Pengertian Hujan, Jenis-Jenis Hujan Dan Gambar Lengkap

Posted on

Pengertian Hujan, Jenis-Jenis Hujan Dan Gambar Lengkap Hujan adalah suatu presipitasi berwujud cairan. Hujan membutuhkan adanya lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu diatas titik leleh es didekatdan diatas permukaan bumi. Di bumi, Hujan ialah suatu proses kondensasi uap airdi atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba didaratan. Terjadinya hujan disebabkan oleh faktor-faktor

Nah, setelah mengetahui pengertian hujan, kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis hujan beserta gambar.

Jenis Hujan Berdasarkan Proses Terjadinya

Berdasarkan proses terjadinya, hujan dikelompokan menjadi 6 macam hujan yaitu: Hujan Siklonal, Hujan Zenithal atau Senithal, Hujan Orogafis, Hujan Frontal, Hujan Muson, dan Hujan Buatan.

Hujan Siklonal

Hujan siklonal adalah hujan yang terjadi akibat naiknya udara panas dari permukaan bumi diikuti adanya angin yang berputar-putar pada titik tertentu. Umumnya jenis hujan ini  hanya dapat terjadi di daerah sekitar katulistiwa. Ciri identik dari hujan ini yaitu mendung gelap pekat secara mendadak dan menghasilkan guyuran hujan yang sangat deras. Berikut gambar hujan Siklonal :


Hujan Zenithal

Hujan Zenithal atau Hujan Senithal adalah hujan yang terjadi akibat pertemuan angin pasat tenggara dan angin pasat timur. Jenis hujan ini umumnya hanya terjadi di daerah sekitar khatulistiwa. Udara panas hasil pertemuan tersebut naik ke atmosfer sehingga menyebabkan suhu sekitar awan turun perlahan. Dengan adanya penurunan suhu tersebut maka terjadilah kondensasi secara berangsur-angsur yang mengyebabkan awan mencapai titik jenuh. Saat titik tersebut hujan zenithal turun ke bumi. Berikut ini gambar hujan Zenithal:

Hujan Orografis

Hujan Orografis adalah hujan yang terjadi akibat pergeseran awan yang mengarah horizontal yang disebabkan oleh angin. Angin membawa awan hingga mencapai daerah pegunungan dan akan mengalami kondensasi sebab suhu dingin yang ada disekitarnya. Kondensasi tersebut terjadi secara berangsur-angsur hingga awah mencapai tiytik jenuh hingga terjadilah hujan. Berikut ini gambar hujan orografis:

Hujan Frontal

Hujan Frontal adalah hujan yang terjadi akibat pertemuan massa udara dingin dengan massa udara panas. Pertemuan dua udara tersebut terjadi di tempat yang bernama bidang front. Pertemuan tersebut menyebabkan masa udara dingin berada di bawah dan menstimulasi terjadinya hujan di sekitar bidang front. Berikut ini gambar hujan frontal:

Hujan Muson

Hujan muson adalah jenis hujan yang terjadi karena pengaruh angin muson. Angin muson tersebut terjadi karena pengaruh gerak semu tahunan matahari terhadap khatuliswa bumi. Hukan muson di Indonesia terjadi antara bulan Oktober hingga April, sedangkan di kawasan Asia Timur jenis hujan ini terjadi antara bulan Mei hingga Agustus. Karena siklus angin dan hujan muson maka terdapat musim hujan dan kemarau. Berikut ini gambar hujan muson:


Hujan Buatan

Hujan buatan adalah hujan yang terjadi akibat campur tangan manusia dalam memanipulasi keadaan fisik atmosfer lokal, atau lebih tepatnya manusia memanfaatkan proses tumbukan dang penggabungan awan atau ice nucleation. Curah hujan buatan biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan jenis hujan lainnya. Berikut ini gambar hujan buatan:

Jenis Hujan Berdasarkan Partikelnya

Berdasarkan ukuran partikelnya, hujan dibedakan menjadi 5 macam hujan yaitu:

Hujan Gerimis

Hujan gerimis adalah hujan yang menjatuhkan partikel air dengan butiran berukuran diameter < 0,5 mm.

Hujan Deras

Hujan deras adalah hujan yang menjatuhkan partikel air dengan butiran berukuran diameter >7,0 mm.

Hujan Salju

Hujan Salju adalah hujan yang menjatuhkan kristal-kristal es dengan suhu di bawah 0°C.

Hujan Es

Hujan Es adalah hujan yang menjatuhkan es berukuran lebih besar dari salju. Namun fenomena hujan es sangat jarang terjadi.

Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan yang menjatuhkan partikel air dengan tingkat keasaman tinggi. Air hujan ini mengandung senyawa NO3 atau H2S.

Jenis Hujan Berdasarkan Curahnya

Berdasarkan curah atau jumlah air yang jatuh ke bumi, BMKG mengelompokan hujan menjadi 3 yaitu

Hujan Sedang

Hujan sedang yakni hujan dengan curah atau jumlah air sebanyak 20 mm hingga 50 mm perhari.

Hujan Lebat

Hujan lebat yakni hujan dengan curah atau jumlah air sebanyak 50 mm hingga 100 mm perhari.

Hujan Sangat Lebat

Hujan sangat lebat yakni hujan dengan curah hujan atau jumlah air > 100 mm perhari.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Hujan, Jenis-Jenis Hujan Dan Gambar Lengkap“, semoga bermanfaat.