Syair

Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Syair Beserta Contoh Syair Lengkap

Posted on

Pengertian Syair, Ciri-Ciri, Macam Jenis-Jenis Syair Beserta Contoh Syair Lengkap – Syair dikenal sebagai media untuk mengungkapkan isi hati tentang perasaan, seseorang, peristiwaa ataupun kejadian. Tapi apa yang membedakannya dengan karya yang lainnya. Untuk lebih jelasnya kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang pengertian syair, ciri-ciri syair, jenis-jenis syair beserta contoh syair.

Pengertian Syair

Syair adalah salah satu jenis puisi lama atau karangan terikat yang mementingkan irama sajak. Syair berasal dari bahasa Arab yaitu Syu’ur yang berarti perasaan. Selanjutnya, kata syu’ur berkembang menjadi kata syi’ru yang berarti puisi. Dalam kesustraan melayu syair merujuk pada pengertian puisi umum, namun dalam perkembangannya syair mengalami perubahan dan modifikasi sehingga syair ditata sesuai dengan keadaan dan situasi yang terjadi.

Ciri-Ciri Syair

Ciri-ciri syair antara lain :

1. Setiap bait terdiri atas 4 baris
2. Setiap baris terdiri dari 4 kata
3. Setiap baris terdiri atas 10 sampai 12 suku kata
4. Bersajak a-a-a-a
5. Bahasa yang digunakan masih berbentuk kiasan
6. Biasanya berisi cerita yang memuat nasehat
7. Semua baris merupakan isi

Jenis-Jenis Syair

Ada beberapa jenis syair diantaranya syair agama, syair panji, syair kiasan, syair romantis dan syair sejarah.

Syair Agama

Syair agama adalah jenis syair yang berisi tentang ajaran agama dan nasihat bijak. Salah satu tohoh yang pertama kali menulis syair ini yaitu Hamzah Fansuri. Ada beberapa jenis syair agama yaitu syair ajaran islam, syair sufi, syair cerita nabi dan syair nasihat. Contoh syair agama antara lain syair Hamzah Fansuri, Syair Dagang, SyairPerahu, Syair Raksi (syair ramalan kejadian) dan syair tabir mimpi.

Syair Panji

Syair panji adalah jenis syair yang bercerita tentang keadaan, peristiwa dan orang-orang yang ada dalam istana.Syair ini merupakan syair pelipur lara yang bertemakan tentang kisah pengembaraan dan peperangan dan terkadang ada unsur percintaan.

Contoh syair panji yang terkenal adalah syair Ken Tambunan, syair tersebut menceritakan tentang kisah percintaan Raden Puspa Kencana yang memiliki paras seperti bidadari dan Ken Tambunan.

Syair Kiasan

Syair kiasan adalah jenis syair yang menggunakan kiasan, kiasan tersebut digunakan sebagai sindirian pada peristiwa atau kejadian tertentu. Syair kiasan biasanya memakai perandaian objek tertentu seperti bunga, buah atau hewan. Syair ini disebut dengan syair binatang dan bunga-bungaan.

Contoh Syair kiasan yaitu Syair Ikan Terubuk yang merupakan syair sindiran bagi anak raja malaka yang meminang putri siak. Contoh lainnya yaitu ; Syair Burung Pungguk, Syair Nyamuk dan Lalat, Syair Kumbang dan Melati, dan Syair Buah-buahan.

Syair Romantis

Syair romantis adalah jenis syair yang berisi tentang kisah-kisah percintaan dan kasih sayang, bisa juga tentang kisah cerita rakyat atau hikayat.

Contoh syair romantis antara lain Syair Bidasari, Syair Yatim Nestapa, Syair Tajul Muluk, Syair Abdul Muluk, dan Syair Sinyor Kosta.

Syair Sejarah

Syair Sejarah adalah jenis syair yang dibuat berdasarkan peristiwa, tokoh atau tempat tempat bersejarah. Contohnya Syair Perang Mengkasar, mengenai perang yang terjadi di Mengkasar tahun 1668-1669, Syair Kaliwungu mengenai perang di Semarang tahun 1763, Syair Perang Palembang mengenai penyerangan Belanda atas Kota Palembang pada tahun 1819-1821.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Syair Beserta Contoh Syair Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.