Pengertian Kapitalisme : Ciri, Tokoh, Dampak dan Contoh Kapitalisme di Indonesia

Posted on

Pengertian Kapitalisme – Apa yang dimaksud dengan kapitalisme? Apa yang dimaksud dengan ideologi kapitalisme? Apa itu kapitalisme dan contohnya? Apa tujuan kapitalisme? Apa ciri ciri kapitalisme? Paham apakah yang menjadi dasar tumbuhnya kapitalisme?

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi kapitalisme mulai dari pengertian kapitalisme menurut para ahli, ciri, tujuan, tokoh, dampak serta contoh bentuk kapitalisme secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Ideologi Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme

Pengertian kapitalisme secara umum adalah sistem ekonomi dimana pemilik swasta mengendalikan perdagangan, industri dan alat produksi dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam ekonomi pasar.

Definisi kapitalisme atau kapital ialah suatu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk menjalankan kegiatan ekonomi seperti memproduksi, menjual dan mendistribusikan barang serta melakukan kegiatan ekonomi lainnya untuk memperoleh keuntungan.

Kapitalisme juga dapat diartikan sebagai suatu sistem ekonomi dan politik dimana perdagangan dan industri suatu negara dikendalikan pemilik swasta bukan pemerintah. Atau bisa dikatakan dalam sistem kapitalisme, peran pemerintah hanya sebagai pengawas.

Kapitalisme di Indonesia tak terlepas dari pengaruh kolonialisme Belanda. Contoh kapitalisme yang masih terlihat di Indonesia diantaranya masih banyak sumber daya alam milik Indonesia yang dieksploitasi negara lain, misalnya Freeport di Papua.

Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

Ir. Soekarno

Pengertian kapitalisme adalah suatu sistem sosial masyarakat yang muncul dari cara produksi yang memisahkan buruh dari alat produksi.

Adam Smith

Definisi kapitalisme ialah suatu sistem yang dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat apabila pemerintah tidak melakukan intervensi terhadap mekanisme dan kebijakan pasar.

Max Weber

Kapitalisme bisa diartikan sebagai suatu sistem ekonomi yang ditujukan pada pasar dan dipacu untuk menghasilkan keuntungan dengan kegiatan pertukaran pada pasar tersebut.

Karl Marx

Pengartian kapitalisme yaitu suatu sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh pemilik modal untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Tom G. Palmer

Kapitalisme merupakan suatu sistem hukum, sosial, ekonomi, dan budaya yang mendorong kesetaraan hak, meritokrasi, desentralisasi inovasi, dan proses pembelajaran (trial and error) melalui proses kesukarelaan dalam mekanisme pasar.

Ebenstein William

Arti kapitalisme iyalah suatu sistem sosial yang menyeluruh lebih dari tipe tertentu dalam perekonomian.

J.M Romein

Kapitalisme yakni suatu sistem ekonomi yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan produksi dengan dasar menghasilkan laba.

Baca Juga : Pengertian Kolonialisme

Ciri-Ciri Kapitalisme

Ciri atau karakteristik kapitalisme, antara lain:

  • Adanya pengakuan terhadap hak milik perseorangan atas berbagai faktor produksi, termasuk sumber daya alam.
  • Adanya kebebasan bagi pihak swasta, baik individu maupun perusahaan untuk memiliki alat produksi sendiri dan aktiva seperti gedung, mesin dan bahan baku.
  • Setiap individu bebas bersaing dengan memakai metode apa saja untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
  • Pihak swasta bebas menentukan produk yang akan dihasi, berapa kuantitasnya, dan berapa harga yang dikenakan produk produk tersebut sesuai permintaan pasar.
  • Pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan perekonomian.
  • Didalam perilaku individualis pada setiap orang dalam masyarakat yang ditandai dengan karakter materialisme.
  • Masyarakat cenderung berperilaku hedonisme karena telah dipengaruhi oleh berbagai iklan dari produk yang dijual oleh pengusaha.

Tokoh Kapitalisme

Tokoh kapitalisme adalah Adam Smith yang merupakan tokoh ekonomi kapitalis klasik yang memberikan kritik pada sistem merkantilisme yang saat itu dianggapnya kurang memberikan dukungan terhadap perekonomian rakyat.

Adam Smith mengatakan bahwa produksi harus sesuai dengan konsep MCM (money comodity money), yaitu sebuah konsep yang menyatakan bahwa modal akan menjadi modal lagi dan modal tersebut dapat diputarkan lagi jika diinvestasikan. Selain itu, ia juga beranggapan bahwa pasar harus bebas dari intervensi pemerintah (laissez-faire) atau dengan kata tugas pemerintah hanya sebagai pengawas kegiatan ekonomi masyarakat.

Dampak Kapitalisme

Adapun dampak positif atau kelebihan kapitalisme, diantaranya yaitu:

  • Pemanfaatan sumber daya dan distribusi barang cenderung lebih efisien.
  • Agar dapat bersaing maka masyarakat menjadi lebih kreatif.
  • Pertumbuhan ekonomi semakin pesat karena adanya kompetisi pasar.
  • Adanya penghargaan besar terhadap kerja keras individu dalam bisnis.
  • Adanya pesaingan harga antar pebisnis membuat konsumen bisa mengatur pasar.

Sedangkan dampak negatif atau kekurangan kapitalisme, antara lain

  • Munculnya pasar persaingan tidak sempurna dan pasar persaingan monopolistik.
  • Dapat menyebabkan konflik dan ketidakadilan sebagai akibat dari persaingan bisnis.
  • Orientasi usaha hanya pada uang sehingga pengusaha menjadi materialistik.
  • Orientasi perusahaan besar hanya pada laba sehingga mereka kerap kali mengambilalih perusahan yang lebih kecil.
  • Terjadi eksploitasi sumber daya alam agar memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Terjadi ketidakadilan dalam distribusi kekayaan, dimana hanya sedikit orang yang dapat merasakan kekayaan dan kekuasaan.

Contoh Kapitalisme

Contoh bentuk kapitalisme yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah eksploitasi sumber daya alam di Papua yang dilakukan perusahaan negara lain (Freeport) atas dasar perjanjian dengan pemerintah di masa orde baru.

Baca Juga : Pengertian Rasisme

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kapitalisme menurut para ahli, ciri, tujuan, tokoh, kelebihan dan kekurangan serta contoh bentuk kapitalisme secara lengkap. Semoga bermanfaat