Kontraversi

Pengertian Kontraversi, Macam- Macam Bentuk Kontroversi, Tipe dan Contoh Kontraversi Lengkap

Posted on

Pengertian Kontraversi, Macam- Macam Bentuk Kontroversi, Tipe dan Contoh Kontraversi Dalam Kehidupan Sehari-hari Lengkap – Kalian pasti pernah mendengar kata kontraversi baik itu di berita-berita televisi, orang lain yang mengatakannya atau yang lainnya. Tapi apakah kalian tau apa pengertian dari kontraversi tersebut? Jika belum tahu, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kontraversi, macam bentuk kontraversi, tipe kontraversi dan juga contoh kontraversi.

Pengertian Kontraversi

Kontraversi (Pertentangan) adalah proses persaingan dan pertikaian yang ditandai oleh ketidakpastian pribadi seseorang dan juga perasaan tidak suka yang disembunyikan pada kepribadian seseorang atau dengan kata lain pertentangan tentang pendapat atau sudut pandang seseorang. Kontraversi berasal dari bahasa latin yaitu controversus yaing berarti berpatah dalam arah bertentangan, inches daripada contra berarti melawan dan vertere berarti berpatah, berpusing, atau melawan.

Definisi Lain Kontroversi

Menurut KBBI, Kontraversi berarti proses persaingan dan pertikaian yang ditandai oleh gejala ketidakpastian mengenai pribadi seseorang dan perasaan tidak suka yang disembunyikan terhadap pribadi seseorang.

Contravertion atau kontraversi adalah bentuk proses sosial yang berada diantara persaingan dan konflik. Kontraversi ditandai dengan adanya ketidakpastian tentang diri seseorang atau suatu rencana , perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian atau keraguan pada kepribadian seseorang.

Kontraversi asalah bentuk interaksi sosial yang ada diantara perssaingan dan pertentangan.

Kontraversi bisa tertuju pada suatu pandangan, pikiran, keyakinan ataupun rencana yang dikemukakan oleh seseorang atau kelompok.

Bentuk Bentuk Kontraversi

Menurut sifatnya, ada 5 macam bentuk-bentuk kontraversi yaitu:

Kontraversi Umum
Contoh Kontraversi umum yaitu penolakan, perlawanan, perbuatan menghalangi, protes, kekerasan dan lain sebagainya.

Kontraversi Rahasia
Contoh Kontraversi Rahasia yaitu penghianatan dan membuka rahasia orang lain ke muka umum.

Kontraversi Intensif
Contoh kontraversi Intensif yaitu penghasutan, mengecewakan pihak lain, menyebarkan desas-desus.

Kontraversi Taktis
Contoh Kontraversi Taktis yaitu mengganggu atau membingunkan pihak lain, provokasi, intimidasi, pemaksaan dengan kekerasan, dan mengejutkan lawan.

Tipe Kontraversi

Ada beberapa tipe kontraversi, diantaranya:

  • Kontraversi yang menyangkut generasi dan masyarakat
    Kontraversi ini terjadi dalam masyarakat yang mengalami perubahan yang cepat. contohnya hubungan antara anak dan orang tua, usia anak yang meningkat maka lingkungan pergaulan mereka semakin meluas sehingga orangtua khawatir sang anak akan melakukan penyimpangan pada tradisi.
  • Kontraversi Parlementer
    Kontraversi ini menyangkut tentang hubungan antara golongan mayoritas dengan minoritas.
  • Kontraversi yang menyangkut seks
    Kontraversi ini menyangkut tentang hubungan suami istri dalam keluarga dan perannya dalam masyarakat.

Dampak Kontraversi

Kontraversi memberikan dampak negatif yang dapat dalam skala besar dan skala kecil.

Dalam skala kecil, kontraversi hanya akan menimbulkan rasa tidak suka yang bersifat personal. Sedangkan dalam skala besar, kontraversi akan menimbulkan hilangnya rasa kepercayaan, tidak nyaman, ketidakpuasan, takut, benci, marah, tertekan, peperangan, huru hara bahkan dapat menimbulkan peperangan.

Contoh Kontraversi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut adalah beberapa contoh kontraversi dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan sekolah ataupun lingkungan masyarakat :

  • Mahasiswa tawuran dengan pemerintah.
  • Mendemo dalam harga BBM yang naik
  • Bertengkar dengan orang tua di rumah
  • Ketua kelasmu membuat peraturan tapi kamu tidak setuju sehingga berkembang rasa tidak suka yang disembunyikan
  • Osis disekolahmu memiliki rencana namun kelasmu kurang setuju dengan rencana tersebut sehingga timbul rasa benci yang di sembunyikan
  • Ketua RT membuat kegiatan namun warga kurang setuju dengan kegiatan tersebut sehingga timbul rasa tidak suka yang di sembunyikan

Demikian artikel pembahan tentang”Pengertian Kontraversi, Macam- Macam Bentuk Kontroversi, Tipe dan Contoh Kontraversi Lengkap“, semoga bermanfaat