Pengertian Seminar, Fungsi dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar Terlengkap

Posted on

Pengertian Seminar, Fungsi dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar Lengkap dengan Penjelasannya

Pernahkah diantara pembaca semua mengikuti sebuah seminar atau malah menjadi pengisi dalam acara seminar? Apalahi jika pembaca semua merupakan mahasiswa atau telah melalui pendidikan di perguruan tinggi. Istilah semnar pasti tidak asing lagi untuk didengar. Karena setiap mahasiswa yang ingin menamatkan pendidikannya harus melakukan seminar tugas akhir terlebih dahulu, dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan ujian sidang. Lalu apa sebenarnya pengertian dari Seminar? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Seminar

Seminar secara umum dapat diartikan sebuah pertemuan yang sengaja dilaksanakan dengan tujuan sebagai pembelajaran terhadap sebuah topik tertentu dengan jalan pemecahan masalah yang dilakukan melalui interaksi tanya jawab antar peserta dan Proses berjalannya seminar di pimpin oleh seorang moderator.

Definisi lain dari seminar adalah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang bertujuan untuk melakukan studi menyeluruh mengenai suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar atau cendikiawan.

Pada umumnya seminar merupakan suatu bentuk intruksi akademis, baik di lembaga akademis atau ditawarkan oleh sebuah organisasi komersial atau profesional.

Fungsi Seminar

  • Seminar berfungsi untuk menyampaikan suatu gagasan atau sesuatu yang baru kepada peserta seminar yang bertujuan agar pada peserta seminar memperoleh ilmu yang telah di sampaikan dan peserta dapat mengembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah.
  • Seminar berfungsi untuk menyatukan kelompok-kelompok kecil untuk melakukan pertemuan yang berulang dan berkali-kali dengan berfokus pada beberapa topik tertentu yang dimana setiap peserta yang mengikuti seminar untuk ikut aktif berpartisipasi.
  • Seminar juga berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan teknis seseorang.
  • Sedangkan seminar bisnis berfungsi untuk menggambarkan sebuah acara komersial yang dimana delegasi diberikan informasi dan instruksi di dalam suatu subjek dalam berbagai topik, yang didukung oleh para ahli di bidang tersebut.

Pihak yang terlibat dalam Seminar

Sebuah pertemuan dapat di katakan sebagai seminar jika didalamnya terlibat beberapa pihak seprti berikut ini.

1. Penyaji
Penyaji merupakan pihak utama yang harus ada dalam sebuah smeinar. Penyaji atau pemateri merupakan peserta seminar yang bertugas menyajikan materi yang akan di bahas dalam sebuah smeinar. Dalam menyajikan sebuah topik pembahasan, penyaji dapat menggunakan berbagai macam alat sebagai fasilitas pendukung seperti alat peraga, laptop, proyektor, dan fasilitas lainnya.

2. Moderator
Selain penyaji, moderator merupakan pihak yang harus ada dalam sebuah seminar. Moderator dalam sebuah seminar memiliki tugas yang sama seperti pada sebuah diskusi-diskusi pada umumnya, yaitu mempimpin acara dan berhak mengendalikan setiap susunan ataupun peraturan dalam acara seminar tersebut.

loading...

3. Pembawa acara
Meskipun pembawa acara tidak harus ada dalam sebuah seminar, namun pembawa acara merupakan salat satu pihak yang cukup berperasn didalamnya. Pambawa acara berfungsi untuk membuka seminar, mengenalkan penyaji, pembahas, moderator dan notulen, pembawa acara juga bertugas menutup acara seminar.

4. Pembahas
Pembahas biasanya hanya dihadirkan dalam acara-acara seminar khusus seperti seminar tugas akhir atau seminar penelitian. Untuk itu pembahas tidak harus ada dalam sebuah seminar.

5. Notulen
Notulen merupakan orang yang situgaskan untuk mencatat atau menulis point-point penting yang terjadi dalam aktivitas seminar. Hasil dari rangkuman yang telah ditulis oleh notulen biasanya akan digunakan oleh moderator dalam membuat kesimpulan seminar.

6. Audience
Peran audience dalam sebuah seminar memang hanya terbatas, namun Audience merupakan salh satu pihak yang harus ada dalam setiap acara seminar. Audience biasanya berperan sebagai pendengar dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah di sampaikan oleh penyaji/pemateri. Untuk memberikan sebuah tanggapan, Audience harus memperhatikan dan mengikuti peraturan serta panduan yang diberikan oleh moderator.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Seminar, Fungsi dan Pihak-Pihak yang Terlibat Dalam Seminar.  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.