dengan Kulit Skrotum pada Alat Re_Produksi Pria.

4. Klitoris
Klitoris merupakan organ yang bersifat erektil dan sangat sensitif terhadap rangsangan pada saat berhubungan seksual. Klitoris merupakan bangunan yang terdiri dari Glans klitoris,korpus klitoris dan krura klitoris. Pada ujung klitoris memiliki banyak pembuluh darah, karena itulah klitoris merupakan bagiah yang erektil, seperti pada penis (alat Re_Produksi pria).

5. Vestibulum
Vestibulum merupakan rongga pembatas antara labia minora pada sisi kanan dan kiri. Pada bagian atas dibatasi oleh klitoris dan pada bagian belakang (bawah) dibatasi oleh pertemuan dua labia minora. Vestibulum merupakn tempat beradanya Uretra (saluran kencing) dan muara Miss V (liang Senggama). Masing-masing pada bagian ini akan mengeluarkan cairan seperti lendir pada lubang saluran Bartholini dan Skene untuk memudahkan masuknya penis pada saat berhubungan seksual.

6. Himen (Selaput Dara)
Himen merupakan selaput membran tipis yang menutupi lubang Miss V . Organ himen sangat mudah robek sehingga keperawan seorang wanita ddi nilai sari salah satu aspek ini. Normalnya Himen memiliki satu lubang agak besar yang membentuk seperti lingkaran. cairan atau darah saat menstruasi menstruasi keluar dari himen. Selaput dara biasanya akn robek dan mengeluarkan darah pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Sedangkan sisa-sisa himen disebut caruncula Hymenalis (caruncula mirtifomis) yang akan tertinggal setelah melahirkan.

Alat Re_Produksi Wanita Bagian Dalam

alat-Re_Produksi-wanita-bagian-dalam

1. Miss V
Miss V adalah muskulomembranasea (Otot-Selaput) yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Miss V terletak diantara kandung kemih dan rektum, Miss V memiliki panjang sekitar 8-10cm. Miss V memiliki dinding yang ebrlipat-lipat, lapisan terluarnya merupakan selaput lendir. Miss V berfungsi sebagai sarana salam melakukan hubungan badan, sebagai jalan lahir dari bayi, dan sebagai saluran mengalirnya lendir atau darah pada saat menstruasi.

Otot pada Miss V merupakan otot yang berasal dari Sphingter ani dan levator ani (otot anus/dubur) sehingga otot ini dapat dikendalikan dan dilatih. Miss V tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan cairan, tetapi cairan ini selalu basah yang berasal dari kelenjar dari rahim.

2. Uterus (Rahim)
Uterus atau rahum merupakan organ bagian dalam yang memiliki bentuk seperti buah pir dengan berat sekitar 30 gram yang tersusun atas lapisan-lapisan otot. Ruang pada uterus ini berbetuk segitiga dengan bagian atas lebih besar. Uterus berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin. Otot pada uterus bersifat elastis sehingga dapat menyesuaikan dan menjada janin ketika proses kehamilan selama 9 bulan.

Pada bagian uterus terdapat Endometrium (dinding rahim) yang terdiri dari sel-sel epitel dan membatasi uterus. Lapisan Endometrium akan menebal pad saat ovulasi dan akan meluruh pada saat menstruasi. Untuk menyangga posisinya, uterus disangga oleh Ligamentum dan jaringan ikat.

Uterus memiliki beberapa bagian, yaitu:

  • Korpus Uteri, yaitu bagian yang berbentuk seperti segitiga pada bagian atas
  • Serviks uteri, yaitu bagian yang berbentuk seperti silinder
  • Fundus Uteri, yaitu bagian korpus yang terletak di atas kedua pangkal tuba fallopi

Pada saat proses persalinan, rahim merupakan tempat jalan lahir yang sangat penting, karena otot rahim mampu mendorong janin untuk keluar, dan otot uterus dapat menutupi darah sehingga dapat mencegah terjadinya pendarahan pasca persalinan. Pasca melahirkan, rahim akan kembali kebentuk smeula dalam waktu 6 minggu.

3. Tuba Fallopi (Oviduk)
Tuba Fallopi (Oviduk) merupakan organ yang menghubungkan Uterus dengan Indung Telur (Ovarium). Tuba Fallopi (Oviduk) juga sering disebut sebagai saluran telur karena memiliki bentuk seperti saluran. Organ Oviduk berjumlah dua buah dengan panjang sekitar 8-20 cm.

Fungsi Tuba Fallopi yaitu

  • Sebagai saluran spermatozoa dan ovum
  • Sebagai penangkap ovum
  • Bisa juga menjadi tempat pembuahan (Fertilisasi)
  • Sebagai tempat pertumbuhan hasil pembuahan sebelum mampu masuk ke bagian dalam uterus (rahim).

Tuba Fallopi terdiri dari 4 bagian, yaitu

  • Infudibulum, yaitu bagian berbentuk seperti corong yang berada dipangkal dan memiliki Fimbriae yang berfungsi untuk menangkap Ovum.
  • Pars Ampularis, yaitu bagian agak lebar yang merupakan tempat bertemunya ovum dengan sperma.
  • Pars Ismika, yaitu bagian tengah tuba yang sempit
  • Pars Interstitialis, yaitu bagian tuba yang letaknnya dekat dengan uterus.

4. Ovarium (Indung Telur)
Ovarium merupakan kelenjar Re_Produksi utama pada wanita yang berfungsi untuk menghasilkan ovum (sel telur) dan sebagai penghasil hormon seks utama. Ovarium memiliki bentuk oval, dengan panjang 2,5-4cm. Ovarium terdiri dari dua bagian yaitu terletak di sebelah kanan dan kiri yang dihubungkan dengan rahim oleh Tuba Fallopi. Pada umumnya, setiap Ovarium pada wanita memiliki 300.000’an sel telur pada wanita yang telah pubertas, dan sebagian sel telur pada ovarium ini mengalami kegagalan, rusak atau mati, sehingga benih sehat hanya ada sekitar 300-400’an benih telur, dan setiap 28 hari ada 1 ovum yang dikeluarkan oleh ovarium kiri dan kanan secara bergantian melalui proses menstruasi, sehingga setelah benih telur habis, terjadilah menopause. Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses Menstruasi.

Sistem anatomi alat Re_Produksi wanita sangat penting untuk anda ketahui dan pahami. Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai gambaran tentang Alat dan Organ Re_Produksi Wanita . Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi para pembaca. Baca artikel lainnya.