Pengertian dan Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Gambarnya Lengkap

Posted on

Pengertian dan Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Gambarnya Lengkap – Makhluk hidup adalah kumpulan molekul yang saling mempengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan bersifat hidup. Pengertian makhluk hidup secara umum, Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan lingkungan atau dalam entitas sendiri. Makhluk hidup mempunyai organisasi biokimia yang kompleks yang memungkinkan untuk memproses zat dan memanfaatkan energi guna merespon perubahan di sekitarnya.

Ciri-Ciri Mahkluk Hidup

Adapun ciri-ciri makhluk hidup, diantaranya:

Bernapas

Respirasi atau bernapas merupakan proses masuknya udara dari luar yang mengandung oksigen dan pengeluaran udara dari dalam paru – paru.

Udara yang keluar dari paru-paru mengadung karbondioksida dan uap air. Oksigen yang dihirup tubuh digunakan untuk mengoksidasi zat makanan dalam tubuh guna menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan untuk beraktivitas. Setiap mahkluk hidup memiliki cara dan alat pernapasan yang berbeda. Misalnya manusia, mamalia dan unggas bernapas dengan paru-paru. Sedangkan tumbuhan dengan lentisel dan stomata yang ada pada batang dan daun.

Bergerak

Bergerak merupakan perpindahan posisi seluruh atau sebagian tubuh mahkluk hidup karena adanya suatu rangsangan. Perpindahan seluruh bagian tubuh terjadi pada manusia dan hewan. Misalnya, manusia berjalan, ikan berenang dan burung terbang. Sedangkan gerak pada tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu, misalnya gerak batang menuju arah datangnya cahaya.

Peka Terhadap Rangsang

Setiap mahkluk hidup memiliki kemampuan menanggapi rangsang yang berbeda. Misalnya, tanaman dalam pot yang disimpan di dalam ruangan akan tumbuh ke arah datangnya cahaya. Kepekaan terhadap rangsang tersebut menunjukan bahwa dalam tubuh mahkluk hidup terjadi proses pengaturan.

Membutuhkan Makanan (Nutrisi)

Setiap mahkluk hidup membutuhkan asupan makanan atau nutrisi untuk mempertahankan hidup. Makanan dibutuhkan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai proses kehidupan. Cara memperoleh makanan ataupun cara makan setiap mahkluk hidup berbeda. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Sedangkan manusia dan hewan memperoleh makanan dari mahkluk hidup lain.

Tumbuh dan Berkembang

Manusia, hewan, dan tumbuhan selama hidupnya mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah perubahan dari kecil menjadi besar karena bertambahnya jumlah sel dan volume sel. Pertumbuhan tersebut tidak dapat kembali ke bentuk semula (irreversible).

Contohnya pertumbuhan pada manusia, diawali dengan proses pertemuan sel telur dengan sel sperma kemudian setelah 9 bulan, lahir seorang bayi dari rahim ibunya lalu bayi tersebut mengalami pertumbuhan tinggi badan, berat badan, dan sel-sel tubuhnya semakin banyak.

Sedangkan, perkembangan adalah proses perubahan makhluk hidup menuju kedewasaan.

Mengeluarkan Zat Sisa

Setiap makhluk hidup melakukan metabolisme dalam tubuh. Selain menghasilkan energi, proses metabolisme ini juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Apabila tidak segera dikeluarkan, kadar zat sisa yang tinggi akan memiliki efek yang berbahaya dan menjadi racun.

Contohnya, paru-paru mengeluarkan karbondioksida dan uap air, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal mengeluarkan urin. Tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui stomata.

Berkembang biak

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup berkembang biak atau reproduksi. Dalam proses perkembangbiakan, anak akan mewarisi sifat induknya. Terdapat dua cara adalah perkembang biakan secara vegetatif atau tak kawin dan perkembangbiakan secara generatif atau kawin.

Beradaptasi

Adaptasi ialah kemampuan mahkluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adaptasi dilakukan makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Mahkluk hidup yang dapat beradaptasi maka akan dapat bertahan lebih lama dan populasinya akan bertambah banyak. Akan tetapi jika tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan maka mahkluk hidup tersebut akan Mengalami kepunahan.

Melakukan Metabolisme

Dalam tubuh manusia terjadi reaksi kimia yang disebut dengan metabolisme. Reaksi tersebut dapat berupa penyusunan ataupun penguaraian zat tertentu agar dapat diserap oleh tubuh. Proses penguaraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil disebut proses katabolisme sedangkan proses penyusunan senyawa tertentu disebut proses anabolisme.

Regulasi

Regulai merupakan proses pengaturan keserasian dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan hormon.

Demikian artikel tentang”Pengertian dan Ciri-Ciri Mahkluk Hidup Beserta Gambarnya“, semoga bermanfaat da jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.